Selasa, 30 Juni 2009

Historia


Minggu (21/6) kemarin saya mengikuti kegiatan Wisata Kota Tua yang diselenggarakan oleh Komunitas Historia Indonesia. Saya berangkat menuju stasiun Kota dengan penuh perjuangan sampai saya tersesat ke stasiun Manggarai (Ya.. ini bodoh!) Perjalanan dari jam 5 pagi sampai jam 8 pagi tidak membuat saya lelah mengikuti kegiatan ini. Saya bertekad, dari rumah berangkat ingin ke Kota, maka saya harus sampai Kota (walaupun sempat panik dan berniat ingin ke Semanggi saja ketika tersesat di Manggarai).


Komunitas Histroria Indonesia cukup menyenangkan, dan yang membuat saya excited adalah voulenteer terbuka untuk siapa saja. Termasuk pelajar, mahasiswa, umum, ibu rumah tangga pun bisa jadi voulenteer. Saya tertarik, namun saya akan kesulitan mengatur jadwal saya nanti. Karena saya juga dalam tahap adaptasi jadwal.

Awalnya, kami semua berkumpul di depan museum Fatahillah. Sekitar 300 peserta dibagi ke dalam 31 kelompok. Barulah kami mulai menjelajahi kota tua. Kakak saya sempat membuat onar di depan kafe Batavia bersama sahabatnya.

Guide : "Jadi, kafe batavia ini bla bla bla.."

DA : "woii gusss, fotoinn gueee!!!!
BN : "gantian gue doddd!!!"

WD : "duh, ga kenal! ck"

Banyak manfaat yang saya dapatkan dari perjalanan ini. Saya sudah beberapa kali ke kota tua. Tiada artinya jika kita hanya menikmati keindahannya tanpa tahu sejarah dibawah tanah yang kita injak. Kegiatan berlangsung selama 3 jam, sampai sekitar pukul 11.30. Di akhir kegiatan, kami semua menyanyikan lagu INDONESIA RAYA bersama-sama. Rasa haru membuncah di dada, hati ini bertekad "Saya akan mengumandangkan lagu ini dengan bangga di Sydney nanti".

Amin.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar