Senin, 30 Januari 2012

LDKS SMK Tahsya : Gunting Sana Gunting Sini

Standard

Ini kesempatan kedua saya mengisi workshop di SMK Tahta Syajar. Jika Mei 2011 lalu saya berbicara tentang fotografi dan kamera-kamera, dalam workshop pengembangan diri dan event organizing ini (22/12) saya berbicara bagaimana kita mengembangkan potensi diri dan mengaplikasikannya dalam kegiatan OSIS nanti.

Sebenarnya workshop ini saya adaptasi dari workshop "Ayo Berbagi" yang pernah saya ikuti di Indonesian Future Leaders November lalu (lihat postingan sebelumnya, ya). Saya dan Jessi Carina senang sekali membagikan ilmu dan pengalaman dalam melatih pengembangan diri dan mengorganisir acara.



Gunting, lem, tempel, berkreasi...!

Workshop yang berlangsung di Aula SMK Tahta Syajar dari jam 13.00 s.d. 18.00 benar-benar tidak terasa. Semua peserta merasa senang dan bersemangat, telihat dari komentar pesan dan kesan yang dituliskan dalam selembar kertas catatan warna-warni. Senangnya.....


Pada sesi pertama, peserta diharuskan mengenal potensi diri masing-masing. Layaknya sesi curhat, semuanya ingin berbicara dan berbagi cerita satu sama lain. Selain mengenal potensi diri, mereka juga mendapatkan input dari teman-temannya tentang karakter mereka. Dengan begitu mereka akan merasa optimis dan bersemangat dalam kepengurusan OSIS nanti.



Pada sesi kedua, mereka diharuskan mempunyai satu program impian yang nantinya akan dibuat bahan latihan perencanaan event organizing. Adapun latihan yang diberikan adalah latihan membuat vision board, membuat agenda kegiatan, dan mengenal potensi sekitar untuk menyukseskan kegiatan. Setelah sukses membuat vision board, mereka pun mempresentasikan kepada teman-teman sekelompoknya. Berbagi.. itulah kunci dari kesempurnaan program yang kita buat. Dengan berbagi, orang-orang menjadi tahu apa yang ingin kita lakukan dan memotivasi mereka untuk ikut dalam kegiatan yang kita adakan.

Adik-adik calon pengurus OSIS SMK Tahsya sibuk dengan visionboard-nya


Sharing Ideas.. Makes Your Vision Perfect

Seusai workshop, dipilih lah peserta workshop dengan kategori Vision Board terbaik, dan Program Terbaik. Indikatornya, saya dan Jessi menilai dari segi kreatifitas dan inovasi dalam kegiatan yang mereka buat. Semoga hasil dari workshop ini bisa diaplikasikan dalam kepengurusan OSIS nanti, ditandai dengan lahirnya program-program OSIS baru yang semakin memajukan SMK Tahta Syajar tentunya. Cheers.. ^_^

Berfoto bersama dengan Vision Board masing-masing

0 komentar:

Posting Komentar