Sabtu, 22 September 2012

#belajarmasak : Pudding Pelangi

Standard
Berhubung hari Sabtu alias malam minggu ini enggak diapelin (hayah!), akhirnya saya memutuskan untuk bereksperimen di dapur. Di tengah crowded-nya rumah yang lagi direnovasi, saya nekat juga ngutak-ngatik dapur tadi pagi.

Sudah terpikirkan sejak lama mau membuat sesuatu yang rainbow. Tapi berhubung belum bisa masak sponge cake, akhirnya mau coba buat pudding pelangi aja deh.

Pudding Pelangi ala Widy


Bahan-bahannya :
2 bungus agar-agar kristal swallow yang plain
Gula pasir sesuai selera (saya gak terlalu suka manis, jadi cuma pakai 100gr saja)
1800ml air
2 sachet susu Dancow bubuk
Pewarna makanan (merah, kuning, biru)

Cara membuat :
1. Masukkan agar & gula ke dalam panci, masukkan air, aduk hingga rata, didihkan.
2. Setelah mendidih, matikan api, masukkan susu bubuk.
3. Bagi adonan menjadi 6 bagian, beri pewarna
TIPS memberi pewarna : untuk warna oranye, campurkan warna merah & kuning; untuk warna hijau, campurkan warna biru dan kuning; untuk warna ungu, campurkan merah dan biru. Lebih hemat kan, dibandingkan membeli 6 pewarna makanan. Hehehe...
4. Kalau kamu pakai cetakan agar yang besar, sebaiknya dimulai dari warna merah, oranye, kuning, hijau, biru, yang terakhir ungu. Namun, kalau pake cetakan gelas-gelas kecil (seperti jar cake), mulailah dari ungu, biru, hijau, kuning, oranye, dan yang terakhir merah.
5. Cara menuangkan adonan, tuang satu warna terlebih dulu. Tunggu hingga dingin, kipas-kipas biar lapisan atasnya cepat mengeras. Proses ini butuh kesabaran tinggi, jadi sabar aja ya.
TIPS menuang adonan supaya lapisan atasnya cepat kering : Ambil baskom, isi dengan setengah botol sirup air es, letakkan cetakan pudding di atasnya. Ini mempercepat pudding membeku. Trust me it works.
6. Setelah semua adonan sukses tersusun menjadi lapisan-lapisan, dinginkan di lemari es.

Jadi deh......

Anyway, ini yang namanya pertama kali belajar pasti ada jeleknya ya (wajar dong)..
1. Susunya gue didihkan bersama agar, gula & air. Alhasil jadinya pecah (nangis!).
2. Ada satu cup pudding merah dan oranyenya sedikit tercampur. Ini akibat tidak sabar.
3.Tadi saya buat hanya dengan 1 bungukus agar-agar. Hasilnya cuma dikit, ga puas banget. Makanya komposisi di atas saya lebihkan 2 kali lipat hehehe. Tapi kalau untuk pertama kali mencoba dan takut gagal, boleh kok coba satu bungkus dulu.

Buat yang udah pernah bikin, boleh share disini. Yuk, belajar masak bareng-bareng!

1 komentar:

  1. Wid bisa juga pewarna makanannya d ganti sama Ɣªήƍ lain,,minuman bersoda ga masalah kok kaya fanta,sirup..cobaa dehh enak lohhh..Ћϱϱ \=D/ Ћϱϱ \=D/ Ћϱϱ  \=D/

    BalasHapus