Jumat, 20 September 2013

KKN Sebulan, Bergaul dengan Masyarakat Bahagia

Dear blog, lama banget ya kamu dicuekin. Hehehe...

Memasuki semester 7 yang notabene-nya sudah tidak ada lagi perkuliahan di dalam kelas, hari-hari pun semakin sibuk. Mulai dari sibuk kegiatan sampai sibuk cari uang untuk penelitian sampai skripsi. Asyiknya, semester ini hanya ada dua mata kuliah yaitu Kuliah Kerja Nyata (KKN) 3 SKS dan Praktik Profesi / Internship 3 SKS. Kelihatannya simpel dan santai, ya? Tapi Anda salah, justru menghabiskan banyak waktu.

Masih dalam masa liburan, para mahasiswa Universitas Islam '45' yang diwajibkan mengikuti mata kuliah KKN sudah mulai berkegiatan. KKN itu artinya kita akan dikirim selama satu bulan ke desa untuk pengabdian masyarakat. Seru? Banget sih.. Hehehe. Tapi KKN kali ini saya jarang nge-kost karena terikat perjanjian kerja di suatu perusahaan. Alhasil saya hanya berada di kostan beberapa hari atau di akhir pekan. Yang penting, saya selalu dalam prosedur dan mentaati kewajiban pelaksanaan program. Masalah ada yang iri atau mencibir, yah itu penyakit hati kalian *ups! #kaSarkastik.

KKN tahun ini sedikit berbeda. Jika biasanya masing-masing program studi atau fakultas diperbolehkan mengadakan KKN masing-masing, maka tahun ini KKN-nya digabung se-universitas. KKN Tematik, begitu judulnya. Yaps, kami terdiri dari 6 kelompok dan masing-masing terdapat 17 orang. Asal jurusan dan fakultasnya pun berbeda-beda, ada yang Komunikasi, Manajemen, Akuntansi, dan Agribisnis. Tiap kelompok memiliki tanggung jawab melaksanakan satu program unggulan, program kelompok, dan program mandiri sesuai jumlah anggota kelompok. Saya ada di kelompok 3 dengan program unggulan 'KOMPOS'. Untungnya ada mahasiswa Agribisnis, jadi gak bingung deh mau ngapain. Hehehe...

Berpose dengan warga saat program unggulan kelompok 3
PELATIHAN & PRAKTEK KOMPOS (15/9)


Kelompok 3 ngumpul
Mahasiswa KKN Unisma kali ini ditempatkan di Kelurahan Bahagia Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. Lokasinya dekat Danau Marakash, Pondok Ungu Permai atau Candrabaga. Hawanya panas dan gersang, airnya payau. Jadi kalau mandi berasa tidak pernah bersih karena licin dan sedikit asin, hehehe.. Mahasiswa melaksanakan kegiatan KKN mulai dari 26 Agustus sampai 21 September 2013. 

Saat Pembukaan KKN, bertemu dengan Bu Atun yang membimbing kelompok 3

Nasi bungkus + Teman-teman = KKN banget!


Saya sendiri diminta oleh ibu-ibu Bank Sampah di RW.028 untuk membuatkan company profile kegiatan mereka. Karena waktunya terbatas, saya buatkan yang simpel saja berbentuk booklet 4 halaman. Desainnya pun sederhana yang penting terlihat 'berwarna' hehehe.. Tapi alhamdulillah ibu-ibu pun senang.

Sesi foto untuk profil Bank Sampah Pos Daya Srikandi RW.028

Senyum bareng ibu-ibu Bank Sampah Srikandi

Hasil Desain Profil Bank Sampah Pos Daya 'Srikandi' RW.028 Kelurahan Bahagia


Sebenarnya hakikat KKN ini adalah supaya kita bisa bersosialisasi dengan masyarakat. Maklum saja, apalagi kampus saya berada di tengah kota metropolitan dengan gaya hidup hedonisme yang tinggi. Kami para mahasiswa menjadi makhluk cuek, di rumah pun cuek karena semua urusan kemasyarakatan telah ditangani orang tua. Ada hal-hal kecil namun penting yang terkadang harus kita tahu dan tidak diajarkan di kampus, seperti bersosialisasi dengan tetangga, RT, RW, bahkan orang-orang kelurahan, ikutan iuran keamanan dan sampah, mengurus rumah beserta orang-orang yang berbeda karakter di dalamnya, piket, dan lain-lain. Yah, hitung-hitung nanti saat berumah tangga sudah tahu apa yang harus dilakukan hehehe..

Satu lagi yang penting, apapun profesi kamu, siapapun kamu, kamu harus tetap membawa manfaat untuk lingkungan terdekatmu. Karena kamu juga bagian dari mereka.

Jangan tanyakan apa yang pernah negara berikan kepadamu..
Tapi tanyakan apa yang telah kau berikan kepada bangsamu..

:)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar