Minggu, 01 Maret 2015

Mau Nikahan di Luar Rumah Tanpa Biaya Sewa Gedung? Baca di Sini

Standard
Menyelenggarakan pernikahan di luar rumah (misalnya Balai Pertemuan atau Gedung) seringkali menguras biaya yang besar. Eh, ada lho alternatif lain supaya kita tidak mengeluarkan biaya sewa gedung..



Heiho, selamat datang di bulan Maret dimana jadwal kondangan kok semakin banyak daripada bulan Februari ya? Hahahaha.. tepuk dompet.

Motto seorang wedding blogger abal-abal seperti saya ini adalah semakin banyak kondangan, semakin banyak pula pengalaman. Yups, karena saat kondangan biasanya saya jadi kepo bukan main. Dari mulai vendornya, riasnya, sampai ke lokasi pernikahannya.

Di akhir Februari kemarin saya menghadiri resepsi pernikahan seorang teman di sebuah restoran di kawasan Kota Harapan Indah. Mendengar restoran dan Kota Harapan Indah saja saya sudah menelan ludah, gilak! budgetnya berapa ya nikah di situ? Saya sudah membayangkan angka yang mahal saat melihat undangannya.

Kebetulan teman saya memberikan undangannya secara langsung, jadi saya bisa langsung kepo. "Kamu budget berapa nikah di sana? Gilak, ya... Pasti habis banyak"

"Ih, siapa bilang! Malah lebih hemat dari nikah di gedung lagi, orang aku gak kena uang sewa"


LHO!!!

Jadi ternyata restoran tempat ia menyelenggarakan pernikahan memang tidak mengenakan biaya sewa. Asyik ya? Restoran hanya mengenakan minimum jumlah pemesanan makanan untuk prasmanan. Kalau dihitung-hitung satu orang bisa kena budget 50 ribu rupiah, seperti catering pada umumnya ya?

Restoran Mang Kabayan Kota Harapan Indah
Foto : Pribadi

Teman saya menyelenggarakan pernikahannya di restoran Mang Kabayan Kota Harapan Indah. Kapasitas restoran tersebut bisa menampung 200 - 300 tamu, tidak begitu besar sih. Di restoran tersebut, acara dibatasi hanya 2 jam, jika lebih dari 2 jam akan dikenakan biaya 250 ribu rupiah per/jam. Selain dapat menggunakan ruangan indoor dan outdoor (saung), kita juga sudah mendapatkan fasilitas sound dan karaoke. Asyik kaann???

Saung-saung, dapat digunakan untuk acara outdoor
Foto : Pribadi

Saya makan di indoor saja, biar adem :D
Foto : Pribadi

Satu hal lagi yang menjadikan tempat ini menarik bagi saya, karena restoran Mang Kabayan tidak mengenakan charge non-rekanan, jadi kita bisa memilih vendor dekorasi dan pelaminan mana yang kita suka tanpa harus 'terpaksa' menggunakan vendor rekanan restoran/gedung tempat melangsungkan pernikahan.

Untuk makanan, overall rasanya enak. Saya suka tumis brokolinya, kok enak ya?? Hehehe... Kemarin di resepsi pernikahan ada menu ikan, ayam, daging, sup, dan sayuran, semuanya enak rasanya. Worth it banget dengan biaya yang dikeluarkan.

Menu prasmanan
Foto : Pribadi


Nah!!! Buat kamu yang mau menyelenggarakan resepsi pernikahan di luar rumah namun ingin bisa memangkan bugdet sewa gedung, coba deh cari restoran-restoran yang letaknya strategis di dekat rumah kamu. Setahu saya, ada lagi restoran yang tidak mengenakan biaya sewa untuk dipakai pesta pernikahan, yaitu Huk Garden Resto. Saya sudah pernah menuliskan reviewnya di blog ini. Silakan diubek-ubek.

Ngomong-ngomong saya jadi semakin kepo nih, mau ngiterin berbagai restoran di Bekasi, apakah mereka juga tidak mengenakan biaya sewa tempat untuk pernikahan? Kan, lumayan banget tuh... Tinggal cari restoran dengan konsep pernikahan yang kita inginkan.

Happy weekend, people! Jangan lupa bawa tusuk gigi saat kondangan :D

23 komentar:

  1. Tulisan yang bermanfaat. Sesuai dengan apa yang saya idam-idamkan, tinggal mencoba untuk melakukan survey untuk ke depannya. Thank's untuk ulasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat survey, Mba... Semoga menemukan lokasi yang cocok dengan konsep pernikahan juga :)

      Hapus
  2. wah,baru tahu..jadi minim budget ya mbak.makasih infonya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya cuma mangkas biaya sewa aja mak, kalau biaya catering sepertinya sama ajah :D

      Hapus
  3. Paling gampang emang nyari resto yg ga pakai uang sewa atau sewanya murah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naaah bener!!! Tinggal sesuaikan kapasitas undangan & selera makanan

      Hapus
  4. Aku pernah baca restauran macam gini jg tp di jogjakarta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jauwwh ya mak, ini di planet Bekasi hehehe...

      Hapus
  5. resto rata2 memang nggak pake uang sewa, hotel juga kebanyakan bukannya gitu ya, mereka cuma jual makanan per pax aja.. cmiiw.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hotel biasanya tetep kena sewa, dan beberapa rumah makan/resto pun ada juga yang menerapkan ruang sewa.

      Hapus
  6. iyah betul, alternatif untuk meminimalkan dana menikah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaps yaps, yang penting bisa nikah di luar rumah juga ;)

      Hapus
  7. Blog yang menarik, nih. Top Google search lagi. Btw, boleh ngga nih konten ini saya share di website klien saya. Kebetulan mbikinin website profil wedding organizer. Tentu saja saya cantumin sumbernya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Aris, silakan... Terima kasih berkenan mencantumkan sumbernya :)

      Hapus
  8. ide yang sangat inspiratif.. couple yang ingin tampil beda...

    BalasHapus
  9. Kalau boleh tau itu minimum order untuk brp org mba widy?...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masing-masing resto punya aturan sendiri-sendiri untuk minimal ordernya. Tapi biasanya sih sudah bisa order prasmanan kalau sekiat 50 - 100 porsi.

      Hapus
  10. Informatif bgt nih..kl ada info daerah lain bisa juga kpn2 di share mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga bisa jalan-jalan sampe ke luar kota ya hehehe

      Hapus
  11. wah thanks banget nih tulisannya... bisa buat pilihan buat tempat nikah :D kebneran lokasinya deket rumah

    BalasHapus