Jumat, 03 April 2015

4 Menu Gubukan Paling Diincar Saat Kondangan

Standard
Setelah membahas 5 hidangan prasmanan yang paling diincar saat kondangan, sekarang saatnya melanjutkan publikasi hasil survey iseng beberapa waktu lalu tentang makanan saat kondangan. Ternyata hasil survey saya disambut baik oleh teman-teman dan (sepertinya) valid ya, soalnya benar-benar mewakili selera pada umumnya.


Oke deh, setelah kita makan berat (atau bahkan sebelum ya) di kondangan, kita pasti akan mencari menu gubukan. Itu lho, menu-menu yang biasanya tersedia di meja dengan kanopi kecil atau kalau di gedung besar diletakkan di gubuk/saung yang terbuat dari bambu. Biasanya hidangan ini merupakan 'cemilan' atau makanan penutup setelah hidangan utama.

Weis, jangan salah! Meskipun hanya hidangan 'samping', justru kalau kondangan antrinya melebihi yang makan nasi. Ampun deh, kalau gak gerak cepat bisa kehabisan. Hehehe...

Berikut 4 menu gubukan paling favorit para responden :
(Anyway kenapa 4? Karena makanan-makanan ini yang paling dominan dijawab)


1. Bakso

Bakso
Sumber : Pinterest

Wow, posisi pertama sukses diduduki oleh bakso! Entah mau kondangan di gedung atau rumah, menu gubukan bakso menjadi menu yang banyak disediakan. Saya juga paling suka ini, sih! Hehehe... Apalagi kalau baksonya agak lembut, tidak begitu kenyal/keras saat dipotong.

Walaupun bakso sudah lumrah sehari-hari bagi masyarakat Indonesia dan mudah ditemukan dari jalan kota, mall, sampai perumahan, tetap saja bakso menjadi hidangan gubukan primadona saat kondangan. Apalagi kalau ada tahunya, nyammss....



2. Siomay

Siomay
Sumber : Pinterest

Perpaduan sayuran kukus, adonan ikan, tahu, dan sambal kacang ini memang nikmat sekali. Apalagi kalau ditambah telur rebus.  Walaupun somay yang ada di kondangan bukan siomay yang mahal-mahal banget, tetap saja kudapan asal Bandung ini menjadi incaran. Tetapi biasanya ketersediaan somay di gubukan kondangan tetap terjaga kok, alias gak cepat habis. Jadi kayaknya gak perlu buru-buru diserbu.



3. Pempek

Pempek Kapal Selam
Sumber : Pinterest
Makanan asal Palembang ini menduduki peringkat ketiga makanan gubukan yang paling diincar saat kondangan. Biasanya dipadukan dengan mie kuning dan ketimun saat disajikan. Pempek sebenarnya terdiri dari berbagai macam bentuk, seperti pempek kapal selam, lenjer, adaan, dan kulit. Namun biasanya jenis pempek yang sering disajikan di menu gubukan adalah pempek kapal selam dan lenjer.



4. Zuppa Soup

Zuppa Soup
Sumber : bisnisukm.com

Aduh, menu gubukan yang satu ini cepat sekali habisnya! Karena biasanya stoknya terbatas, hanya 100 porsi dalam gubukan. Bayangkan dengan jumlah tamu, apalagi kalau kondangan di gedung yang jumlah hadirinnya bisa hampir seribu orang. Akhirnya menu zuppa soup ini menjadi barang langka yang ditunggu-tunggu. Apalagi sup krim dengan roti menggembung di atasnya ini perlu dimasak langsung ditempat dan disajikan hangat, sehingga kita harus rela menunggu dan mengantri sampai supnya matang.


Sebenarnya masih ada beberapa menu gubukan yang menjadi menu favorite para tamu kondangan, seperti pudding, kambing guling, dimsum, dan lainnya. Namun karena tidak banyak yang menjawab, jadi hanya saya tulis 4 besar yang paling disukai oleh para responden. Jadi jangan kecewa ya teman-teman. Hehehe...


Sampai jumpa di survei iseng Widy lainnya, jangan marah kalau surveinya dijadikan bahan tulisan blog :D

18 komentar:

  1. Oh 4 menu ini ya?
    Hebat tu Zupa soup
    hehe
    mak keren.bisa buat survey kek gini
    lam knal yaaa
    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mak... Gampang kok bikin surveynya lewat status Facebook aja hehehe :)

      Hapus
  2. Saya baru tahu zuppa soup :D kupikir gado-gado juga termasuk, Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau gado-gado masuknya di menu prasmanan mba.. Tapi ternyata gado-gado juga bukan menu favorit saat kondangan, kalah sama sate, gurame asam manis, dan lainnya hehehe

      Hapus
  3. Kambing guling, lontong kikil, zupa soup dan siomay banduuung~ Kalau aku selalu mencari ini di gubukan Mak hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya kambing guling tuh mantap mak!

      Hapus
  4. Kalau saya selalu nyari kambing guling dan dim sum, hehe ^^

    BalasHapus
  5. Kambing guling mak yg paling endeess, trus sate padang kadang boleh juga, kalo ada pasta2an juga biasanya disikat juga, haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah baru tahu di kondangan ada sate padang, biasanya sate ayam. tapi enak kayaknya ya, saya juga suka sate padang tapi lidahnya saja hehehe

      Hapus
  6. Incaranku nggak masuk daftar, yaitu sate
    Foto2nya menggiurkan mba.. ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sate sudah masuk di hasil survei menu prasmanan mba.. Beberapa waktu lalu sudah saya tuliskan juga ;)

      Hapus
  7. Bakso juga favoritku kalo kondangan Mbak hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah, bakso biasanya hampir di setiap kondangan ada ya.. Mau di gedung atau rumah

      Hapus
  8. Kambing guling, dimsum, zuppa soup, bakso, sate padang, steamboat yang biasanya paling cepet abis wid 😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener!!!! Siapin porsi gubukan yang banyak ini mah ya bey.. hahaha

      Hapus
  9. Balasan
    1. Satenya lagi dipinjem sule buat syuting mak *ehh

      Hapus