Sabtu, 02 Mei 2015

May Day 2015, Terdampar di Rumah Kedua

Standard
Usai menyelesaikan 4 tahun masa perkuliahan, saatnya saya mulai melangkah ke dunia kerja. Dunia yang katanya penuh 'reality bites', bukan dunia penuh idealisme seperti di kampus. Dunia yang katanya semua orang bisa saja menjadi kawan bila ada keperluan dan menjadi musuh saat berkompetisi. Dunia yang katanya bikin kita gak betah beraktivitas dan kepingin selalu cepat pulang ke rumah.

Ya... Saya baru saja menjalani dunia kerja itu.

Saya bergabung di sebuah kantor yang sebenarnya sudah tidak asing bagi saya (karena saya penelitian skripsi di sini hehehe). Sebuah kantor yang jadi tempat kerja idaman bagi banyak mahasiswa di Indonesia, Nutrifood.

Saya mulai berkenalan dengan PT. Nutrifood Indonesia sejak Februari 2014, saat itu saya sedang mencari tempat penelitian skripsi mengenai Twitter dan branding. Otomatis saya harus mencari brand yang memiliki track record media sosial yang bagus. Saya pun mendapat referensi dari kawan yang bergelut di bidang social media kalau L-Men memiliki prestasi yang bagus, bahkan sempat mendapat penghargaan dari Social Media Awards.

Mas Rakhmat Ganda (Brand Executive L-Men) yang membantu saya selama proses skripsi juga mengenalkan saya dengan kantor Nutrifood dan budayanya. Terbesit dalam hati saat itu, seandainya saya bisa bekerja di sini. Hehehe... Habis bagaimana gak kepingin, kantornya keren banget sih! Dalam rangka 36 tahun eksistensinya menginspirasi hidup sehat masyarakat Indonesia, Nutrifood juga memiliki jargon dalam mem-branding karyawannya, yaitu Rumah Kedua.

Rumah Kedua
Sumber : Blog Nutrifood

Walaupun ada di tengah kawasan industri Pulo Gadung yang pwanasssss buangeettttt dan super-berdebu, saat masuk ke dalam kantornya pasti akan langsung segar. Ya memang AC-nya dingin sih, tapi suasana kantornya juga artistik dan unik sekali. Bikin betah walaupun harus nyari data skripsi dan sering-sering ke sana.

Lulus kuliah, saya pun menjadikan Nutrifood sebagai daftar kantor impian. Saya mengirimkan aplikasi secara online, dan akhirnya resmi bergabung dengan Nutrifood sejak Februari 2015 di departemen Brand Digital.



Uniknya Kantor Nutrifood

Di seluruh sudut ruangan kantor (bahkan sampai ke kamar mandi) diletakkan pesan-pesan hijau seperti hemat listrik & air, serta himbauan untuk melakukan aktivitas fisik lebih banyak seperti lebih baik naik tangga daripada lift. Tidak sekedar hiasan ruangan belaka, pesan-pesan yang disebar juga benar dilakukan oleh para karyawan.

Oh iya.. Seluruh ruangan di Nutrifood sepertinya didesain lucu buat foto-foto, deh! Ini nih yang bikin saya betah di kantor dan kadang curi-curi kesempatan buat foto-foto juga. Hehehehe... Habis kadang malu kalau foto-foto dilihat sama senior atau atasan :D

Diam-diam foto-foto :D
Sumber : Instagram Pribadi

Ruang kerja di Nutrifood juga berbeda dengan kantor pada umumnya. Jika biasanya berbentuk kotak-kotak dan sekat yang tinggi, di ruangan saya berbentuk setengah lingkaran dan ada air mancur serta kolam ikan di tengahnya. Lantai ruangan pun dibuat seperti tekstur batu kali dan ada batu-batu putih disekelilingnya.

Di ruang kerja
Sumber ; Instagram Pribadi


Asyiknya lagi, banyak ruangan yang bisa digunakan saat meeting, mulai dari ruang meeting dengan teknologi video conference, sampai ruang meeting lesehan dan banyak bean bag-nya. Habis meeting bisa boboan guling-guling cantik. Tapi boong deh, masa guling-gulingan di kantor. Hahaha..

Meeting-nya sambil peluk bantal
Sumber : Dokumentasi Pribadi



Hidup Sehat, Yuk..

Di Nutrifood, para karyawan mendapatkan fasilitas olahraga gratis seperti gym, body combat, zumba, yoga, futsal, dan lainnya. Karyawan dapat memilih olahraga yang mereka sukai, seru kan? Bahkan ada juga karyawan yang berinisiatif melakukan olahraga T-25 bersama beberapa teman, ini yang biasa dilakukan oleh departement Brand.

Tidak sekedar mengajak karyawannya untuk hidup sehat dengan melakukan aktivitas fisik, Nutrifood juga menjamin asupan makanan sehat bagi para karyawan. Saat makan siang, karyawan dapat mengambil makanan yang telah dipesan di kantin. Eits, cara pesan makanan di Nutrifood gak biasa, lho! Nutrifood punya aplikasi Nutrilunch, jadi para karyawan bisa memesan menu makanan secara online. Makanan yang disajikan di kantin Nutrifood gak sembarangan, yang pasti no gorengan, no santan, no minyak berlebih, no kadar garam tinggi.

Kantin sehat Nutrifood
Sumber : Dokumentasi Pribadi


Gak Beda Jauh sama Dunia Kuliah

Bekerja di Nutrifood itu gak beda jauh sama dunia perkuliahan yang penuh dengan idealisme. Saat kuliah, saya senang menjadi volunteer untuk kegiatan atau aksi sosial. Siapa sangka, ternyata saat saya masuk ke Nutrifood pun, saya masih bisa melakukan ini.

Pertengahan Mei nanti saya turut dalam tim Nutrifood Volunteerism yang akan mengadakan kegiatan edukasi, kesehatan, dan penghijauan di wilayah Kab. Bekasi. Senang sekali bisa bergabung dalam tim ini dan berkenalan dengan teman-teman dari divisi lain yang juga punya minat sama di bidang volunteerism.

Senam Pinguin bersama dengan warga dalam Nutrifood Volunteerism 'Serbu Bekasi'



The Place That I Called 'Rumah Kedua'

Tidak hanya sekedar jargon, Nutrifood benar-benar menjadikan dirinya 'Rumah Kedua' bagi para karyawan. Menjadi tempat bekerja yang nyaman dan menyenangkan, dengan orang-orang yang ramah dan menyenangkan juga. Hidup sehat tidak hanya soal olahraga dan makanan, namun juga kebahagiaan dalam menjalani hidup, salah satunya di tempat kerja.

Kebayang kan, bagaimana kalau tempat kerja yang notabene-nya kita hidup di sana 9 jam sehari menjadi tempat yang penuh tekanan dan membosankan?

Boro-boro bisa sehat, malah jadi sakit kalau begitu! Hehehe...

Happy di tempat kerja!
Salah satu sudut ruangan di Nutrifood Inspiring Center,
Co-working space yang terbuka untuk komunitas-komunitas
Sumber : Instagram @nutrifood 

Saya bersyukur bisa terdampar di Rumah Kedua ini. Punya pekerjaan yang menyenangkan dan sesuai dengan passion saya di dunia digital. Punya teman-teman yang lucu-lucu dan gak bikin bete di kantor. Punya lingkungan kerja yang sehat, nyaman, dan lumayan dekat dari rumah.

Saya semakin bersyukur saat melihat pemandangan beberapa hari ini. Berkantor di kawasan Industri membuat saya 'melek' dengan peristiwa May Day atau Hari Buruh Internasional. Beberapa perusahaan di dalam kawasan pun didemo oleh karyawannya sendiri. Mereka menuntut upah yang layak dan penghapusan outsourcing. Kebayang gak sih, bagaimana mereka setiap hari bekerja dengan rasa tertekan, tidak nyaman, dan tidak tenang. Ah, semakin sulit saya menemukan alasan untuk tidak bersyukur!



Pasti jadi kepingin juga kan, bergabung di Nutrifood? Hehehe...


Saat farewell Mas Cahyo & Mba Sisy
Sumber : Instagram Pribadi

Salam dari kami, penghuni Rumah Kedua :D


Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog internal Nutrifood dengan tema 'Rumah Kedua'.

27 komentar:

  1. Kayaknya asik banget ya kalo kantornya kayak gitu. Jadi pengen ngantor terus...;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan ngantor terus jug mbak, nanti gak istirahat2 hehehe... Yang pasti bikin gak bete ke kantor dan gak berasa kerja seharian jadinya :)

      Hapus
  2. Waah, kantornya homy banget Mak Widy. Pasti betah ne kerja di sini yaa ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah betah mak hihihi ^_^

      Hapus
  3. Pernah ke nutrifood pas tingkat 3 kalo ga salah. Ada leadership program atau apa gitu. Lupa. Hehe
    Seru banget kantornya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, dekat ruanganku dong hehehe... Mari mak, berkunjung lagi ke Nutrifood :)

      Hapus
  4. Asik dan seru banget mba kantornya...jadi pengen nyantol disitu jg hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari mari coba apply qiqiqiqi ^_^

      Hapus
  5. Ih asik banget mbak punya tempat kerja kayak gini. Bikin envy. Sayang, usiaku sudah lewat buat ngelamar-lamar kerja hihi (umpetin KTP). Sukses buat kerjaan dan lomba blognya, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak.. Sukses juga untuk mba Efi :)

      Hapus
  6. Kalo kantornya kayak gini, aku gak bakal resign deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah... bisa aja mak Hidayah :)

      Hapus
  7. Kalau kantornya kayak gini, bakal betah seharian di kantor, trus boyong anak bojo #loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mboyong kamar pun sekalian yah mak :D

      Hapus
  8. aku kerja di kantor yang aroma obatnya menyengat selama 24 jam, rumah sakit. ^__^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehh aku juga pernah loh kerja 2 tahun di rumah sakit, 1 tahun di apotek. Banyak-banyak minum susu supaya detox aroma obat & perkuat imun :)

      Hapus
  9. asik banget yaa punya kantor cantik dan jadi rumah kedua yang bkiin nyaman..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Mak, kantornya cantik dan bisa jadi inspirasi kalau (kelak) punya rumah. Hehehe

      Hapus
  10. Alhamdulillah, bisa bekerja di kantor idaman. Congrate !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mba.. Terima kasih :)
      Sukses juga untuk mba Ratna

      Hapus
  11. Boleh ngga berkunjung ke kantormu liat2 siapa tau bisa menginspirasi kami pebisnis kecil. Hehehhee. Mba kontes blog nya bisa aku liat dmn? Pengen ikut cobain deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heee ada mom chae *dadah-dadah*, haloo moomm....

      Boleh mom, sepertinya komunitas juga bisa mampir untuk office tour, nanti aku carikan infonya yah.
      Btw Nutrifood juga punya co-working space di Menteng Square, namanya Nutrifood Inspiring Center. Bisa dipakai untuk komunitas2 (klo mau gathering, dll). Hijabersmom juga bisa....


      Kontes blog di nutrifood ada beberapa mak :
      Ini yang Health Agent blog contest :
      http://blog.nutrifood.co.id/health-agent-blog-contest

      Ini yang kontes blog Mi Kering Tropicana Slim
      http://www.tropicanaslim.com/makan-mi-gak-masalah-dong-blog-competition/

      Hapus
  12. iya, enak banget kantornya. beberapa kali liat di socmed, Nutrifood tuh bikin nyaman gitu. selamat ya widy :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dulu aku juga cuma lihat-lihat dari foto di website & social media. Gak nyangka sekarang bisa berada di sini, alhamdulillah :)

      Hapus
  13. Keren tempat kerjanya :) Paling enak kalau tempat kerja mikirin hal-hal yang bikin karyawan betah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini karyawannya malah jadi pada kebetahan di kantor hehehehe :D

      Hapus