Selasa, 04 Agustus 2015

Ini Urutan Hal-Hal yang Harus Kamu Persiapkan Lebih Dulu Jelang Pernikahan

Ready for your wedding?
Sumber


Calon sudah ada...
Dia sudah mau atau bahkan sudah melamar...
Kini saatnya menyiapkan pernikahan...
Tetapi apa dulu ya yang harus dipersiapkan?

Undangan?
Catering?
Gedung?
Sovenir?
Baju?




Kadang-kadang kita malah jadi suka ngacak apa dulu yang harus dipersiapkan, kayak semacam gak ada guideline-nya gitu loh! Oke deh, mungkin suatu hari saya harus bikin buku panduan persiapan pernikahan hahahaha skip. Padahal ada hal yang sangat penting dan menjadi prioritas utama, namun malah nanti-nanti kita kerjakan.

Berbekal pengalaman orang (curhatan teman) dan pengalaman sendiri, ini saya share apa saja yang bisa dipersiapkan dahulu dan dipersiapkan nanti jelang pernikahan mepet-mepet pun gak apa-apa.


1. Lokasi Pernikahan

Mau nikah di mana?
Sumber

Yang paling pertama dan paling utama saat mempersiapkan pernikahan adalah menentukan di mana acara pernikahan kamu akan diselenggarakan. Apakah di rumah atau di gedung? Apakah di balai rakyat atau di hotel?

Penentuan lokasi pernikahan akan sangat sangat menentukan biaya yang kamu keluarkan. Pastinya biaya pernikahan di rumah akan berbeda dengan di gedung atau sejenisnya. Penentuan lokasi pernikahan juga bisa menentukan vendor-vendor selanjutnya yang akan kamu gunakan (juga kebutuhan lainnya).

Kalau kamu berencana di rumah, berarti kamu bisa nentuin catering atau tukang masak mana aja yang mau dipakai. Hati-hati kadang suka ada tetangga yang oportunis dan agak sedikit maksa biar bisa jadi salah satu vendor pernikahan kamu. Kudu pintar-pintar cari alasan ya, kalau kamu gak mau pakai. Hehehe... Selain itu, kalau di rumah kamu juga harus persiapkan akses jalan (apakah ada jalan yang akan ditutup atau tidak, pengalihan jalannya bagaimana), dan juga mempersiapkan izin RT/RW setempat untuk menutup jalan, juga membayar hansip.

Kalau kamu berencana nikah di gedung, biasanya akan menentukan vendor lainnya seperti catering, fotografer, dekorasi, dll. Biasanya gedung-gedung memiliki vendor yang sudah bekerja sama. Kamu tinggal pilih mau yang mana. Sebenarnya enak sih, kamu jadi gak perlu ngiter-ngiter cari vendor lagi. Tetapi kamu gak bisa pakai vendor luar yang mungkin kamu suka. Konsekuensinya, kalau kamu mau pakai vendor luar tetapi bukan rekanan gedung, maka kamu akan kena charge tambahan.


2. Jumlah Hadirin (Pasti)

Para Undangan
Sumber
Maksudnya kalau pas kamu cari gedung atau memutuskan nikah di rumah kan hanya perkiraan muat nih kalau undang sekian orang. Nah, di tahap kedua kamu harus benar-benar pastikan berapa jumlah hadirin yang akan kamu undang. Ini akan menentukan jumlah porsi makan, jumlah undangan, sovenir, dll.

Trus siapa aja ya, yang diundang? Saya punya flow chart untuk teman-teman, semoga bisa bantu menyeleksi siapa saja tamu undangan yang berhak diundang (termasuk mantan loh.. ssttt, boleh diundang gak ya?).


3. Administrasi KUA

Jangan lupa urus administrasi nikahnya ya
Sumber
Kalau kamu dan pasangan sudah dapat hari dan tanggal pernikahan, sebaiknya langsung urus administrasinya. Pertama-tama ke RT//RW dulu kemudian kelurahan setempat, baru ke KUA. Detil administrasinya nanti saya buat postingan lainnya saja ya hehehe..

Kenapa sih kok harus buru-buru ke KUA?
Soalnya yang nikah gak cuma kamu, apalagi kalau kamu nikahnya pas musim nikah. Wuuh, jadwal penghulu juga padat kan? Jangan sampai kamu sudah nentuin akad jam berapa, sudah ditulis undangan, sudah booking gedung, eh tahu-tahu penghulunya udah ada janji nikahin orang di tempat lain. Kan, nyesek? :(


Itu tiga hal prioritas yang disarankan diurus pada awal persiapan pernikahan. Nah, sekarang kita lihat 3 hal yang bisa 'entaran' atau diurusin nanti (alias gak buru-buru).

1. Souvenir

Sovenir Lucuk!
Sumber

Kalau ngurus undangan setidaknya dilakukan H-1 bulan, kalau sovenir bisa lebih santai. Menurut pengalaman saya, beli sovenir bisa kok seminggu atau 2 minggu sebelum acara. Tetapi sovenirnya yang gak ribet ya. Kalau kamu menginginkan sovenir dengan nama atau motif tertentu sebaiknya pesan 1 bulan sebelumnya.


2. Seserahan / Hantaran

Hantaran, tapi ini buat cowok
Sumber
Seserahan ini juga masuk kategori persiapan yang santai. Kenapa? Karena kamu bisa nyiapin H-3 acara sekalipun dan banyak anggota keluarga yang bisa bantu atau menyumbang. Kalau kamu gak mau ribet dihias-hias, sekarang banyak kok kotak seserahan dengan penutup transparan yang cantik. Jadi tinggal disusun dan direkatkan dengan double tape atau jarum pentul supaya tidak mudah berantakan saat dibawa.


3. Fotografer

Shoot!
Sumber
Kalau ini biasanya banyak teman atau sodara yang merekomendasikan (temannya atau dirinya sendiri). Maklum lah, sekarang fotografi sudah menjadi lifestyle, jadi semakin banyak orang yang pinter foto. Alhamdulillah lagi kalau kamu bisa dapat foto yang gratisan. Hehehe... Ini bisa dikatakan persiapan yang last minutes sih, tetapi gak ada salahnya juga kamu mempersiapkan jauh-jauh hari kalau kamu dan pasangan emang naksir sama hasil fotonya. Mungkin bisa sekalian pre-wedding, tapi kalau saya sih bukan penganut nikah pakai pre-wedding. Hehehe...


Selamat berepot-repot ria menjelang hari bahagia ^_^

18 komentar :

  1. Sukaaaaaa, simpan untuk nanti hehehehe

    BalasHapus
  2. Bermanfaat sekali buat akuuuu. Makasih Mbak Widy hehe

    BalasHapus
  3. Panjang kalo aku mw komen disini makk, ini menarik bingits soalnya. Aku kasih singkatnya aja ya makk disini : vendor, catering, undangan, souvenir. Kalau hantaran sekalian jalan aja, suka suka.. Kalau fotografer, tarian, kostum, dll aku udah all in, gak mau repot.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oia, cari gedung setelah dapat vendor. Biasanya vendor tau atau join dengan beberapa gedung.

      Hapus
    2. Thank sharingnya mba astiii :)

      Hapus
  4. berdasarkan pengalaman aku dulu
    pertama banget adalah urusan administrasinya dulu kakaa...
    habis itu konsul catering, gedung, dan baju...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Administrasi memang kelihatannya sepele, namun sangat penting ya mba

      Hapus
  5. Gedung yang pertama banget ^^
    Gila kalo gedung di Jakarta minimal kud setahun booked nya. Malahan yang populer banget kudu 1,5 tahun wekekek. Sempet hampir ngga dapet, untung aja ada yang cancel ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahhh iyaaa gedung di Jakarta tuh bookingnya kudu setahun sebelumnya wuuwwww

      Hapus
  6. untung halaman rumah luas,jadi cuma nyewa tenda xixixixi...lumayan ribet,tapi kalo pas udah duduk dipelaminan,legaa xixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyiknya masih ada halaman rumah. Kalau di Bekasi udah jarang yang punya halaman nih hehehe

      Hapus
  7. Wah..saya lagi berepot-repot ria juga nih.. Kebetulan adik saya mau melangsungkan pernikahan. Dan seperti yang mbak Widi sharing, hal pertama yang kami lakukan adalah mencari tempatnya. Hal yang lain baru mengikuti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, semoga sharingnya bermanfaat ya.. :)

      Hapus
  8. kl saya dulu daftar ke KUA dulu. saya daftar empat bulan sblm nikah soalnya tgl nikah dulu pas tgl cantik 06-07-08, pdhl ga ngepasin biar cantik lho. eh bener, pas hari-H ada 20 pasangan yg kudu disamperin satu per satu sama pak penghulu. tp berhubung saya daftar paling awal jd saya bisa pilih jam nikahnya. tapi maju juga sih akhirnya krn penuh. niatnya ijab jam 9 (kl ini ngepasin biar bs 06-07-08-09 hehe) jadi jam setengah 9-an. itupun udah diwanti-wanti ga boleh pk acara adat. n sampe2 pembacaan ayat Qurannya ga pk saritilawah. saking buru-burunya pak penghulu. hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh keren bisa pas banget gitu (y)

      iya emang mengurus administrasi pernikahan itu penting banget. jangan sampai kelupaan ya :)

      Hapus
  9. Halo dears, sekedar menambah referensi ni utk Wedding Venue di Bekasi - GRAND GALAXY CONVENTION HALL :

    1. Fasilitas : Grand Ballroom bintang 5 dg harga function hall (langsung cek IG nya dears di @grandgalaxyconventionhall); Full carpet, crystal ceiling, full AC, dll

    2. 4 jam pemakaian (diluar persiapan)

    3. Vendor-vendor kredibel : Akasya, Alfabet, Puspita Sawargi, Dwi Tunggal Citra, dll

    4. Kapasitas hingga 2500 orang

    5. Member of Bridestory & Weddingku

    YUK! langsung kontak ke 02182425638 / 081284182948 / 087776644748

    Thank you:)
    Reply

    BalasHapus