Selasa, 27 Oktober 2015

Blogger Camp 2015, Camping Ala-ala Sembari Guyub

Yiaaayyy, Camping!
Sumber : Dokumentasi Pribadi


Kapan terakhir camping?

Kapan ya? Kelas 6 SD kayaknya hahahahaha.....

Justru di usia ke dua puluh sekian ini saya mendapat kesempatan untuk ikut camp lagi. Kali ini saya terpilih untuk ikut 'Blogger Camp 2015'  dalam rangka Hari Blogger Nasional yang jatuh tepat di hari ini. Bersama dengan 90-an blogger kece lainnya, kami berangkat dari Hotel Harris Tebet menuju ke Camp Hulu Cai di Tapos pada Senin (26/10).




Lobby Hotel Harris yang Unik
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Ini entah karena kesenengan diajak camping atau gak tahu barang-barang apa yang dipersiapkan saat camping, alhasil sampai di lokasi saya bingung. KOK GUELAPPP???

Iyah, gak ada penerangan. Ya, namanya camping..  Menurut ngana?
Saya jadi ingat dulu saat kecil, kami selalu menggantungkan lampu senter di tengah tenda. Whuaaa tahu begini saya bawa lampu senter jepit ya. Yasudahlah, malam telah berlalu ^_^


Hai Blogger, Mari Guyub!

Sebenarnya sejak 2004 ngeblog saya gak tahu tuh, ada komunitas blogger. Baru gabung komunitas saja pas 2014 lalu. Nah, sejak itu lah mulai kenal banyak para blogger! Sedihnya terkadang ada gesekan-gesekan kecil antara geng blogger A, B, C, sampai Z. Semoga dengan adanya Blogger Camp ini bisa jadi ajang silaturahim, supaya tambah akrab, tambah menyenangkan, dan menyadari bahwa kalau kita bisa maju sama-sama untuk mengembangkan informasi di Indonesia tsah.

Acara Blogger Camp dibuka dengan api unggun di malam hari. Selain saling berkenalan supaya makin akrab, kami juga berkenalan dengan tim PR dari NET Media selaku official media partner Blogger Camp 2015, juga PR dari Blue Bird Group yang membantu akomodasi para blogger dari Jakarta ke Camp Hulu Cai, Bogor.


Membangun Kredibilitas Blogger, Bagaimana Caranya? 

Tema dari Blogger Camp 2015 kali ini adalah "Membangun Kredibilitas Blogger". Wew, kayak mata kuliah anak Public Relations ya hahahaha :D

Dari kiri ke kanan : Ndoro Kakung, Iman Brotoseno, Maulana Nurhadi, dan Nirwan Dewanto
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Yes, kredibilitas memang penting! Gak cuma blog, bahkan sebagai personal kredibilitas memang sangat penting. Kalau kata dosen, kredibilitas adalah hal yang sulit dibangun secara bertahun-tahun dan sangat mudah dihancurkan dalam beberapa detik. Kredibilitas yang membuat orang lain mempercayai informasi yang kita sampaikan. Kebayang dong, kalau informasi yang blogger sampaikan melalui tulisan ternyata faktanya ngaco? Bukannya mencerahkan, malah jadi menyesatkan. Hiii....

Trus, gimana biar bisa jadi blogger yang kredibel? Jangan bohong, ya iyalah... Nanti dosa.
Hahaha...


Gak dink! Klise banget kalau tipsnya cuma jangan bohong. Nih, saya rangkumkan dengan ringkas tips dari para mastah blogger Ndoro Kakung, Iman Brotoseno, Nirwan Dewanto, dan Maulana Nurhadi.

1. Perbanyak latihan menulis

Beberapa kali ada yang bertanya kepada saya, "Wid, biar ngeblognya bisa bagus gimana sih, caranya?". Nah, pertanyaan begini nih yang bikin bingung!

Seperti kata dosen Jurnalistik dulu dan kata Sastrawan Pak Iman Brotoseno, tidak ada guru menulis yang terbaik selain lebih banyak berlatih. Yuk, tambah rajin lagi nulisnya!

2. Baca lebih banyak

Selain latihan menulis lebih banyak, Pak Iman menjelaskan bahwa kita juga harus membaca lebih banyak. Yes, ini berguna supaya wawasan blogger juga bertambah sehingga kita juga bisa selalu memperbaiki kualitas tulisan.

3. Menulis Tema Spesifik, Haruskah?

Ada blogger yang nulisnya campur-campur, ada juga yang spesifik misalnya travel blogger dan food blogger. Wajib gak ya?

Menurut Pak Nirwan, wajar saja jika di awal ngeblog biasanya kita menulis dengan tema campur-campur. Lama kelamaan nanti bisa akan terarah sendiri. Namun menjadi pilihan sang blogger juga apakah ia mau menentukan tema yang spesifik atau tidak. Ada hal yang lebih penting daripada tema tulisan, yaitu konsisten menulis.

*kemudian kesindir gegara jarang update blog* :(

4. Frekuensi VS Kualitas

Mendingan mana, blogger yang update setiap hari tetapi kontennya biasa saja atau blogger yang jarang nulis tetapi tulisannya bagus?

Wes, udah.. Jangan memperdebatkan hal itu! Kata Pak Nirwan, lebih baik rajin update blog dengan konten yang berkualitas. Hahaha... ya iya ya :D

Maksudnya, kalau kita update blog sebaiknya dipikirkan latar ceritanya. Umm... Mungkin maksudnya lebih terkonsep tulisannya, jadi gak asal update.

5. Jangan Cemas akan Pengakuan Orang

Duh, dalemnya.....

Saat kita mencari kesempurnaan, sesungguhnya kesempurnaan memang gak pernah ada. Ada keikhlasan hati yang membuat segala ketidaksempurnaan menjadi sempurna.

*mendadak filosofis*

Kalau kita terlalu banyak berfikir 'bagaimana ya, cara nulis blog biar keren?', maka gak akan kelar kita berpikir atau justru kita malah jadi terlalu percaya diri karena menganggap tulisan kita bagus.

Ini saran yang paling mantap sih, menurut saya selama ikut camp. Pak Iman Brotoseno berkata, tidak usah cemas memikirkan pengakuan orang. Jadilah diri kita sendiri, tentukan standar kita sendiri. Paling tidak tulisan kita memenuhi syarat penulisan yang baik seperti naruh tanda bacanya gak seenak jidat nunjuk diri sendiri.

Intinya, menulis lah dengan tulus :)

Sebagian Blogger Kece di Blogger Camp 2015
Sumber : Dokumentasi Pribadi



What a grateful day!

Terima kasih untuk Indosat Love yang mendukung kegiatan Blogger Camp, Tauzia Hotels, Blue Bird Group, U Tees Me, QWords.com, Java Agency, Hulu Cai Camping Ground, seluruh panitia, dan seluruh blogger yang sudah membuat acara ini jadi sangat berkesan.

Sudah dulu nulisnya yah, gak konsen nih lagi duduk satu meja sama Ndoro Kakung yang lagi ngobrol politik seru banget. Sungguh ujian yang luar biasa harus nulis di depan bendoro blogger Indonesia :D

Have a great day, people :* 

22 komentar :

  1. Balasan
    1. Alhamdulillah mba, seru acaranya kemarin :)

      Hapus
  2. seru camping gtu, waktu terakhir camping pas hamil dulu.. di tengah utan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh aku nyerah deh kalau harus di tengah hutan, kemarin aja rasanya dingin banget ga kuat ahahahaa... untung paginya hangat

      Hapus
  3. ih mupeng dan bikin iri deh, pengen juga ada disana hiks *nangis dipojokkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti kalau teteh sama si kecil udah pada gede2 mungkin bisa ikutan camping lagi mba hehhee

      Hapus
  4. menulis dengan tulus dan jujur itu lebih mengasikkan ya mbak...arrk serunya ikut camping^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uwaa... iya di sumatera kemarin belum ya mba? :(

      Hapus
  5. Nice banget artikelnya mbak.. meskipun ngrasa banyak kesindir di banyak bagian :D
    pengeennn ih bisa ikut camping gituu

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama nih, semoga sama-sama bisa jadi pengingat ya mba :)

      Hapus
  6. eh... baru tau ada Blogger camp :-D
    *berasa ngga update dan ngga gaul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini baru diadakan lagi setelah beberapa tahun lalu sempat ada tapi vakum. Semoga bisa ada terus ke depannya setiap tahun :)

      Hapus
  7. Selamat hari blogger ya Wi..banyak jalan banyak dilihat..banyak teman banyak rezeqi.lain waktu..boleh donk mampir ke Sentul Selatan disini juga tdk kalah menarik lokasi Camipng nya.dekat dan 100% bebas macet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat hari blogger jugaaa... Wah, terima kasih infonya :)

      Hapus
  8. Selama ga ujan mah camping aman dan asik, mba

    Jadi inget jaman masih unyu-unyu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kemarin dari datang sampai pulang gak hujan mba, hehehe...
      Ini juga ikut camp mumpung belum jadi istri orang *eh

      Hapus
  9. Serunya yang ikutan bloggercamp. Aku disini hanya bisa membaca ulasan teman-teman.
    Selamat hari blogger.

    BalasHapus
  10. Nah kadang saya cemas niich, etapi mang bener kok ya, menulis dan menulis latihan terus, lama-lama akan terlatih apalagi ditambah perbanyak membaca.

    BalasHapus
  11. Alahamdulillah bisa ikut ngintip materi meskipun tidak hadir di acara Blogger Camp. Terima kasih Widy

    BalasHapus
  12. Halo Widy salam kenal, tanggal 19 Desember nanti ada acara sosial di Taman Wisata Matahari yang diselenggarakan oleh Putra Matahari outbound (www.putramatahari.com) dan saya diminta mengundang lima orang blogger untuk meliput acara tsb. Ada waktu nggak ya untuk berpartisipasi bersama empat blogger lainnya yaitu: Indra Kusumah (direktori-wisata.com), Agus Siswanto (Majalah Misteri), saya dan seorang blogger cewek asal Bekasi yang belum mengkonfirmasikan kehadirannya.

    BalasHapus
  13. yang pasti merefresh otak :)

    BalasHapus