Rabu, 21 Oktober 2015

Garibaldi Thohir, Presiden Direktur Adaro yang Semangat 'Menularkan' Virus Hijau

Tabalong Islamic Center, Kalimantan Selatan
Sumber


Seiring berjalannya waktu, bumi kian menua dari hari ke hari. Alam yang dulunya ramah, kini terus tergerus jaman. Sebagai pemimpin di muka bumi, manusia tentu memiliki tanggung jawab besar untuk menjaganya, baik itu secara perorangan maupun organisasi.

Saat ini, sudah bukan hal asing lagi banyak perusahaan yang melakukan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) di bidang lingkungan. CSR sendiri merupakan sebuah tanggung jawab sosial sebuah perusahaan kepada lingkungan dan masyarakat di mana perusahaan berada.




Sayangnya, saat ini masih banyak perusahaan yang hanya melakukan kegiatan CSR sebagai ajang amal (charity). Padahal seharusnya kegiatan CSR tersebut tidak hanya berupa kegiatan amal yang sekali dilakukan, namun harus berupa 'pembangunan berkelanjutan' yang terus-menerus dilakukan dalam jangka panjang.

Sebagai orang yang mempelajari bidang Public Relations, saya juga memperhatikan kegiatan CSR yang dilakukan perusahaan-perusahaan. Terasa banget deh perbedaannya, antara perusahaan yang melakukan CSR ala kadarnya dan perusahaan yang melakukan kegiatan CSR secara berkelanjutan. Kebanyakan perusahaan yang melakukan kegiatan CSR secara berkelanjutan di Indonesia adalah perusahaan multinasional yang terhitung besar. Lalu, ada gak sih, perusahaan asli Indonesia yang juga melakukan kegiatan CSR secara berkelanjutan? Ternyata ada, salah satunya yaitu Adaro Grup, sebuah perusahaan batu bara yang dipimpin oleh Garibaldi Thohir sebagai Presiden Direkturnya.


Apa Pentingnya CSR di Mata Adaro?

Kegiatan CSR bagi Adaro bagaikan 'jiwa' dari perusahaan. Gak salah kalau permasalahan CSR menjadi hal strategis yang dianggap sangat penting di perusahaan. Keseriusan Adaro dalam menangani CSR dapat terlihat dari kedudukan bagian CSR di dalam perusahaan. CSR tidak ditempatkan sebagai suatu bagian di bawah marketing communication, public relations, atau lainnya. Bukan juga hanya dianggap sebagai kegiatan sewaktu-waktu yang dilakukan sebuah departemen. CSR di Adaro dilakukan secara berkelanjutan dan langsung dilaporkan rutin kepada Bapak Garibaldi Thohir.

Dari keseriusannya, gak heran kalau kegiatan CSR Adaro memang banyak sekali. Mulai dari pembangunan Tabalong Islamic Center di Kalimantan Selatan yang dirancang sebagai Islamic Center terlengkap se-Asia Tenggara, pengolahan limbah air yang baik hingga aman dikonsumsi dan disalurkan ke rumah-rumah warga, pemanfaatan danau di ex-wilayah pertambangan Adaro untuk membuat tambak ikan warga, dan masih banyak program lainnya. Kegiatan CSR tersebut tentu dilakukan secara serius dengan teknologi dan riset bertahun-tahun, semuanya dilakukan untuk memberikan kehidupan yang lebih baik dan peningkatan ekonomi warga di sekitar wilayah tambang Adaro.



CSR Adaro, Bukan Sekedar Dukungan Materi

Jika melihat keseriusan dan komitmen dari Adaro Grup dalam melakukan kegiatan CSR seperti di atas, tentu kita menduga banyak dukungan materi yang telah dikeluarkan. "Jumlah materi itu bukan perkara yang paling penting dalam kegiatan CSR Adaro, namun dampak besar terhadap masyarakat lah yang menjadi aspek penting dalam kegiatan kami" ujar Bu Okty, head of CSR Adaro Grup.

Hal tersebut juga tercermin dalam keterlibatan Adaro Grup di Clean Up Jakarta 2015. Dalam kegiatan tersebut, Adaro meletakkan hatinya dalam kegiatan ini sebagai strategic partner. Wah, kalau saya bikin kegiatan dan ada perusahaan yang menawarkan diri sebagai strategic partner sih, bakal seneng banget! Secara disediakan ruang rapat, disediakan waktu untuk berdiskusi petinggi perusahaan, juga dibukakan jaringan ke perusahaan lain yang cocok bekerja sama untuk kegiatan tersebut (dan tetap disponsor tentunya). Apalagi Pak Garibaldi Thohir juga ikutan 'ngomporin' teman dan relasi bisnisnya untuk ikut berpartisipasi di Clean Up Jakarta 2015. Beneran deh, perusahaan mana yang mau melakukan hal di atas bahkan sampai Presiden Direkturnya ikut aktif menyebarkan informasi. Baik banget, ya..

Clean Up Jakarta 2015
1.000 relawan di GBK mengumpulkan dan mengelompokkan sampah-sampah ini dalam Clean Up Jakarta
Sumber : Instagram @cleanupjakartaday




Rahasia 'Komitmen Hijau' Adaro untuk Indonesia

Ada yang bilang, apa yang dilakukan sebuah perusahaan itu adalah cerminan dari karakter pemimpinnya. Ternyata memang benar, di balik komitmen Adaro Grup dalam melalukan CSR yang berkelanjutan, ada seorang sosok pemimpin yang mempunyai visi yang sama.

Bapak Garibaldi Thohir, kakak dari Erick Thohir (Presiden Club Inter Milan), yang telah membawa Adaro menjadi perusahaan yang peduli dengan lingkungan. Pemimpin memang punya andil besar dalam menularkan virus kebaikan di perusahaannya. Di dalam perusahaan, Garibaldi Thohir mampu menjadi teladan para karyawannya untuk ikut cinta dan peduli terhadap lingkungan. Gak heran kalau karyawannya semangat sekali berpartisipasi dalam kegiatan Clean Up Jakarta Day 2015 kemarin, presiden direkturnya saja semangat 'menularkan virus hijau'. Selain itu, beliau juga menginisasi kegiatan Clean Up Jakarta untuk dilakukan di Tabalong, Kalimantan Selatan. Kegiatan gotong royong membersihkan wilayah Kabupaten Tabalong ini dilakukan di 7 titik berbeda. Beliau bermimpi semoga ke depannya kegiatan ini bisa menjadi Clean Up Indonesia yang dilakukan serempak di seluruh wilayah negeri. Kebayang gak sih, kerennya seperti apa?


Garibaldi Thohir , Presiden Direktur PT Adaro
Sumber : www.forbes.com


Tidak hanya di perusahaan yang dipimpinnya, Garibaldi Thohir juga menanamkan rasa kepedulian terhadap lingkungan kepada keluarganya. Dalam usia sekolah, anak kembar dari Garibaldi Thohir telah mendirikan proyek konsevasi Bekantan di sebuah pulau kecil di Kalimantan. Wow! Kayaknya saya dulu saat masih sekolah cuma bisa bikin kebun tanaman obat keluarga deh, itu juga sama teman-teman hahahaha..

Monyet berhidung besar yang kita kenal sebagai maskot sebuah taman bermain ini merupakan satwa endemik yang hidup di wilayah hutan bakau di Kalimantan. Di tengah kesibukannya, Garibaldi Thohir selalu menyempatkan diri untuk memantau perkembangan proyek konservasi Bekantan yang dilakukan anak-anaknya.



Setelah saya mengenal sosok Bapak Garibaldi Thohir yang punya kepedulian tinggi terhadap lingkungan, gak heran kalau kegiatan CSR yang dilakukan Adaro Grup memang berbobot dan memiliki manfaat besar untuk masyarakat. CSR yang gak cuma sekedar kegiatan amal, tetapi bisa membangun masyarakat bahkan tingkat ekonominya.

Semoga kelak bisa muncul juga banyak CEO
muda yang memiliki semangat membangun negeri seperti Garibaldi Thohir. Aamiin... :)

20 komentar :

  1. Terdengar sangat mengagumkan.
    Semoga banyak yang ikut jejaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga banyak pemimpin2 muda yang bisa jadi teladan buat banyak orang di sekitarnya :)

      Hapus
    2. Aamiin Yarabbal'alamin..semoga Adaro selalu sulses

      Hapus
  2. Pa boy memang selalu menginspirasi ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah, it was nice to know him :)

      Hapus
  3. Ini masih saudaraan gak Mbak sama Erik Thohir? *eh

    Mantep, peduli lingkungan yaaa Mbak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba titis, ini kakaknya erick thohir. Nama Thohirnya familiar ya

      Hapus
  4. Wih keren mba... Thanks for sharing... Salam kenal yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mba, avatarnya unyu pisaann :)

      Hapus
  5. wah, inspiring, mba. Semoga lahir penerusnya juga yang cinta lingkungan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin..... jadi semangat ya kalau lihat sosok begini :)

      Hapus
  6. Keren mba. Baru tahu informasi ini. CSR model begini manfaatnya bakal panjang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, sudah seharusnya setiap perusahaan memikirkan sustainability dari setiap kegiatab CSR nya.. jadi gak cuma bakti sosial sesaat aja

      Hapus
  7. Moga makin banyak pengusaha muda yang ngikutin jejaknya ya, keluarganya keren semua :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, iyah jadi semacam dapat ilmu parenting juga ya mba ehehhee

      Hapus
  8. Keren ya...semoga semakin banyak yang cinta lingkungan ya Mak.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... Semoga makin banyak yang cinta lingkungan, mengingat alam kita sudah semakin rusak

      Hapus
  9. Keren ... suka baca sosok inspiratif. Saya baru dari blog Mbak Liswanti, membaca ttg Pak Garibaldi juga.

    BalasHapus
  10. Ini calon Papa Mertuaku ya? anaknya cakep bgt deh, wkwkwk..

    Ceritanya inspiring bgt, harus lebih banyak orang yg cinta alam dan lingkungan memang, demi kebaikan generasi setelah kita. Semacam note to my self gitu, TFS ya deek :*

    #kacamatahani

    BalasHapus