Kamis, 04 Mei 2017

Oh, Ternyata Begini Kebiasaan Belanja Para Ibu!

Standard
Beberapa hari lalu saya mengadakan giveaway di Facebook dan Instagram dalam rangka sewindu blog tersayang. Cie... Sudah 8 tahun. Dari jaman lulus SMA sampai sekarang sudah punya anak. Dari jaman alay sampai jaman mamak gamis. Hehehehe.... Plis, jangan buka arsip tulisan saya saat awal-awal punya blog. Nanti ilfeel :D

Kembali lagi ke giveaway, kemarin saya iseng membuat pertanyaan seputar kebiasaan belanja atau pemakaian popok dari para ibu-ibu. Sejak melahirkan, saya suka lempar pertanyaan ke status seputar perawatan anak sih, eh rame. Lumayan, selain berbagi ilmu juga bisa berbagi rekomendasi. Tenang... saya masih belum merencanakan mengganti blog ini jadi blog parenting kok. Ini masih wedding dan personal blog (bilang aja temanya acakadut, wid! wkwkwk - ngakak onlen).

Giveaway kali ini menantang para peserta untuk bercerita tentang kebiasaan dirinya atau orang terdekatnya dalam membeli perlengkapan bayi. Dari jawaban para peserta, saya menemukan banyak hal menarik. Jawaban para peserta saya rangkum dalam bentuk persentase data di bawah ini :

Materi Giveaway Kali ini

Kebiasaan Membeli Perlengkapan Bayi

Ternyata 45% peserta lebih menyukai membeli perlengkapan bayi secara offline. Alasannya ada yang ingin pegang langsung produknya, ada yang takut salah ukuran, sampai ada yang malas transfer. Hehehe... Kalau soal salah ukuran sih, saya juga pernah tuh! Beli celana anak 3 potong, ternyata ukurannya kekecilan. Sediiih... Padahal bahannya bagus tapi kekecilan. Yasudah lah ya :D

31% peserta memilih membelanjakan perlengkapan bayinya secara online, dengan alasan simpel, banyak pilihan, mencari harga termurah, dan sangat membantu di tengah kesibukan kerjanya. Ini IYA BANGET. IYA BANGET. Saya tipikal agak malas ke luar rumah buat beli perlengkapan bayi, jadi kalau sudah tahu barangnya mending beli online saja.


Kebiasaan Belanja Online

Perlengkapan bayi apa yang paling sering dibelanjakan secara online? Ternyata persentase paling banyak adalah pakaian bayi sebesar 37%. Diikuti oleh mainan sebanyak 31%, dan popok sebanyak 27%. Kalau saya yang mana? Saya doyan belanja ketiganya secara online. Oh iya, ada yang menjawab beli buku online juga. Saya juga suka beli buku bayi secara online. Soalnya belum tentu buku yang kita cari ada di toko buku terdekat. Apalagi kalau beli online sering dapat harga lebih murah daripada di toko buku. Hehehe...

Nah, saat para peserta ditanyakan suka belanja online di mana, persentase terbesarnya adalah Shopee dan Tokopedia. Keduanya meraih jumlah suara sama sebanyak 22%. Diikuti Lazada sebesar 18%. Ada juga beberapa e-commerce lain yang disebutkan, seperti Tororo, Orami, Blibli, dan Buka Lapak. Kalau kamu suka belanja online di mana? Saya suka Shopee dan Tokopedia. Hemm... dua market place itu emang RATJUN!


Kebiasaan Stok Popok

Saat para peserta ditanya apakah mereka membeli popok dalam jumlah banyak atau sedikit, maka 63% menjawab membeli popok dalam jumlah banyak. Mereka lebih senang membeli popok dalam jumlah banyak untuk stok (sebulan ke depan misalnya). 31% peserta menjawab lebih suka membeli popok dalam kemasan sedang atau kecil. Kalau saya kadang keduanya. Kalau lagi ada promo, iseng ah beli satu. Kalau lagi hilaf karena popok favorite lagi diskon suka stok banyak.


Kebiasaan Gonta-Ganti Popok

Awalnya saya bingung, apakah hanya saya yang suka gonta-ganti merk popok untuk si kecil? Ternyata kebanyakan peserta rata-rata pernah mencoba 2 - 3 popok sebelum menemukan popok yang pas untuk si kecil. Kayaknya saya lebih ya, hahahaaha... Sekarang sih sudah mulai menemukan popok yang cocok. Nah, menurut cerita para peserta jika mereka sudah nyaman dengan 1 popok maka akan loyal.

Ssstttt.... tapi banyak juga peserta yang masih hobi kejar promo popok dan tidak keberatan untuk beli popok apa saja yang penting lagi diskon. Apakah saya juga? SAMAAAAAA :))


Kalau ada yang promo, kenapa harus beli yang mahal. Begitu prinsip saya :p
Eh, tapi kebetulan merk popok kesukaan saya suka diskon deh. Jadi gak boncos di kantong, deh..



Setelah melakukan penjurian berdasarkan story telling dan runutan menjawab pertanyaan, maka berikut saya umumkan nama-nama pemenangnya. Selamat untuk :

FACEBOOK
Fitri Chotimah, mendapatkan 1 cookware set
Fitria Ratna Ambarsari, mendapatkan 1 food container set 
Ravica Imellianda, mendapatkan 1 lunch bag & ice pack

INSTAGRAM
@hm_zwan , mendapatkan 1 cookware set
@inunkpratama , mendapatkan 1 food container set
@vidiniwafiati, mendapatkan 1 lunch bag & ice pack

Sekali lagi selamat untuk para pemenang. Nanti akan saya hubungi langsung melalui pesan untuk komunikasi selanjutnya.

Terima kasih banyak juga kepada teman-teman dengan antusias luar biasa yang telah ikut berpartisipasi dalam Giveaway ini. Terima kasih juga untuk doanya buat saya dan blog www.widydarma.com ini, semoga terus dapat konsisten menulis dan tulisannya bermanfaat bagi para pembaca.


With love,
Bunda Yasmin









3 komentar:

  1. Hidup popok diskonannnnn!!!!!hahaha....

    Aku menang ya???Alhamdulillah,makasih mbakkkk^^

    BalasHapus
  2. Asyik bangetkan ya jadi ibu

    BalasHapus