Kamis, 21 April 2011

Bikin Film loh...

Standard
Maaf ya, baru diposting. Padahal bikin filmnya udah 2 bulan yang lalu. hehehe... Saya mempunyai kawan seangkatan yang asik-asik di kampus. Karena kami angkatan V, maka nama kami adalah PANGLIMA alias Pangkalan Ojek Empat Lima *ups, maskudnya Pasukan Angkatan Lima. Kalau mau lihat karya-karya jurnalistik kita (berhubung sedang kuliah Dasar-Dasar Jurnalistik), silakan mampir ke http://panglima-komunikasi.blogspot.com .

PANGLIMA - Foto habis kuliah


PANGLIMA tak hanya sekedar kumpul-kumpul angkatan, tapi juga wadah kreasi dan belajar bersama. Kami disarankan untuk membuat sebuah study club oleh dosen-dosen kami, namun kurang tepat kalau dijuluki study club, kami ini bukan mahasiswa-mahasiswa berprestasi dan brilliant. Hehehe.. Kami sepakat menamakannya PRODUCTION, karena kami selalu memproduksi kreativitas-kreativitas kami.

PANGLIMA berkomitmen setiap semester kami harus membuat suatu karya atau portfolio di bidang komunikasi, sesuai dengan studi kami. Kendala saat semester pertama kemarin adalah belum munculnya kekompakan, kami sedang melalui fase storming dalam teori small group communication. Akhirnya, hanya beberapa orang yang terlibat dalam proyek pertama ini.

Proyek pertama kami adalah... jeng jeng jeng jeng.. Membuat FILM. Awalnya nampak mudah, namun memasuki tahap penulisan script dan persiapan alat kami mulai mengalami kesulitan. Apalagi ketika pengambilan gambar, wow.. seru sekali dan melelahkan.

Shooting diadakan pada pertengahan Februari 2011, dilanjutkan dengan proses editing selama kurang lebih 2 minggu. Konsep film yang kami buat adalah stop motion. Berhubung aktor utama kami adalah mainan, jadi kurang maksimal jika menggunakan handycam. Kami menggunakan kamera DSLR. Untuk membuat satu film berdurasi enam menit ini membutuhkan hampir seribu buah foto, dengan kecepatan 4 frame per second. Kami terinspirasi dari mahasiswa DKV Bina Nusantara yang membuat film stop motion juga, bedanya aktor kami bukan manusia tapi mainan.

10 buah mainan seukuran jari ini kami dapat dari kawan saya, Om Deddy Irwanto, seorang fotografer. Saya meminjamnya selama kurang lebih seminggu. Terima kasih Om Danbo..




Mau liat hasilnya? CEK DI
http://www.facebook.com/video/video.php?v=195153540506337&oid=107094869369218&comments&set=t.667692715&type=1

Supriyadi - Editor

Dari kiri ke kanan - Jessi Carina, Widy Darma, Sahlan Syah Pahlevi

Bubul dengan aktor utama kita, Danbo

Title : Danborama
Cast : Danbo, Gloomy, Wall-e, dkk
Scriptwriter : Jessi Carina
Camera person : Widya Darma & Bubul
Editor : Sahlan Syah Pahlevi & Supriyadi
'Hore' team : Lili, Danik, Eva

1 komentar:

  1. A weak mind is like a microscope, which magnifies trifling things but cannot receive great ones.

    BalasHapus