Senin, 30 Januari 2012

CCA Fieldtrip : Protokoler Lengkap dan Sempurna!

Standard
Berdasarkan hasil kunjungan mahasiswa Ilmu Komunikasi UNISMA (20/12), saya mengamati beberapa sistem protokoler di CCA Indonesia. Kesan pertama saya ketika baru saja sampai di CCA adalah sangat teratur dan rapi. Hal tersebut terlihat dari parkiran kendaraan yang diatur sedemikian rupa.

• JALAN KHUSUS PEJALAN KAKI
Sebelum rombongan menerima pengarahan dari petugas keamanan setempat, kami dipersilakan untuk sholat dan istirahat terlebih dahulu. Jalur ke masjid dibuat sedemikian rapi dan nyaman, kami berjalan di koridor khusus pejalan kaki yang terlindung dengan kanopi. Di tengah perjalanan menuju masjid, kami melihat sebuah saung yang nyaman di tengah taman, ternyata saung itu adalah smoking area . Seperti yang kita tahu, CCA adalah kawasan bebas asap rokok, namun para perokok diberikan satu space yang nyaman untuk merokok sambil mengobrol bersama.


• PENGARAHAN SEBELUM PLANT TOUR
Seusai sholat dan makan, kami pun dikumpulkan oleh Chief Security CCA untuk mendapatkan pengarahan. Beliau menceritakan sedikit profile company CCA, fasilitas yang dimiliki CCA, prosedur kunjungan di CCA, peraturan ketika sedang melakukan tour di kawasan pabrik CCA, dan tak ketinggalan profil sang Chief Security itu sendiri. Kemampuan melakukan public speakingnya patut diacungi jempol. Ternyata di CCA, security juga terlatih dan pandai berbicara di depan publik.

• INTERNAL COMMUNICATION CCA INDONESIA
Seusai pengarahan, kami dipandu oleh Chief Security berjalan menuju gedung utama CCA melalui koridor khusus pejalan kaki. Sampai di gedung, petugas keamanan lain sudah siap memandu kami sampai ke ruang auditorium. Disini terlihat kesiapan seluruh crew CCA dalam menangani kunjungan dari luar. Mereka juga ramah dan komunikatif dalam menerangkan apa yang ada di CCA.

• RUANGAN AUDITORIUM CCA
Ruang auditorium CCA berukuran cukup besar, cukup untuk memuat kurang lebih seratus orang. Ruangan dengan nuansa merah, warna khas Coca-Cola, terasa bersih, sejuk, dan nyaman. Di depan ruangan terdapat panggung dan proyektor. Di sebelah kanan panggung terdapat podium berbentuk kaleng Coca-cola dan sebuah meja berisi kerajinan tangan hasil recycle dari kemasan kaleng Coca-cola dan bentuk-bentuk kemasan produk CCA.


Yang menarik dan menjadi perhatian saya adalah dinding auditorium yang menyita pandangan. Di sebelah kanan dinding ruangan penuh dengan tulisan, gambar dan informasi tentang kegiatan CSR CCA Indonesia. Di belakang dan sebelah kiri ruangan, dinding auditorium penuh dengan logo-logo dan grafis kreatif dari produk CCA.


Susunan acara presentasi dari CCA berjalan rapi dan menarik. Video dan projector dipersiapkan dengan prima dengan kualitas suara yang bagus. Acara diselingi dengan games berhadian souvenir CCA, sehingga dapat menarik antusias audience.

• PLANT TOUR
Seusai presentasi, rombongan diajak melakukan plant tour atau keliling unit produksi CCA. Rombongan dibagi menjadi 2 kelompok, dengan 2 guide. Di pintu masuk plant tour, kami disajikan maket Coca Cola Amatil Indonesia Cibitung Plant. Disana kami bisa melihat seberapa luas plant dan fasilitas apa saja yang terdapat di kawasan CCA Cibitung Plant.


Memasuki pintu plant tour, hawa mulai terasa berbeda karena kami bisa merasakan suhu hangat dan aroma dari produksi Fres Tea. Kami berjalan di koridor khusus pengunjung, sebuah jalan setapak dengan lebar 2 meter diatas ketinggian 3 meter. Dari atas sana, kami dapat melihat proses produksi produk-produk CCA seperti Coca Cola, Sprite, Fanta, Pulpy Minute Maid, Fres Tea, dan Powerade Isotonik. Kami juga dapat menyaksikan proses pencucian botol kaca, dan ruangan pembuatan pet atau kemasan plastik. Tak jauh dari situ, kami dapat melihat gudang pembuatan sirup konsentrat dan tumpukan gula yang berkarung-karung. Setelah berjalan lebih jauh, kami dapat melihat proses pengepakan dan quality control dari setiap produk. Semua kami saksikan dengan jelas dari atas ketinggian 3 meter sambil menikmati narasi dari Sang guide. Kemampuan komunikasi guide yang interaktif menjadikan tour ini semakin menyenangkan karena kami bisa bertanya langsung tentang apa yang kami lihat.

Namun di dalam sana kami tidak diperkenankan untuk berfoto, karena ada beberapa alat produksi yang peka terhadap sensor infrared. Bila terkena lampu kamera, maka mesin akan mati dan bisa mengakibatkan kerugian produksi.

• MINUM GRATIS
Lelah berkeliling plant, kami dipersilakan menikmati minuman gratis dari berbagai produk CCA. Sebagian besar mahasiswa mengambil softdrink seperti Fanta dan Coca-Cola. Namun saya mendapat sebotol Fres Tea Green, karena saya tidak bisa minum softdrink akibat kendala kesehatan.
Sambil menikmati minuman yang segar dan dingin, kami bisa berfoto dan berbincang santai dengan crew CCA.


• PENUTUPAN PLANT TOUR
Rangkaian acara plant tour segera usai. Rombongan berkumpul kembali di auditorium untuk beramah tamah sebelum pulang dan foto bersama.


• PERSIAPAN PULANG
Kami diarahkan kembali menuju luar gedung, kemudian ke parkiran bus. Sesampainya di parkiran, bus kami sudah stand by di shelter yang terhubung dengan koridor pengunjung. Bus sudah diatur parkirannya sedemikian rupa, sehingga memudahkan akses pengunjung dan sangat rapi.

0 komentar:

Posting Komentar