Rabu, 10 September 2014

Foto Menu Makanan untuk Cafe / Resto

Standard
Bisnis kuliner memang jadi salah satu usaha yang menggiurkan saat ini. Bagaimana tidak, setiap orang pasti akan butuh makanan, dan motivasi orang-orang makan di luar pasti ingin mencari 'sensasi' atau 'suasana' baru yang berbeda dengan saat mereka makan di rumah. Tentu, jadi kewajiban pebisnis memberikan pengalaman atau suasana makan itu kepada pelanggannya.

Saat kita browsing atau lewat di suatu tempat makan pasti yang dilihat pertama kali itu daftar menunya, lebih senang lagi kalau makanan yang tersedia itu ada fotonya. 

Ah, tapi jadi males kalau foto makanannya ternyata hasil googling. Yah, ampun... nanti pas mesen makanannya jadi ketipu lagi. Hehehehe.... Kan makan di cafe, bukan beli mie instan yang cover-nya doang bagus *eehh.... 

Enaknya sih, bikin foto menu makanan sendiri. Saya sempat tuh coba-coba moto makanan, tapi hasilnya gak bagus-bagus juga... Tetep aja ada 'kurangnya' gitu loh... Gak puas rasanya, padahal udah pake kamera SLR. Padahal sempet nyontoh-nyontoh menu makanan di internet yang kelihatannya bagus, tapi gak berhasil juga. Yasudahlah, saya gak bakat kali ya... :(


Suatu ketika saya diajak main sama teman-teman Bekasi Urban City, ada +ugi rusgiarto , +Hanggara Eko , +aboy abrori , dan +Aditya Mahendra , mereka bilang mau foto produk di salah satu cafe coklat di daerah Summarecon Bekasi. Ya udah, saya kepo (padahal gak bisa fotografi hahahaha)... Eh, beneran aja ternyata mereka mau fotoin menu-menu di kafe itu.

Suasana kafe aslinya itu redup sendu gitu, gak begitu banyak cahaya dari luar karena kita fotonya di non-smoking area yang tertutup di lantai 2 (biar adem). Saya tambah bingung lah..

"Bro, disini gelap tau. Emang bisa apa, gelap gini gak ada cahaya matahari, lampu juga minim" keluh saya sok tahu.

Mereka justru tambah asyik mempersiapkan senjata-senjata fotonya, kamera, lensa, lighting (ohh pantes terangnya dari sini kali ya), printilan-printilan pelengkap seperti jeruk mandarin, buah adas manis, kayu manis, daun mint, dan juga.... kotak putih. Kotak putih itu mereka buat sendiri dari kardus katanya. Kreatif banget emang temen-temen saya.

Berhubung saya gak bisa foto, jadi pemerhati aja deh kepoin mereka foto makanan (eniwei kata mereka namanya food stylish).

Kotak putih ajaib yang jadi mini studio food stylish

Suasana kafe saat foto makanan
Jeruk dan teman-temannya untuk pelengkap foto

Lumayan lama sih, foto-fotonya karena ada beberapa menu yang difoto dan harus disiapkan. Besok-besok saya mau deh ikutan foto makanan lagi padahal gak moto, soalnya habis itu makanan yang difoto boleh dimakan. Hahahahahaha... Rezeki anak soleh & solehah, alhamdulillah :D

Anyway, penasaran kan sama hasil fotonya?? Saya pribadi sih, lihatnya senang banget. Puas gitu rasanya, terlihat bersih, apik, dan eksklusif. Trus warna makananya jadi 'keluar' dan sukses bikin ngiler. Congratulations, guys...!!!! 




Hasil Foto Makanan Teman-Teman BUC
Gimana hasil fotonya menurut kalian, oke gak? Hehehe....



15 komentar:

  1. Aku juga suka food photography tapi nggak pakai kamera LSR, pakai mirror aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai mirror?? Wah bagaimana tuh mba caranya? Aku jadi kepo hehehehe.. Kalau ada link postingannya, aku boleh minta?

      Hapus
  2. tjakep mak....kl saya simpel banget,mini studionya apalagi,pindah2 hehe
    salam kenal ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya mak.. studionya juga dibuat bisa bongkar pasang :D

      Hapus
  3. Fenny juga pernah pemotretan makanan untuk buku perdana, makanan juga, g pakai kotak putih cuma main lighting. Hasilnya buagussss bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uwaahh kereen... bagi tips2nya dong mba kalau ada link blognya :)

      Hapus
  4. Balasan
    1. Nuhun, mba.. Ini konsen temen2 Bekasi Urban City emang keren (y)

      Hapus
  5. Yg sulit itu moto obyek makanan ..biar bisa keliat natural dan fresh.. ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul.. betul..yg bikin ngences-nya natural. hehehehe :)

      Hapus
  6. hasilnya luar biasa banget ya, siapapun yang liat gambarnya bisa meneteskan air liur pengen nyicipin...beneran keren ya apap-apa ge' kalau pake ilmu mah..

    salam buat anak-anak Kayuringin yea...juga anak-anak Unisma'45 nya
    salam sehat dan ceria selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya bang... nanti disalamin :)

      Hapus
  7. Wah keren banget hasil fotonya .. udah professional ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau temen2ku yang motret ini basic-nya emang udah fotografer. Tapi mereka belum lama belajar food stylish dan getol banget belajarnya. Jadi hasilnya bisa keren begini deh :D

      Hapus
  8. Jika Anda adalah pengusaha makanan cepat saji yang ingin menggunakan Tray Makanan untuk aneka makanan dr resto Anda, maka Greenpack adalah jawabannya. 1 Packaging untuk semua makanan.

    BalasHapus