Kamis, 29 Januari 2015

Sekarang Urus Surat ke Kelurahan Tidak Lagi Ribet

Standard
Sebagai penduduk yang baik, pasti kita tidak lepas dari urus-mengurus dokumen kependudukan di kelurahan. Tetapi sayangnya, birokrat yang satu ini terkenal dengan 'ribet' dalam pengurusan surat-surat. Dari persyaratan dokumen yang salah terus (ada saja kekurangan dokumennya) hingga biaya pengurusan dokumen yang tidak transparan.

Pernah nih, saya mengurus surat domisili untuk usaha di Kelurahan Jatibening. Wah, parah banget pelayanan kantor kelurahannya. Saat masuk ke kantor kelurahan, semuanya sibuk di meja masing-masing. Kita tidak tahu persis kepada siapa di bagian mana kita harus mengurus dokumen. Jadi deh, menebak-nebak! Tidak hanya orangnya yang ditebak, tarif pengurusan dokumennya pun juga ditebak. Bukan lagi ratusan ribu, tapi sampai 1,5 juta rupiah. Bete seketika deh!

Hal berbeda justru saya rasakan di tempat tinggal sendiri, Kelurahan Kayuringin Jaya Kecamatan Bekasi Selatan. Jam 9 pagi sudah ada petugas yang bersiap di loket pelayanan, jadi kita gak usah menebak-nebak deh, harus urus dokumen ke mana dan dengan siapa. Loket juga ada nomor antriannya, jadi tidak berdesakan dengan warga lain.


Kelurahan Kayuringin Jaya
Sumber : Dokumentasi Pribadi
Loket Pelayanan Warga
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Selain loket pelayanan, Kelurahan Kayuringin Jaya juga menyediakan meja petugas yang berfungsi sebagai customer service. Emm... Bagian informasi tentang pelayanan-pelayanan begitu. Ini sangat memudahkan warga bagi yang ingin bertanya mengenai pengurusan dokumen kependudukan.


Meja informasi pelayanan
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Di sekitar meja pelayanan, dipajang berbagai syarat untuk mengurus dokumen kependudukan. Jadi, sebelum menyerahkan dokumen ke loket pelayanan, warga bisa mengecek kembali apakah seluruh syaratnya sudah dilengkapi atau belum. Jadi, gak perlu ribet bolak-balik berkali-kali karena syaratnya salah. Ini oke banget, kan?

Ayo dicek dulu kelengkapan syarat dokumennya
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Beberapa waktu lalu, saya mengurus dokumen untuk permohonan beasiswa pendidikan adik. Saya datang jam 9 pagi, surat sudah selesai pukul 13. Lumayan cepat ya, tidak harus menunggu beberapa hari. Terakhir saya bertanya kepada petugas kelurahan "ada biaya administrasinya mba?". Sang petugas menjawab seiklhasnya saja. Waah... asyik! Ya sudah saya kasih 10 ribu rupiah, 15 ribu rupiah lainnya yang saya siapkan jadi buat jajan bakso hahahaa nakal.

Entah sebenarnya memang ada biaya adminstrasinya atau tidak, tetapi berkat jasa petugas kelurahan yang sangat memudahkan, mungkin tak apa jika memberikan sedikit biaya administrasi.

Terima kasih petugas kelurahan Kayuringin Jaya yang ramah, sangat membantu, dan memudahkan. Tidak nembak harga sampai ratusan ribu malah. Saya termasuk salah satu warga yang puas dengan pelayanan petugas kelurahan ini. Transparansi dan pelayanan yang baik memang penting sekali di sektor pemerintahan seperti ini, terlebih pelayanan pemerintah yang berhadapan langsung dengan penduduk.


Bagaimana dengan kelurahan di wilayah teman-teman?

8 komentar:

  1. Baru aja kmrn ngurus surat keterangan domisili..dan anehnya ditolak. Bingung bgttt,mau ngurus domisili baik2 ditolak..byk yg masih belum bagus ya playanan klurahan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ditolak kenapa mak? apakah ada dokumen yang kurang lengkap?

      saya juga pernah urus surat domisili di kelurahan lain, begitu juga.. salah melulu syaratnya, jadi bolak-balik berkali-kali deh...

      Hapus
  2. Udah lama aku nggak urus surat di kelurahan.
    Terakhir yang E-KTP.
    Itu juga aku cuekin aja pas ngambilnya, nggak pake duit "terima kasih" lagi.
    Mudah-mudahan semakin banyak kelurahan yg pelayanannya bagus ya. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah saat ini sudah bagus dan memudahkan warga. semoga pelayanan di kelurahan lainnya juga menjadi bagus ya mba.. Aamiin :)

      Hapus
  3. aku mah udah lama belum selasai juga yah..

    BalasHapus