Rabu, 18 Maret 2015

5 Hidangan Prasmanan yang Paling Diincar Saat Kondangan

Standard
Entah hanya saya yang merasakan atau tidak, tetapi sepertinya bulan Maret banyak kondangan ya? Hehehe... Tetapi sepertinya ajang pernikahan ini memang akan terus ramai berlangsung hingga menjelang bulan Ramadhan, sih! Well, happy wedding for grooms and brides. Do'akan saya cepat menyusul :D

Bicara kondangan, pasti tak lepas dari hidangannya. Hemm.... Ngaku deh, hidangan pasti menjadi salah satu hal yang kita nanti-nanti.

Kira-kira kondangan nanti makan apa ya? 
Ada makanan ini gak ya? 
Nanti makan apa dulu ya?

Begitu lah kira-kira pertanyaan iseng di benak kita saat akan kondangan.

Beberapa waktu lalu saya melakukan survey iseng di postingan Facebook, dan ternyata mendapat respon yang cukup ramai. Lebih dari 50 teman mengikuti survey kecil-kecilan ini. Survey dilakukan dengan satu pertanyaan simpel, makanan apa (prasmanan) yang paling diincar saat kondangan.

Setelah mengolah data yang didapat yaelah kayak skripsi aja, maka muncul lah 5 menu warbiyasak ini :


1. Sate

Sate Ayam
Sumber


Satenya dimana?
Satenya tuh di sini di dalam hatiku
Satenya tuh di sini harganya seribu       ala sule


Daging (biasanya sih, ayam kalau di kondangan) yang dibakar dengan bumbu kecap dan kacang ini menempati posisi pertama hidangan yang paling diincar saat kondangan. Perlakuan terhadap hidangan ini saat kondangan agak berbeda, ada yang dihidangkan dalam prasmanan bersama nasi, atau dihidangkan di saung tersendiri bersama lontong.

Tetapi yang pasti, sate memang banyak yang suka dan ngincar. Sayangnya, kalau ada menu sate biasanya hanya dikasih sekitar 3 - 5 tusuk sate. Gak boleh lebih. Kalau mau ngantri lagi, dan antriannya kayak main ular naga.


2. Rendang / Semur Daging

Rendang
Sumber


Posisi kedua hidangan yang paling diincar saat kondangan adalah daging (biasanya sapi) yang direndang atau disemur. Gak heran sih, karena memang menurut beberapa artikel yang pernah saya baca, rendang adalah makanan terlezat di dunia. Wuih!

Walaupun sudah cukup umum dan menjadi menu sehari-hari, rendang atau semur saat kondangan punya cita rasa tersendiri. Berbeda dengan rendang di rumah makan Padang yang biasa kita makan sehari-hari. Entah dari bumbunya, atau tukang masaknya, atau apanya... pokoknya rendang atau semur di nikahan memang 'beda'. Nyaamss....


3. Gurame Fillet Asam Manis

Gurame Asam Manis
Sumber




Setelah posisi satu ditempati daging ayam, posisi kedua ditempati daging sapi, posisi ketiga sukses diraih oleh daging ikan. Yes! Ikan 'bergengsi' yang satu ini memang jadi incaran saat kondangan. Daging gurame yang lembut dan gurih menjadi primadona dalam santapan apapun, baik saat makan-makan kecil keluarga hingga saat hajatan. Apalagi jika disantap dengan saus asam manis yang ada potongan paprika dan nanasnya. Sssrrrllup, nulisnya sampai nelan ludah nih! Hahaha...

Penyajian ikan gurame ini agak berbeda, ada yang disajikan utuh (ikannya segede alahium gambreng) atau potongan-potongan fillet tanpa tulang. Enakan sih, yang fillet. Ngambilnya cepat. Kalau lagi berdiri di prasmanan mau nyomot gurame utuh rasanya ribet ya, belum lagi keambil tulang-tulangnya. Apalagi kalau sisi badan yang di atas sudah digerogoti habis dagingnya, kita harus effort membalik tubuh ikan ke bagian yang masih banyak dagingnya.


4. Sambal Goreng Ati

Sambal Goreng Ati
Sumber


Tumisan potongan kentang dan hati ayam atau sapi dengan sambal goreng ini memang dinanti-nanti. Mau ada lauk apapun, kalau ada sambal goreng ati rasanya lebih 'lengkap'. Meskipun bisa dimakan sehari-hari (banyak euy, di warung nasi / warteg), atau saat lebaran, tetap saja hidangan ini menjadi incaran saat kondangan.

Tetapi hati-hati ya.... Suka ada 'ranjau' petainya. Hihihi....


5. Sup Kimlo / Baso

Sup Kimlo
Sumber


Sup Kimlo adalah masakan Indonesia yang konon berasal dari peranakan Tionghoa. Terdapat potongan sayuran, soun, dan 'khas'nya ada potongan jamur hitam. Biasanya suka ditambahkan bakso di dalamnya.

Sup Kimlo terhitung tidak sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia sehari-hari, mungkin hal ini yang membuat Sup Kimlo menjadi incaran oleh para kondang-ers yang hadir. Hehehe...


Demikian rangkuman survey yang dapat saya sampaikan. Kalau dilihat-lihat, kebanyakan berupa lauk daging ya? Oh, oke.. Orang Indonesia suka protein nyimpulin sendiri  sotoy.

Semoga dapat menjadi referensi untuk teman-teman yang bingung menentukan menu apa saat menyelenggarakan jamuan makan pernikahan nanti. Lain waktu saya bahas snack / menu saungnya juga ya :)

21 komentar:

  1. Well said! Saya juga suka 3 dr 5 masakan itu hehehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mak, saya juga suka (semuanya) hehehehe

      Hapus
  2. Haha, aku juga biasanya cari sate. Ternyata banyak yang sama ya ^^ selain sate sih biasanya aku cari siomay hahah><

    BalasHapus
    Balasan
    1. sate itu precious banget kalau di kondangan hihihi

      Hapus
  3. Wah gurame fillet asam manisnya nagih tuh mak :@

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget mak, haduh jadi ngebayangin :D

      Hapus
  4. saia yang utama dan pertama yang dicari adalah bakso hihihi :D

    BalasHapus
  5. paling suka asam manis,enak aja rasanya hehehe...plus sate,ya ampun....xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. yampun, pasti nulisnya sambil ngebayangin ya mak? hihihi

      Hapus
  6. lima-limanya suka semua.. tapi paling suka sih emang sate :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sippp, samaan dong mak sama hasil surveynya :)

      Hapus
  7. emang ke5nya bikin nelen ludah, ehm jd laperr.. hasil surveynya bermanfaat buat capeng nih Mba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih, mak... semoga membantu bagi para calon pengantin :)

      Hapus
  8. Aku biasanya ga makan makanan utama, tapi nyerbu gubukan kaya pempek, somay, kambing guling karena yang duluan kehabisan biasanya gubukan.. Hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang mak, aku juga survey yang menu-menu gubukan. nanti aku buka hasilnya hehehe

      Hapus
  9. Aku pasti ambil bakso dan sate! Hahahahaa... Dan semuanya biasanya ada di gubukan, jadi harus cepet-cepet diserbu :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menu gubukan memang seru-seru ya mak.. berburunya bikin 'greget' hehehe

      Hapus
  10. Es podeng koq kagak ade mak..jenang2 jg...hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. heeee... mak ini kan lagi ngomongin hidangan prasmanan

      Hapus
  11. Halo Gan!
    Sudah tahu belum box makanan Greenpack?

    Box makanan Greenpack adalah box makanan yang terbuat dari kertas aman digunakan untuk makanan serta ramah lingkungan. Keuntungan menggunakan Greenpack adalah kamu bisa branding box makanan ini dengan logo restoran atau usaha makananmu, so boxnya jadi lebih menarik dan orang-orang akan lebih benyak mengenal brand usaha kamu.

    Selengkapnya tentang Greenpack bisa kamu baca di sini http://www.greenpack.co.id/

    BalasHapus