Selasa, 01 Agustus 2017

5 Alasan Mengapa Saya Memilih Botol Susu Philips Avent Natural 2.0

Standard
Sejak awal lahir sampai sekarang, Yasmin minum ASI. Meskipun saya ibu rumah tangga, saya tetap memerah asi untuk stok. Stok ASIP bermanfaat banget lho, ternyata. Misalnya saat mau ada urusan sebentar ke bank, saya memilih untuk tidak membawa bayi. Bahkan saat me time ke skincare hehehehe. Saya suka titip Yasmin ke ibu mertua, lalu saya facial sekitar 2 jam. Kebetulan skincare langganan saya dekat dari rumah mertua.

Memilih untuk memerah ASI, otomatis kita juga harus memilih media pemberian ASIP-nya. Saya juga sempat ikut beberapa grup untuk ibu hamil dan menyusui. Ada yang kontra sama pemberian botol susu dot, lho kenapa? Katanya sih, takut anaknya tersedak lah, bingung puting lah. Duh, kok jadi parno ya buibuuu??? Mbegitulah, bukan mamak-mamak masa kini kalau gak dibuat parno sama ibu-ibu di grup online. Secara ibu-ibu di diskusi grup galak dan sotoy-nya melebihi yang ahli. Hahaha...

Saran saya, jangan berhenti mengkroscek ulang informasi yang kita dapat. Cari lebih banyak lagi pendapat, kalau bisa dari yang ahli seperti dokter spesialis anak, bahkan sub-spesialisnya. Bisa juga mencari referensi dari ibu berpengalaman lainnya, atau browsing di internet dari situs yang kredibel.

Persoalan botol susu, saya juga gak mau sembarangan. Sebenarnya masalah bingung puting atau tersedak itu ada solusinya, kok! Yaitu bagaimana kita memilih botol susu yang terbaik untuk si kecil. Pilihan saya akhirnya menjatuhkan pilihan ke botol susu dan dot Philips Avent Natural 2.0.

Nah, ini dia 5 alasan mengapa saya memilih botol susu dan dot Philips Avent Natural 2.0 !


Botol Susu Philips Avent Natural 2.0
Foto : Dokumentasi Pribadi

1. Dot yang lembut dan menyerupai payudara ibu

Pertama kali pegang dot Philips Avent Natural 2.0, kesannya adalah bentuk dot-nya unik dan lembuuuut banget. Beda dengan dot silikon biasanya. Ternyata bentuk dotnya dibuat menyerupai payudara ibu, ujung dotnya juga begitu. Nah, ini supaya si kecil gak bingung puting. 

Yasmin biarpun menyusu ASIP dari botol tapi tetap nempel banget kok ke saya. Menyusui langsungnya tetap lancar dan lama. Jadi, no worries lah ya :)

Bentuk dot yang lembut dan menyerupai payudara ibu
Foto : Dokumentasi Pribadi

2. Aliran susu yang dapat disesuaikan

Kenapa sih, bayi bisa tersedak? Itu karena aliran susunya terlalu deras, sedangkan aliran susu ibu kan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan si kecil dari usianya. Inget dong, prinsip ASI itu sesuai permintaan bayi? Kebutuhan ASI bayi yang baru lahir tentu berbeda dengan kebutuhan asi anak 3 bulan, deras aliran asinya juga beda. Nah, prinsip ini juga yang digunakan oleh Philips Avent Natural 2.0.

Dotnya ada bermacam-macam varian yang bisa dipilih sesuai usia si kecil. Ada yang 0 bulan, 0+, 1+, 3+, 6+, 9+, dan ada juga yang untuk cairan kental. Yasmin masih pakai yang 6+ sekarang sesuai usianya 7 bulan. Sejauh ini sih, Yasmin gak pernah tersedak walaupun minum ASIP melalui botol susu. Amaaannn...

Pilih dot sesuai usia bayi
Foto : Dokumentasi Pribadi

3. Botol mudah dibersihkan

Salah satu hal yang ditakutkan saat menggunakan botol susu dan dot adalah soal kebersihannya. Bagaimana tidak, botol susu yang tidak dibersihkan dengan baik malah jadi sarang kuman juga jamur. Hiii... Gak kebayang kalau sampai masuk ke perut bayi :(

Kesulitan saat membersihkan botol susu biasanya adalah di leher botol dan lekukan di bagian bawah leher botol. Nah, karena leher botolnya kecil. jadi jari kita susah masuk untuk lebih detil membersihkan bagian dasar dan lekukan botol lainnya. Akhirnya nyuci botolnya jadi males atau asal-asalan :D Apalagi kalau yang nyuci botol ART, bisa jadi gak sedetil kita (atau malah kebalikannya hehehe).

Nah botol susu Philips Avent Natural 2.0 ini punya bentuk wide neck alias leher botolnya lebar. Jadi mudah dibersihkan seluruh bagian sampai lekukan di dasar botol. Jangan lupa untuk mensterilisasi botol susunya setelah dicuci agar yakin botol susu untuk si kecil benar-benar higienis dan bebas kuman.

Oh iya, teknologi wide neck ini juga berguna agar mencegah banyak udara masuk ke dalam botol saat si kecil minum. Jadi gak kembung karena minum susu + angin hehehe :D

4. Nyaman dipegang si kecil

Ini juga salah satu alasan mengapa saya suka banget sama botol susu Philips Avent Natural 2.0. Bentuk botolnya melengkung di sisi kanan dan kiri dan gak licin. Enak buat kita genggam, bahkan Yasmin pun kayaknya kalau pegang botol ini 'plek' banget, gak jatuh. Bisa melatih Yasmin juga deh untuk pegang botol susu sendiri.

5. Mudah didapat di mana-mana

Ini harusnya jadi alasan pertama ya, hehehe... Philips Avent Natural 2.0 ini gampang dicari di mana-mana. Kalau ke baby shop, pramuniaganya juga merekomendasikan produk-produk Philips Avent. Pokoknya gak akan susah cari Philips Avent ke toko bayi. Berbagai e-commerce pun juga menjual produk Philips Avent. Malah ada program khusus 'Philips Avent Day' (seperti di JD.id) jadi bisa dapat harga promo deh. Yeay!!! Tapi kalau saya lebih suka nyari e-commerce yang gratis ongkir kayak blibli.com hehehe.. Selain banyak promo dan gratis ongkir, packing-nya blibli emang rapih bener. Dijamin aman deh produk yang kita beli sampai ke rumah.

Pengalaman saya saat mencari perlatan bayi adalah kesulitan mencari sparepart. Duh, itu ngerepotin banget! Bayangkan kalau susah (atau bahkan gak ada) sparepart-nya. Rusak satu bagian, gak bisa kepakai lagi deh tuh! Mubazir banget kan? Nah sejak itu saya cari perlalatan bayi yang sparepartnya dijual terpisah juga dan mudah didapat.

Kayak botol susu Philips Avent 2.0 ini misalnya. Udah punya botol susunya, kalau mau ganti dot sesuai usia, tinggal beli dotnya saja. Botolnya masih bisa dipakai terus. Jadi bisa lebih hemat buibu. Gak perlu beli satu set dari awal hehehe...


Gak cuma botol susu dan dot saja, sih. Saya juga mempercayakan peralatan bayi lainnya ke Philips Avent, karena dalam pembuatan produknya Philips Avent juga melibatkan para ahli dan ibu-ibu langsung. Jadi selain teknologi produknya bagus, Philips Avent juga melahirkan produk yang user friendly, sesuai dengan kebutuhan kita. Saya juga pakai blendernya untuk MPASI Yasmin, dan emang enak dipakai. Dari jaman orang tua saya juga udah gak ragu sama kualitasnya Philips untuk berbagai kebutuhan rumah tangga.

Have a nice day, mommies. Mari bahagia agar anak-anak kita juga tumbuh menjadi anak yang bahagia :)

2 komentar:

  1. aku juga sempet parno bangetttt bayiku bakal bingung puting mbak. dulu salah satu doaku terus menerus supaya dia gak bingung puting. sediihh kalo sampe gak mau nenen ke aku langsung dan milih dot.
    Alhamdulillah doaku terkabul, dia gak bingung puting. salah satu ikhtiarnya ya milih dot yg terbaik :)

    BalasHapus
  2. Untungnya anakku mw pk dot apa aja, dan masih mau tetep nenen... Sekarang jg lg pake avent seri ini, emaknya sukak anaknya mimiknya tambah bnyak pula :D

    BalasHapus