Sunday, March 17, 2019

Membeli Logam Mulia di Booth Antam Bekasi

Jaman sekarang gak tenang rasanya kalau kita luput memikirkan investasi. Salah satu produk investasi yang masih digemari masyarakat adalah emas. Eits, tapi yang ini bukan emas sembarang emas, melainkan emas logam mulia 99.9% milik ANTAM. Jadi kadarnya berbeda dengan emas perhiasan yang ada di toko-toko emas, kalau logam mulia milik ANTAM adalah emas murni.

ANTAM sendiri adalah perusahan milik negara yang bergerak di bidang pertambangan. Masyarakat dapat membeli produk ANTAM melalui butik-butik emas yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Selain itu, kita juga dapat mengunjungi booth jika ANTAM sedang mengadakan pameran di mall. Kalau butik emas hanya beroperasi saat jam kerja, pop-up booth yang ada di mall biasanya beroperasi sesuai jam buka mall, jadi bisa dari pagi sampai malam. Asyik kan, pulang kerja masih bisa beli emas di mall dan gak perlu cuti untuk ke butik emas. Namun pameran tersebut biasanya hanya berlangsung beberapa waktu saja, jadi lokasinya tidak permanen seperti butik emas. Supaya gak ketinggalan jadwal pamerannya di mana saja, follow akun instagram ANTAM di sini ya.


Membeli Logam Mulia di Booth ANTAM Bekasi
Foto : Dokumentasi @antamlogammulia




Cara Membeli Logam Mulia di Booth ANTAM Bekasi

Bulan Maret ini, ANTAM membuka pop-up booth di Mall Metropolitan Bekasi. Sebenarnya lagi malas banget ke sini, karena jalannya lagi banyak ditutup sana-sini kena proyek Tol Becakayu. Namun demi beli logam mulia yang dekat, jadi rela deh muter-muter ke sini daripada kita jauh ke Pulo Gadung seperti biasa yaaa :D

Informasi booth ANTAM di Bekasi
Sumber : instagram @antamlogammulia


1. Tunjukkan KTP dan NPWP

Cara membeli logam mulia di booth ANTAM sangat mudah dan simpel, kok! Pastikan sebelum kamu ke booth ANTAM, kamu membawa dokumen KTP dan NPWP. KTP digunakan untuk database pembeli, dan kalau kamu punya NPWP, kamu bisa dapat harga emas yang lebih murah daripada yang tidak punya NPWP. Yang tidak punya NPWP akan kena pajak lebih tinggi hehehe... Kebetulan data saya sudah terekam di ANTAM sebagai pembeli, jadi saya hanya sebutkan nama dan nomor ponsel saja. Jadi, bagi yang sudah pernah membeli logam mulia di ANTAM, sepertinya bisa langsung tanpa KTP dan NPWP seperti saya.

Booth ANTAM di Mall Metropolitan Bekasi
Dokumentasi : Pribadi

2. Pilih Produk Logam Mulia yang Kamu Inginkan

Saat di booth ANTAM, kamu juga bisa menanyakan ketersediaan produk yang ada. Kebetulan saya ke booth-nya malam, jadi sudah banyak pecahan logam mulia yang tidak lengkap. Seperti kemarin, 1 gram, 5 gram, 10 gram sudah tidak ada. Padahal saya mau beli yang 5 gram. "Kalau mau 5 gram, ada besok pagi mba". Hemmm.... Sepertinya kalau datang pagi masih lengkap ya stok pecahannya. Akhirnya saya beli pecahan lain saja deh, hehehe...

Tanya jawab produk logam mulia dengan petugas ANTAM
Dokumentasi : Pribadi


3. Pembayaran Logam Mulia

Setelah memilih logam mulia yang diinginkan dan dilakukan pembuatan faktur, kita bisa melakukan pembayaran. Transaksi pembayaran dapat dilakukan dengan uang tunai, internet banking, atau transfer ATM. Fyi, peraturan ANTAM terkini adalah jika kamu mau melakukan transfer atau internet banking, nomor rekeningnya harus sama namanya dengan faktur. Jadi saya gak bisa tuh beli atas nama suami saya tapi pakai rekening saya, atau sebaliknya. Jadi pastikan pemilik rekeningnya sama dengan nama yang didata petugas ANTAM ya. Atau kalau nama rekeningnya tidak sama, tunai saja. Untuk transaksi tunai, ANTAM menerima dengan maksimal nominal 30 juta rupiah.

Pembayaran logam mulia ANTAM dengan mbak ini :)
Dokumentasi : Pribadi

4. Penyerahan Barang

Setelah pembayaran selesai atau sudah dikonfirmasi (jika melalui internet banking atau transfer ATM), kita akan dipersilakan ke sisi lain booth  untuk menerima logam mulianya. Biasanya di sini ada petugas ANTAM yang mengkonfirmasi data-data pembelian, mencocokkan faktur, sekaligus menyerahkan logam mulianya. Periksa kembali secara teliti jumlah logam mulia yang tadi kita pesan, dan yang kita terima. Jika pihak ANTAM dan pembeli sudah menandatangani dokumen penerimaan, maka pembelian pun selesai. Logam mulia bisa kita bawa pulang deh :)

Produk ANTAM sudah termasuk sertifikat dengan teknologi CertiEye di kemasannya
Dokumentasi : Pribadi


Mengapa Memilih Logam Mulia ANTAM?

Singkat cerita, saya dan suami sudah belajar investasi logam mulia sejak mau menikah tahun 2015. Saat ditanya mau mahar apa, saya jawab mau logam mulia (karena saya punya alergi kalau pakai emas di kulit hehehe, jadi disimpan saja). Dulu malah beli maharnya nyicil malah, saking gak punya uang hahaha. Sebulan nyicil beli 2 gram-2 gram. Ingat sekali dulu harga emas masih 500 ribuan, sekarang sudah Rp 670.000/gram. Huhuhuhu... Lumayan ya naiknya dalam 3 tahun ini.

Saya memilih logam mulia ANTAM karena tersedia berbagai ukuran, bahkan mulai dari 0,5 gram. Ada perak dan emas, juga tersedia logam dinar. Selain itu, logam mulia kadar emasnya lebih tinggi daripada perhiasan di toko emas dan tidak dikenakan biaya seperti pembuatan perhiasan saat dijual. Jika saya membutuhkan uang cash, saya bisa dengan mudah menjual ANTAM sejumlah gram yang saya butuhkan. Dijualnya pun mudah, bisa ke toko emas, pegadaian, atau ke ANTAM langsung. Selama ini saya suka beli emas di pabrik ANTAM Pulo Gadung karena harganya lebih murah jika dibandingkan di butik emas, toko emas, atau pegadaian, karena di Pulo Gadung logam mulia dijual dengan harga pabrik. Mungkin nanti kapan-kapan saya ulas ya bagaimana tata cara pembelian logam mulia di pabrik ANTAM Pulo Gadung.

Oh iya, teman-teman juga bisa mengakses harga emas terkini langsung dari website ANTAM di sini. Biasanya, sebelum pergi ke Pulo Gadung, saya cek harga dan ketersediaan logam mulia yang ingin saya beli dulu. Kita juga bisa melihat grafik kenaikan harga emas ANTAM di halaman tersebut, contoh grafiknya seperti di bawah ini.

Grafik Harga Emas Antam
Sumber : www.logammulia.com


Sekian cerita saya kali ini. Semoga bermanfaat untuk teman-teman yang sedang tertarik berinvestasi logam mulia atau sedang mempersiapkan mahar pernikahan ya :)


12 comments :

  1. Aku selama ini beli di mall yang memang tokonya jual logam mulia. Trus dia ada website yang bisa kita cek harganya. Udah lama juga nih gak beli logam mulia hehehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, ada juga toko perhiasan yang jual LM. Klo aku prefer dari awal beli LM lgsg beli ke pulogadung, soale dapet harga pabrik. Kebetulan ada pameran antam di mall deket rumah dan harga pabrik, jd lgsg melipir deh :D

      Delete
  2. Duhhh Emas, emang selalu bikin ngiler mbak. Btw aku juga lagi nyoba-nyoba nih nabung dalam bentuk emas, hihihihih, semoga ada pameran emas antam di jogja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba follow instagram antam logam mulia mba, siapa tahu pas ada jadwal ke jogja hehehe. Di situ update terus infonya

      Delete
  3. slama ini aku ada investasi emas jg, tp dlm bentuk gram emas di pegadaian. jd ga lgs logam mulia. pernah jg beli logam mulia dr bank syariah dulu. aps hrgnya turuuun banget, pernah 400rb an. lumayan ini udh untung berarti kalo skr 670an :D. kalo bli lgs dr antam jujurnya blm prnh. tp pengen. Dulu kakek ku prnh bilang, "kalo mau naik haji ato beli rumah, jgn nabung dlm bntuk duit. tp emas. hrgnya ga akan turun. dari dulu sampe kapanpun, kamu naik haji pun cukup dgn 99 gr emas doang. cukup kumpulin itu aja. jgnbtabung duit".

    dan dipikir2 bener sih. duit bakal inflasi. tp emas, ga akan turun ,malah naik trus. sekalipun turun ga lama. ttp aja ntr naik lg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener aku juga mikirnya gitu mba, nabung emas buat nahan laju inflasi. Pengennya sih buat ke tanah suci juga, semoga tercapai .Aaamiiin

      Delete
  4. wah baru tahu nih, makasih infonay

    ReplyDelete
  5. sampe kapan mba, ada di mall metropolitan bekasi ? booth antamnya ?
    trims sebelumnya.

    ReplyDelete
  6. Selama ini nabung LM yg aman dimana ya kak?

    ReplyDelete