Tuesday, October 31, 2023

Laptop Komersial HP EliteBook 1040 G10 untuk Jasa Percetakan Undangan

Dalam menjalankan usaha percetakan undangan, kebutuhan laptop sudah tidak bisa terelakkan lagi. Selama 9 tahun berbisnis, saya sudah berganti beberapa macam laptop. Biasanya sih, saya ganti karena laptopnya sudah sangat lamban. Mirisnya lagi kalau di tengah-tengah pekerjaan laptopnya hang, wah, sudah pasti bikin stress! Apalagi kalau force close, saya harus mulai mendesain undangan kembali dari awal. Kalau proses desainnya memakan waktu lama, otomatis proses acc ke pelanggan juga akan lebih lama. Oleh karena itu, saya membutuhkan laptop komersial HP yang menunjang performa saya, dengan prosessor terkini yang cepat dan ringan. 



Aktivitas Saya sebagai Jasa Percetakan Undangan

Sejak November 2014, saya dan suami (yang saat itu masih berstatus pacar hehehe) mulai menjalankan bisnis percetakan undangan. Kami memulai dengan produk undangan blangko yang sangat simpel, karena desainnya sudah dibuatkan oleh produsen, dan kami tinggal mengisi bagian teks di dalamnya. 

Desain undangan dapat saya katakan adalah salah satu produk yang sangat cepat berganti trend-nya. Dalam satu tahun saja, dari satu produsen undangan blangko dapat mengeluarkan 2 sampai 4 seri desain undangan, di mana satu serinya ada sekitar 10 desain undangan. Bayangkan betapa kami harus selalu sigap dan adaptif dengan perubahan trend desain undangan. 

Beberapa tahun kemudian, permintaan desain undangan semakin beragam. Banyak pelanggan yang ingin membuat undangan dengan desain customized atau mereka sudah membuat desain sendiri. Namun tetap kami sebagai tim percetakan harus melakukan penyesuaian terhadap desain tersebut agar bisa dicetak sesuai ukuran dan format yang cocok. 

Berbeda dengan desain undangan blangko yang hanya teks saja, desain undangan custom lebih rumit dan besar ukuran file-nya. Desainnya pun harus dikerjaan dengan software desain grafis yang terkini. Oleh karena itu saya membutuhkan laptop komersial HP yang dapat menunjang produktifitas saya. Memang agak sulit menemukan laptop yang sesuai, saya ingin laptop yang cepat, berlayar besar, namun tetap ringan dan baterainya awet saat dibawa.


Trend desain undangan yang terus berganti menjadi tantangan
dalam usaha jasa percetakan undangan
Foto : Pribadi 


Mencari Laptop Komersial HP yang Sesuai dengan Kebutuhan

Seperti yang saya sebutkan di atas, kebutuhan laptop komersial HP saya untuk menjalankan jasa percetakan undangan cukup banyak. Saya butuh laptop dengan prosessor terkini supaya dapat bekerja dengan cepat dan ringan. Program desain vektor seperti Corel Draw dan Adobe Illustrator memang membutuhkan laptop dengan prosessor yang bagus, kalau tidak maka kerjanya akan sangat lamban. 

Saya juga membutuhkan penyimpanan internal yang cukup besar, karena file-file desain undangan biasanya ukurannya lumayan besar. Memang biasanya saya menyimpan di internal laptop dulu sebelum saya back up ke penyimpanan eksternal jika sudah lewat dari 6 - 12 bulan pembuatan undangan.

Selain itu, saya selalu suka laptop dengan ukuran layar yang besar, walaupun sebagian orang menilainya kurang praktis untuk mobilitas. Saya suka layar laptop ukuran besar karena memudahkan saat sedang mendesain undangan untuk melihat bagian-bagian yang detil. Kalau layar terlalu kecil, saya takut ada elemen desain yang kurang detil bahkan huruf yang kurang terlihat.

Saya tidak selalu berada di kantor percetakan seharian, terkadang saya harus ke luar untuk rapat dengan vendor, atau rekan usaha. Saya suka sedih, laptop terakhir saya ini lumayan berat kalau dibawa dan daya baterainya hanya bertahan sekitar 2 jam. Tuh kan, banyak sekali spesifikasi yang saya mau untuk laptop impian! 


Laptop Komersial HP impian saya, HP EliteBook 1040 G10
Foto : hp.com


Semakin Produktif dengan HP EliteBook 1040 G10

Saat berselancar melalui browser, saya menemukan laptop HP EliteBook 1040 G10 . Setelah saya telusuri spesifikasinya, saya merasa bahwa HP EliteBook 1040 G10 sesuai dengan kebutuhan laptop komersial HP yang saya cari.


HP EliteBook 1040 G10 menggunakan Windows 11 Pro yang direkomendasikan HP cocok untuk bisnis. Windows 11 dikenal dengan penampilannya yang lebih cantik, minimalis, dan modern. Sedangkan prosessornya, HP EliteBook 1040 G10 menggunakan Intel® Core™ i5 processor dengan hyper-threading technology yang memungkinkan laptop mengerjakan tugas banyak dalam waktu bersamaan. Tuh, kan! Cocok untuk saya yang hobi membuka banyak program dalam satu waktu. Hehehe.. Karena software desain grafis saja sudah beberapa macam, belum lagi ditambah dengan browser dan lainnya.


HP EliteBook 1040 G10 juga menggunakan memori 16 GB yang membuat laptop komersil HP ini menjadi cepat dan ringan. Core i5 memang butuh memori besar sih supaya lebih menunjang performanya. Selain itu, HP EliteBook 1040 G10 memiliki penyimpanan sebesar 512 GB SSD. Cukup besar untuk penyimpanan sebuah laptop bukan?


Soal layar, HP EliteBook 1040 G10 memiliki ukuran 14" dengan diagonal WUXGA display. Selain ukuran layar yang cukup besar, teknologi WUXGA membuat layar terlihat lebih jelas dan tajam. Di saat laptop lainnya saat ini hanya memiliki resolusi 1080p, laptop dengan layar WUXGA memiliki resolusi 1920 x 1200 pixel. Hal tersebut membuat saya semakin yakin, laptop komersial HP ini memang cocok untuk aktifitas saya mendesain undangan.


Walaupun ukuran dimesinya besar, yaitu 12.43 x 8.89 x 0.71 inchi atau sekitar 31,5 x 22,5 x 1,8 cm laptop HP EliteBook 1040 G10 hanya memiliki berat 1,2 kg lho! Penampilannya yang ringan dan langsing ini cocok jika saya bawa ke luar rumah atau kantor, namun tetap bisa produktif. Soal baterainya pun tak kalah apik, HP EliteBook 1040 G10 menggunakan Long Life 51Whr Fast Charge 3 cell Battery. Jadi tidak perlu khawatir selalu mencari colokan untuk mengisi daya baterai saat rapat di luar.


Desainnya yang ringan dan layar 14" membuat saya jatuh hati
Foto : hp.com

Dari berbagai spesifikasi dan kelebihan HP EliteBook 1040 G10 di atas, saya semakin yakin bahwa laptop komersial HP tersebut menjadi pilihan terbaik yang dapat menunjang produktifitas saya dalam menjalankan usaha jasa percetakan undangan. Kalau menurut kamu, apa fitur impian kamu yang ada di HP EliteBook 1040 G10 ini? Boleh cerita di kolom komentar ya!

No comments :

Post a Comment