Kamis, 04 Desember 2014

Pancong Balap, Kue yang Salah Nama

Kudapan.. kudapan... kudapan...


Jalan-jalan sore atau di akhir pekan memang asyiknya mencari kudapan sambil menambah wawasan kuliner. Akhir pekan kemarin saya menuntaskan keingintahuan tentang satu kudapan yang cukup terkenal di Bekasi, Pancong Balap.

Yak, agak memalukan sih.. Secara salah satu tim Bekasi Urban City, kok belum pernah nyobain Pancong Balap. Padahal makanan ini kan termasuk heitz di Bekasi. Sebenarnya ada beberapa lokasi Pancong Balap di Bekasi, ada di Proyek Bekasi (Jalan K.H Agus Salim), bunderan Summarecon Teluk Pucung, dan Perumnas 1 Bekasi. Lokasinya menyerupai warkop, hidangan yang disajikan pun ada Indomie rebus dan minuman seperti kopi susu, Nutrisari dingin, dan lainnya. Harga? Murah kok cuma 6.000 untuk sepotong kue pancong dengan susu, coklat, dan keju. Kalau dikurangi satu topping, harganya jadi 5.500.




"Lho, ini kue pancong?"

Gumam saya saat pesanan datang. Ini tidak terlihat seperti kue pancong yang saya kenal. Kue pancong yang saya tahu itu ada kelapanya, ditaburi gula pasir, rasanya gurih. Saya memutar-mutar piring dan membolak-balikkan kue.

Penampakan Kue Pancong Balap. Ssrlllup ^_^
(dokumentasi pribadi)
Penampakan kue pancong balap agak jauh
Sumber
Penampakan kue pancong balap jika tanpa coklat, keju, dan susu
Sumber


"Eeeh... inimah kue pukisss"

Saya berbisik setengah tertawa kepada pria di sebelah saya (tentunya pria yang saya kenal yaa haha). "Iya memang adonannya kue pukis", jawab pria tersebut. Terus kenapa namanya kue pancong? Cetakan kue pancong dan kue pukis memang hampir sama sih, tetapi ini bahan adonannya adalah kue pukis, bukan kue pancong yang berkelapa dan gurih.

Ini baru kue pancong
Sumber
Ini kue pukis. Kue pukis tuh yang adonannya terigu begini, gak ada kelapanya. #KerasKepala
Sumber

Saya mulai rewel dengan sejuta pertanyaan. Namun tetap saya doyan menikmati kue pukis eh pancong setengah matang itu. Habis. Kenyang. Enak sih, hehehe.....

Sampai sekarang saya masih heran kenapa kue pukis ini dinamakan kue pancong balap. Ada yang bisa jawaaabbb????

:D



29 komentar :

  1. Kurang jauuuhhh motonya jadi ketauan pancong balapnya gimana xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaiii mak Echa, sudah aku lengkapi foto yang agak jauhnya. Tambah keliatan kan, kalo adonannya kue pukis? Hehehe....

      Hapus
  2. Karena cetakkannya kak. Itu cetakan pancong. Jadi meskipun adonannya pukis, tapi karena cetakan pancong makanya disebut pancong :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya sih, cetakannya sama. Tetapi rasanya beda banget sama kue pancong aslinya...

      Hapus
  3. jadi kepinginnn,kue pocong, eh pacong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo jadi kue pocong serem atuh mba... hehehehe

      Hapus
  4. gak ngerti juga seh mbak,, cuma di medan yg begituan jg namanya Kue Pancong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Owalah ternyata di medan juga sama toh... Memang beberapa daerah juga memberikan penamaan-penamaan tersendiri untuk kulinernya :)

      Hapus
  5. hihihihi...efek cetakannya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi... karena cetakannya sama mba :)

      Hapus
  6. Nice info.. belom tau sih summarecon dimananya.. hehe :D
    btw templatenya sama kaya blog saya ka...

    ekopujigundar.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. dekat bundaran summarecon yang ke arah teluk pucung. dari situ kelihatan kok ada warung pancong balap;. eeehh iya ya templatenya sama hahaah :D

      Hapus
  7. bener gak sih kak itu adonan kue pukis ??
    jadi penasaran.
    rasanya sih hampir sama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget itu adonan kue pukis, makanya tidak sesuai nama. hehehe :D

      Hapus
    2. kalo gitu benar faktanya, nama yg cocok apa ya ??

      pukis ajaib kali ya..

      saya sih suka. sering beli. hehehe...
      ketauan deh :)

      Hapus
    3. bisaa.... biar dikira temuannya doraemon hehehehe

      Hapus
  8. Pancong terenak yg pernah sy rasakan di bkasi :v pgen lg sygnya di tangerang gak ada,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah seriusan bekasi pancong terenak? Beruntung dong saya soalnya dekat dari rumah hehehe

      Hapus
    2. Ngrasain pancong balap jg baru di bekasi :v

      Hapus
  9. pengen dung ..paketin jne bisa ngak ya,,heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. mlipir aja sini ke planet bekasi hehehe

      Hapus
  10. Wah ada juga yang di v-room 3 masih di planet bekasi loh dan di dpan ya ada minuman yg enak varian coklat namanya pasco coba deh mem...

    BalasHapus
  11. Mampirlah..di dekat sekolah patriot,jl kalibaru timur juga ada pancong..yg ga kalah enak.aku biasa beli disini,tempatnya enak nyaman,bersih.pasti nya pendapat kalian akan sama kalau dah nyobain deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin aku beli ada varian rasa durian. Cicip cicip...weh asli durian..bukan pasta atau perasa durian. Mantap..rasa durian+keju+susu. Ngiler...lagi dah...hehe..pagi pagi perut jadi lapar...ha..ha

      Hapus
  12. Dulu mwmang yg aslinya pancong betawi itu ya seperti pukis ini kak.skr bergeser budayanya. Yg ala kue rangi dikata pancong.. Pernah baca artikelnya.

    BalasHapus
  13. Dulu mwmang yg aslinya pancong betawi itu ya seperti pukis ini kak.skr bergeser budayanya. Yg ala kue rangi dikata pancong.. Pernah baca artikelnya.

    BalasHapus