Selasa, 27 Januari 2015

5 Cara Simpel dan Ampuh untuk Move On Setelah Pacaran Bertahun-Tahun

Standard
Putus cinta bukan perkara mudah bagi remaja, termasuk saya beberapa waktu lalu. Terkadang urusan cinta bisa jadi sangat serius, bisa bikin bahagia seharian atau bahkan mewek bermalam-malam. Sialnya, putus cinta tidak hanya bisa dialami oleh remaja, tetapi juga orang yang sudah memasuki usia 20-something dan sudah pacaran beberapa tahun.


Gadis Patah Hati
Sumber

Gilaa.....

I couldn't imagine that I also had a broken heart in serious relationship. Saat itu saya berpikir bahwa hubungan ini bisa dibawa ke masa depan. Sampai suatu ketika, saya memutuskan untuk mengakhirinya. Lebih dari dua tahun bersama, mungkin bukan perkara mudah untuk putus. Tetapi ternyata saya bisa melalui semuanya (alhamdulillah) dengan mudah. Bahkan beberapa orang mengatakan saya gampang move on.

Yes... Mungkin saya kemarin memang ahli move on. Saya sendiri hampir tidak sadar telah melaluinya, semua terasa begitu cepat.

Request tips move on
Sumber : Twitter @widydarma 

Setelah saya mengingat kembali, berikut lima hal yang saya lakukan saat patah hati :

1. Be drama!

Bohong banget kalau gak sedih saat patah hati. Semua orang juga pasti sedih, namanya juga perpisahan. Tetapi kadang lebih baik sedikit berpura-pura bahagia dibandingkan harus mewek di depan orang banyak. Kebayang kan, ilfil-nya lihat orang pasang foto air mata atau tangan yang disayat pisau. Hiii....

Walaupun sakit hati, sedih, sedikit perbaiki mood kamu dengan senyum. Tetap ceria lah dimanapun, bahkan sampai orang bilang "kamu kok, baru putus malah masih cengengesan?". Tinggal jawab, "oh, ya... berarti putus memang keputusan yang tepat, kan? Hidupku lebih baik sekarang rasanya.."

Kalau kita terlihat sedih terus, maka si mantan trembelane itu bakal senang. "Hahaha... Merana dia putus dari gue! Emang enak..." , begitu suara hati si mantan. Berbeda kalau mantan lihat kita happy, justru dalam hatinya akan nyinyir dan stalking-in kebahagiaan kita. Semakin bahagia, maka mantan akan semakin kepo *teori ngaco*Kita manusia terlahir dengan naluri kompetisi, jadi kita pasti ingin lebih baik dari orang lain.


2. Cari yang enak-enak

Sebagai bentuk penghargaan diri atas keberanian kita memulai fase hidup jomblo yang baru, maka kita harus merayakannya. Entah dengan makan enak yang kita suka, atau beli suatu hadiah untuk diri sendiri.

Buat diri senyaman mungkin dengan perawatan wajah atau ke salon. Jomblo harus cantik ;) *teori ngaco lagi*


3. Galau sama Tuhan aja

Sekali lagi, bohong kalau putus cinta gak sedih. Kesedihan memang sebaiknya tidak dibagikan ke sembarangan orang, tetapi jangan sampai kita sombong tidak berbagi rasa sedih ke Tuhan.

Di hadapan Sang Pencipta, kita bisa mencurahkan segala hal. Termasuk rasa sedih yang paling sedih yang dialami. Menangis di tengah malam sampai lelah. Mengeluh galau dari segala rasa yang paling galau.


4. Lepaskan....

Lepaskan rasa sakit, lepaskan rasa tersakiti....

Itu adalah satu kalimat yang saya dapat saat putus cinta. Hati saya sakit, sakit bukan main. Masih terbayang marah dan kesal saat itu. Saya tidak bisa melawan, semakin saya berusaha lawan, semakin sakit rasanya.

Hanya satu hal yang bisa saya lakukan, saya lepaskan rasa sakit dari dalam diri saya, saya lepaskan rasa tersakiti dari orang tersebut. Saya lepaskan semua yang sudah terjadi. Saya lepaskan ratusan hari yang telah dijalani.

Tidak hanya raga yang diolah, tetapi juga rasa... Olah rasa supaya hati lebih tenang & ringan.


5. Satu Rahasia

Ada satu hal yang mungkin menjadi rahasia selama saya menjalani masa patah hati. Satu rahasia yang sebenarnya semua orang sudah mengetahuinya. Entah mengapa, hal ini justru dianggap tidak penting dan kebanyakan tidak dilakukan oleh orang lain.

Istikharah

Siapa bilang istikharah hanya dilakukan saat menghadapi dua pilihan?

Istikharah atau sholat untuk meminta petunjuk juga bisa dilakukan walau hanya ada satu orang pilihan, karena pilihan satunya lagi adalah meninggalkan orang tersebut. Istikharah juga bisa dilakukan saat belum ada jodoh yang nampaknya harus dipilih. Hehehe... Bisa jadi, istikharah malah mendekatkan jodoh. Tetapi istikharahnya bukan sekali atau dua kali ya, melainkan harus konsisten selama beberapa waktu sampai kita rasakan 'petunjuk' itu memang datang (alias tidak ada ragu-ragu lagi).

Dengan istikharah, mengakhiri hubungan (yang saat itu saya rasa tidak mungkin karena sudah merencanakan tahap selanjutnya) justru malah menjadi mudah. Rasanya ringan sekali dan justru lebih lepas. Rasanya seperti disuntik oleh dokter yang terampil, dan tidak terasa saat dicabut jarumnya. Just like nothing happened.

Dengan istikharah, hati yang tadinya gelisah karena jauh dari jodoh justru jadi lebih tenang. Tidak tergesa-gesa, tidak takut celetukan orang.

Dengan istikharah, kita justru menjadi lebih fokus memperbaiki diri sendiri hingga semoga kelak yang akan datang juga adalah pribadi yang baik. Aamiin...


Jadi, apakah saya berakting saat patah hati kemarin?

Tidak. Saya tidak akting saat patah hati beberapa waktu lalu. Saya benar bahagia, saya merasa mengambil keputusan yang tepat, saya menerimanya, dan saya berusaha memperbaiki diri.


Jadi, mari kita ringkas...

Hanya ada dua langkah sangat simpel dan ampuh untuk 'move on'... Menerima keadaan dan selalu dekat dengan Tuhan. Semoga membantu :)



46 komentar:

  1. amat sangat setujuuuu ^o^

    aku jg prnh patah hati... pernh nangis, yg parahny, nangis dlm kelas pula -__-. sumpah itu malu bgt kalo diinget2 skr... tp aku jg yg tipe ogah patah hati klmaan..sorry yee... emg co dia aja ;) . terbukti kok, bgitu kita da punya gandengan baru, si mantan itu lgs sibuk baik2in lagi..:D

    Jd utk yg msh ga bisa move on..please deh... percya aja napa jodoh itu rencana Tuhan..mw lo nangis ampe mata kluar, kalo Tuhan ga izinin, ga bkl bs nyatu juga kan ;p...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahaa kalau kita udah sama yang lain atau mau digebet, mantan malah grasak-grusuk ya mak :D

      InsyaAlloh dapat yang lebih baik dan lebih baik lagi, Aamiiin...

      Hapus
  2. Sepakat dengan tips nya...nomer 1 niat move on.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nomor 1 sekedar menghibur diri mak, biar happy hehehe...

      Hapus
  3. Mantap tips-tipsnya. Sudah kedaluarsa kalau buat aku tapi berguna banget buat anak-anak dan anak-anak muridku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah mak profesinya guru ya? iya mak, semoga bermanfaat untuk adik-adik semuanya, supaya jangan kecil hati dan tetap semangat walau patah hati hehehe

      Hapus
  4. belum pernah patah hati.... tapi pernah langsung gagal dlm berumah tangga, masih lebih beruntung Widy kan... hhhehe, Allah slalu punya rencana yg lebih baik dek ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Subhanalloh... Semoga Alloh selalu memberkahi hidup wanita luar biasa seperti mak Ry Shafa.. Tetap semangat mak, untuk membesarkan & mendidik si kecil :)

      Hapus
  5. Betul sekali. Segera move on. Ndak ada untungnya termehek mehek lama lama. Yg ada malah bikin si ituh bahagia....sory la yau. Oke deh mantap tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naah... iya mak, kalau kita mewek yang di sono malah ketawa-tawa. Ooo... tidak bisa hehehe :D

      Hapus
  6. HIhihihi kakak, aku jg pernah loh ka putus cintong.. aku jg lumayan cukup lama menjalin hubungan selama 3 thn, putus nya pas bgt saat di bulan aniv ke 3 thn.. yess betul ternyata keputusan yg diambil tdk salah, dulu teman2 bilang aku tdk kliatan galau2 nya pdhal mah atit bingit... ya selalu memperlihatkan keceriaan aja. Stlah 2 minggu dari putus Alhamdulillah aku jdi Hijab ;) keep smile :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Subahanalloh, selamat ya kak, gegara putus cinta jadi tambah disayang sama Alloh & pakai hijab. Semoga dapat pendamping yang jaauuuuhhhh lebih baik dari mantan pacar. Aamiiin :)

      Hapus
  7. heheheh gpp sekarang kan masanya kan seperti ini ^^ dijalani saja...
    nanti kalo dah nikah pasti beda lagi tipsnya :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahaha iya mak, beginilah pengalaman anak cimit-cimit :D

      Hapus
  8. jadiiii habis diputusin nih ceritanyaaaa. Hihihiii..
    Semoga galaunya sgera berakhir yaa dan menemukan tambatan hati yg klik buat jadi teman hidup selamanyaaa. Aaamiin

    Btw, waktu aku dl. Yaa cari kesibukan.
    Even tiap hari ketemu, jadi kagok. mau diapain lagi yak.
    Laaah jd curcoooll :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku malah seneng dicurhatin loh mak... *eehh :D

      alhamdulillah patah hatinya udah setahun setengah berlalu. sekarang hidupnya udah happy lagi yaaay ^_^

      Hapus
  9. Keren dah, masih mudah udah kaya..*ops*.. sukses yaa, postingan yang ini setuju banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. oopsss...kayak apa nih mak? hehehe... nuhun mak, sukses untuk kita semua ^_^

      Hapus
  10. Move on nya bisa juga langsung cari suami yg gak usah pakai pacaran... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nahh, iyak betul juga tuh mak! biar tambah berkah...

      Hapus
  11. wah keren.. suka bagian : Galau sama Tuhan aja dan Istikharah nya
    Semoga mendapatkan jodoh terbaik dari Tuhan yaa

    BalasHapus
  12. Dah move on kaaan...udah jadi pemenang doong, hihiii. Siap2 aja mantannya stalking ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi udah move on dong mak... Mari do'akan semoga mantan yang stalking dikuatkan hatinya *eeh :D

      Hapus
  13. Postinganya sangat menguatkan dan menghibur banget mak. Saya jg sedsng bljr move on

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayuk mak, terlalu banyak alasan di dunia ini kenapa kita harus bahagia & nikmatin hidup... Sukses untuk move on-nya mak :)

      Hapus
  14. Postinganya sangat menguatkan dan menghibur banget mak. Saya jg sedsng bljr move on

    BalasHapus
  15. Balasan
    1. Monggo mak, di-share ke buah hati. Semoga bermanfaat :)

      Hapus
  16. Selalu suka sama tulisan2mu wid....bikin buku aja hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. I wish fit.... semoga usia 25 bisa punya buku :)

      Hapus
  17. Aku banget nih tips no 1 & 2. Cari yg enak2. Aku selalu ingat mamaku kasih nasihat, ngapain kita pusing mikirin orang lain yg ga mikirin kita? Kita capek, sakit, ga dapat apa2, sementara orang yg kita pikirin udah kemana2 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mendingan kita yang kemana-mana ya mak, biar orang lain yang mikirin *eeh :D

      Hapus
  18. tips nya okeh tuh, bukan buatku sih, buatku itu sudah lewat.
    Selain itu, blognya juga bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nuhun maak.... terima kasih juga sudah berkunjung, nanti aku main ke blog mak nefertite juga yaa :)

      Hapus
  19. Aku nih ga bisa move on Mba, pikiranku sama si diaaaaa mulu. Maksudnya punya pacar sekali doang, ga pernah putus, ga pernah punya yg lain ;)
    Iya nih, kudu siap2 sesuai tips ini buat anak cewekku yg bentar lagi ABG.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aahh, iya mak that's great.... :) jadi hati benar-benar satu tak terbagi...

      tetap jadi sahabat si gadis kecil mak, dia pasti butuh support & bundanya sebagai teman curhat..

      Hapus
  20. drama,iya bender banger..harusnya kan dicueakin aja,nerimo tapi nggak seru gitu kalo g ada dramanya hahaha...*pengalaman banget nih saya*
    salam kenal mak^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. drama ibarat mecin kehidupan mak, biar greget.. hahahaha :D
      salam kenal juga mak ^_^

      Hapus
  21. Move on itu yang terpenting bukan proses melupakan, melainkan menerima.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mak.. semakin mencoba dilupakan... semakin susah rasanyaaaaa hehehe

      Hapus
  22. Aku sempet 6 tahun pacaran dan pas putus biasa aja.. hhahahaa.. jd bingung 6 tahun itu ngapain.. akunya gampang move on, dianya yang waktu itu susah.. eh malah dia yang nikah duluan.. ahahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin kebetulan jodohnya si dia cepet, hehehe.... aaak, kadang sama mba kepikiran, aku bertahun2 pacaran sama dia ngapain ya? tapi males juga sih, kalau diinget hehehe....

      Hapus
  23. sakitnya tuh disini ketika patah hati.
    kalau saya sendiri lebih banyak mencari kesibukan mbak kalau pas inget si doi :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes, bener kang... harus sibuk & produktif. mumpung konsen menggapai prestasi :)

      Hapus
  24. Aku baru aka putus setelah pacaran 4 tahun, rasanya sulit sekali. Sakit jangan dTanya deh. Pas baca tips dr mba, kayaknya berguna banget. Doakan aku semoga proses move on nya lancar ya.. Maaf dah curhat. Heeehehe

    BalasHapus