Saturday, January 9, 2021

Pengalaman Menggunakan Dr. Brown's Deluxe Warmer and Sterilizer

Kalau ngomongin soal perlengkapan bayi, duh.. pasti banyak banget deh yang kita kepengen punya. Namun yang namanya perlengkapan bayi jaman sekarang kan, harganya lumayan ya. Hehehe.. Prinsip saya, kalau beli perlengkapan bayi mending yang bagus sekalian supaya bisa kepakai sampai adiknya nanti (eeh..) hehehe. Di situ letak hematnya, bukan?

Gak cuma pilih produk dari produsen perlengkapan bayi yang terpercaya, kalau ada pilihan lebih hemat seperti menggabungkan dua fungsi alat pada satu produk, bukan kah itu hal yang bagus? Punya alat 2 in 1 dengan harga yang terjangkau juga merk bagus. Impian banget kan? Sama nih, aku baru tahu ada Dr. Brown's Deluxe Warmer and Sterilizer. Satu alat punya dua fungsi sebagai penghangat ASIP atau MPASI serta bisa melakukan sterilisasi. Simak ulasannya di bawah ini yuk!

Pengalaman menggunakan Dr. Brown's Deluxe Warmer and Sterilizer
Foto : Pribadi


Susahnya Menyiapkan ASI Perah

Awal punya bayi, saya sempat kebingungan dalam penyajian ASIP untuk si kecil. Saya hangatkan kok suhunya suka terlalu panas ya, kan jadi lama harus nunggu hangat dulu. Sedangkan bayinya sudah rewel. Kalau kurang hangat, malah bikin perut bayi kembung. Jadi serba salah deh, beneran. Apalagi saya sebagai ibu baru masih minim pengalaman soal merawat bayi.

Padahal ASIP sangat menolong bagi saya. Sekali pun saya ibu rumah tangga, saya tetap butuh memerah ASI untuk stok jika saya ada keperluan sebentar ke bank, supermarket, atau saat saya menstruasi yang membuat produksi ASI menurun. Saat produksi ASI sedang menurun itu lah, ASIP menjadi pahlawannya. Selain itu, saya juga rutin memompa ASI supaya produksi ASI menjadi lebih banyak. Kedua anak saya memang banyak minumnya hehehe, direct breastfeeding juga, ASIP juga.

Cuma ya itu, saya cukup kesulitan untuk menyiapkan ASI perah. Suhunya lebih sering gak pas, dan prosesnya jadi lama, keburu anaknya nangis. Apalagi kalau saya meninggalkan bayi sama ART (Asisten Rumah Tangga) atau orang tua, mereka juga pasti kesulitan menyiapkan ASIP, karena jaman dulu belum familiar dengan ASI perah hehehe. 

Itu baru soal menghangatkan ASI, belum lagi soal botol susunya. Saya sih, diajarin ibunda untuk merebus botol susu supaya steril. Padahal kepengen deh, punya alat sterilisasi biar bisa menyeterilkan teether atau empeng juga. Cuma kalau lihat di pasaran harga sterilizer itu wuih, mahal ya. Hehehehe... 

Kebayang gak sih, ada alat yang memudahkan proses menghangatkan ASIP dan bisa sterilisasi juga. Mudah dipakai, sekali pun sama orang tua kita. Trus harganya murce mursidah alias terjangkau lagi. Trus gak mau yang merk abal-abal juga. Alhamdulillah ternyata impian saya ini gak halu, Dr. Brown's meluncurkan Deluxe Warmer and Sterilizer.


Dr. Brown's Deluxe Warmer and Sterilizer , Dua Alat Jadi Satu

Saya sendiri sudah lama mengenal nama Dr. Brown's, sejak punya anak pertama. Dulu sih, saya kenal Dr. Brown's dari produk botol susu dan pacifier-nya. Baru tahu deh, ternyata sekarang ada warmer-nya, bisa sterilisasi perlengkapan bayi lagi. Dua fungsi dalam satu alat ini membantu banget bagi saya. Selain lebih hemat, praktis, dan gak makan tempat untuk penyimpanan. 


Tampilan Produk Dr. Brown's Deluxe Warmer and Sterilizer
Foto : Pribadi

Dr. Brown's Deluxe Warmer and Sterilizer mudah dioperasikan dengan petunjuk layar LED. Kita tidak perlu mengira-ngira berapa waktu yang diperlukan. Cukup menekan tombol dan memilih ukuran volume botol, maka waktunya sudah disesuaikan. Selain itu untuk sterilisasi juga cukup menekan satu tombol saja, lalu START. Tampilan hitung waktu mundur pada LED sangat membantu sekali, membuat kita bisa menyambi mengerjakan hal lain. Hehehe.. Selain itu saat sudah selesai akan ada bunyi alarm dan setelah itu alatnya akan otomatis mati (auto shut off), jadi gak kepanasan banget deh alatnya juga hemat listrik. Oh iya, alat ini menggunakan daya listrik 500 watt. Yang saya suka adalah pemakaian alat ini cukup singkat hanya 3 menit untuk menghangatkan ASIP dan 6 menit untuk sterilisasi, sebentar ya.. Jadi oke lah untuk urusan listriknya.

Dr. Brown's Deluxe Warmer and Sterilizer ini juga memiliki reservoir air yang lebih besar, sehingga proses sterilisasi menjadi lebih praktis (makanya bisa dilakukan dalam 6 menit). Selain itu, alat ini bisa digunakan untuk semua jenis dan ukuran botol susu, baik yang wide neck atau narrow neck, mau yang volume kecil sampai besar. Di dalam dusnya, kita juga diberikan storeage cup untuk botol susu wide neck dan narrow neck. Ini bisa digunakan saat menghangatkan ASIP.


Cara Pakai Dr. Brown's Deluxe Warmer and Sterilizer

Yang aku suka dari Dr. Brown's Deluxe Warmer and Sterilizer ini adalah mudah digunakan, bahkan sejak penggunaan pertama. Tombolnya gak ribet dan cukup jelas untuk apa, jadi gak ngira-ngira. Hehehe... Nah, yang begini kan jadi mudah semisal kita mau mengajarkan orang tua/mertua untuk bisa pakai alatnya. 


Menghangatkan ASIP 

  • Pastikan tangki air sudah terisi (diisi menggunakan air minum/air matang)
  • Tutup botol susu menggunakan storeage cup dari Dr. Brown's Deluxe Warmer and Sterilizer. Sesuaikan dengan jenis botol, apakah narrow neck atau wide neck. Tutup jangan terlalu rapat.
  • Masukkan botol ke dalam alat, kemudian tutup
  • Nyalakan alat dengan menekan tombol power, lalu sesuaikan ukuran botol. Pengaturan default dari alatnya adalah untuk botol susu ukuran 4 OZ. Kemudian tekan START.
  • Timer akan berjalan selama 3 menit, tunggu sampai selesai.

Masukkan botol seperti berikut, tidak usah ditutup rapat
Foto : Pribadi


Setelah dihangatkan, bisa diangkat seperti ini.
Foto : Pribadi


Sterilisasi Perlengkapan Bayi

  • Siapkan alat-alat yang akan disterilkan dalam kondisi sudah dicuci bersih
  • Letakkan botol susu dengan posisi mulut botol menghadap ke bawah
  • Masukkan pacifier, dot, teether, atau aksesoris botol susu lainnya ke bagian atas alat
  • Nyalakan alat dengan menekan tombol power, lalu pencet tombol dengan lambang suhu di bagian kiri atas. lalu tekan tombol START.
  • Timer akan berjalan selama 6 menit, tunggu sampai selesai.

Botol diletakkan menghadap ke bawah, lalu dot dan perlengkapan lainnya
di bagian tutup Dr. Brown's Deluxe Warmer and Sterilizer.
Foto : Pribadi



Tips dari saya, setelah selesai sterilisasi ditunggu sebentar dulu lagi saja, soalnya kalau langsung dibuka panas buangettt hehehehehe.. 

Oh iya, cara penggunaannya juga bisa disimak melalui video ini :




Demikian pengalaman saya selama menggunakan Dr. Brown's Deluxe Warmer and Sterilizer. Menurut saya, alat ini bagus untuk direkomendasikan kepada para ibu yang baru memiliki bayi. Poin yang saya suka dari alat ini adalah mudah digunakan, gak makan tempat penyimpanan, dan kedua fungsi alat (menghangatkan dan sterilisasi) berjalan dengan baik. Dr. Brown's Deluxe Warmer and Sterilizer ini bisa didapat di official store Dr. Brown's Indonesia di berbagai marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. Harganya sekitar 900 ribuan, dan menurut saya harga tersebut worth it dengan fungsi 2in1-nya. Desainnya juga minimalis, cakep untuk dipajang hihihi..


Kalau teman-teman mau dapat info lebih banyak seputar parenting, nutrisi anak, produk terbaru, bahkan sampai promo khusus dari Dr. Brown's Indonesia, ikutan Dr. Brown's Parent Club yuk! Caranya tinggal klik di sini. Saya juga sudah ikutan, lho!

Dr. Brown's Parents Club
Foto : Pribadi

Dengan Dr. Brown's kita bisa terus memberikan nutrisi terbaik bagi anak, supaya tumbuh kembang mereka menjadi optimal dan menjadi generasi gemilang di masa yang akan datang. Terima kasih, Dr. Brown's!

18 comments :

  1. Zaman bayi-bayi sekarang, banyak banget fasilitas yang memenuhi kebutuhan mereka. Bayi terpenuhi ASI nya, Mamanya juga lebih tenang, ya.

    ReplyDelete
  2. Senangnya sekarang tuh banyak banget pilihan untuk Busui, adanya produk Dr. Brown's Deluxe Warmer and Sterilizer memudahkan untuk menghangatkan ASI ya Wid. Tambah happy dah mamaknya dan anak pun tercukupi nutrisi ASInya.

    ReplyDelete
  3. Cute banget packagingnya ini. Aku juga dulu pake yang Dr Browns sterilizer yang bulet gitu buat modol sama mainan kecil anak2 awet banget.

    ReplyDelete
  4. Wah bagus banget sekarang ada Dr. Browns sterilizer yang berfungsi menghangatkan ASI . Jadi minuman bayinya tetap hangat dan sangat steril.

    ReplyDelete
  5. unik juga desainnya dan terlihat canggih, saya baru tahu ada alat untuk menghangatkan asi

    ReplyDelete
  6. Tekhnologi terus berkembang. Semoga bayi-bayi sekarang tumbuh besar dan berkembang baik selaras dengan perkembangan tekhnologi nya juga yah Mba ;). Anw bisa aku rekomendasiin ke temen ku yang baru lahir nih ;)

    ReplyDelete
  7. Produk dr browns emang bagus ya dan pastinya memudahkan bu ibu soal ASIP dan perawatan bayi

    ReplyDelete
  8. kalo udah denger dr.browns mah langsung percaya banget kalau produk ini emang bagus kualitasnya

    ReplyDelete
  9. Setuju banget dengan prinsip nya, beli barang harus berkualitas,apalagi untuk batita
    Jangan sampai ada bahan yang mencemari
    Tenkyu review nya, jadi punya rekomendasi hadiah bagi yang baru lahiran nih

    ReplyDelete
  10. Sekarang semua lebih mudah ya.. kebetulan saya putra putri udah pada gede semua, tapi pasti saya infokan produk ini ke teman-teman saya yang kebetulan beberapa dari mereka baru melahirkan dan beberapa diantaranya harus bekerja. Terima kasih atas review-nya yang sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  11. Dulu inget banget deh mba aku pas awal kasih asip untuk anakku, pas angetin asipnya, entah ya tb2 botolnya pecah sedih bgt. Untung skrg ada warmer dan sterilizernya dr.Brown ini ya

    ReplyDelete
  12. Paling ribet menurutku soal sterilisasi ini. Soalnya kadang malas banget kalau harus ngerebus botol melulu. Kalau pakai dr. Brown jadinya lebih praktis yaa

    ReplyDelete
  13. Aku juga paling males sama sterilisasi, itu sebabnya aku ga mau kasih susu formula, lebih ke males aja. Skrg ternyata ada alatnya sendiri yaaa.. Dr brown berkualitas emang barang2nya

    ReplyDelete
  14. Harus punya teknik ya dalam memberikan ASI kepada debay, apalagi saat sterilisasi botol susunya. Pengetahuan bermanfaat untuk daku nantinya nih kak

    ReplyDelete
  15. Alat sterilisasi Dr. Brown canggih ya mbak jadi gak perlu rebus botol ssusu lagi

    ReplyDelete
  16. Kebayang bangun malam malam dan debay nangis. Susu yang sudah disiapkan mesti dihangatkan. Dengan Dr Brown's warmer and sterilizer sangat memudahkan banget pekerjaan orang tua yang bangun di malam hari sambil lulungu, kalau kata orang sunda mah.
    Makasih infonya Kak, langsung cuz liat liat di market place.

    ReplyDelete
  17. Bentuknya keren yah.. punyaku dulu masih yang besar. Dr Brown's membantu sekali buat emak-emak ASI. enjoy ya mbak

    ReplyDelete
  18. Jadi pake produk ini makin memudahkan Ibu, kalau pas bikin MPASI banyak, simpen dan tinggal angetin saja ya. Mantep, cocok juga buat kado.

    ReplyDelete