Thursday, August 25, 2022

Jadi Blibli Seller dapat Saldo Bliklan, Apa Keuntungan Jualan di Blibli dan Bagaimana Cara Pakainya?

Sebagai millenial yang punya banyak impian, salah satu cita-cita saya adalah bisa merdeka secara finansial. Saya pun mulai menggeluti jualan online dengan membuka toko di marketplace. Kali ini saya mencoba menjadi Blibli Seller. Wah, jujur awalnya saya menyesal mengapa baru sekarang mencoba jualan di Blibli, ternyata seru dan menyenangkan!
Jadi Blibli Seller memang banyak keuntungannya, mulai dari gratis pengiriman tanpa biaya tambahan, asuransi produk 100% dari partner logistik, seller care yang responsif, banyak fasilitas pelatihan seputar jualan online, serta berkesempatan mendapat modal promosi hingga 5,4 juta berupa saldo Bliklan. 

Tampilan Toko Saya di Blibli : Nikah Dulu ID

Berburu Saldo Bliklan di Blibli Seller

Sebelum mendapatkan saldo Bliklan secara cuma-cuma, kita harus memiliki toko di Blibli dulu. Teman-teman yang mau buka toko di Blibli Seller, silakan klik di sini ya...

Asyiknya jadi Blibli Seller, kita bisa kok buka toko walaupun belum punya NPWP. Selain itu, jadi Blibli Seller memang menyenangkan. Sistemnya dibuat seperti bermain game, kayak ada tugas-tugas yang harus diselesaikan. Setelah tugas selesai, kita pun akan mendapatkan hadiah berupa : SALDO BLIKLAN.

Saldo Bliklan ini bisa kita gunakan untuk beriklan di Blibli agar produk kita muncul dalam pencarian teratas berdasarkan kategori atau nama produk. Kalau produk kita mudah dicari calon pelanggan, otomatis semakin besar potensi produk kita akan dibeli, bukan? 

Saya termasuk Blibli Seller yang senang memburu saldo Bliklan ini, karena bermanfaat sekali untuk mengenalkan toko dan produk saya. Maklum saja, usaha saya kan, bisnis modal kecil. Jadi saldo Bliklan akan sangat berarti untuk mendapat biaya promosi tambahan. Hehehe.. Alhamdulillah saya sudah berhasil memenuhi 6 tantangan dan mengumpulkan saldo Bliklan sejumlah Rp 145.000 sejak bulan lalu. Wah, kalau sistemnya tantangan begini, tekad saya semakin besar mengerjakan tugas-tugasnya supaya dapat saldo Bliklan lagi!

Tugas-tugas yang sudah saya selesaikan untuk mendapatkan Bliklan


Cara Menggunakan Saldo Bliklan

Setelah giat mengumpulkan saldo Bliklan, tentu akan percuma kalau tidak digunakan. Akhirnya saya mencoba jualan di Blibli menggunakan Bliklan. Oh iya, mumpung di bulan Agustus ini banyak Promo HUT RI, yuk manfaatkan Bliklan kamu! Biasanya kalau lagi banyak promo, pasti traffic calon konsumen juga meningkat. Saatnya memanfaatkan momen ya, teman-teman!

Cara beriklan di Blibli dengan Bliklan ternyata mudah sekali, tombolnya juga gak ribet. Gak bikin pusing, sehingga mudah dimengerti oleh saya yang baru pertama kali mencoba Bliklan. Ini salah satu nilai plus sih, bagi saya karena tampilan Blibli Seller yang user friendly. Simak langkah-langkahnya dan strategi ala saya berikut ini :

1. Lihat menu di bagian atas, klik Promo, lalu klik Bliklan

2. Tentukan budget harian yang kamu inginkan. Jadi kalau budget iklan harian kamu sudah terpakai semua, maka iklannya akan berhenti. Bermanfaat banget biar saldo Bliklan tetap terkontrol. Misalnya, saya menentukan budget harian saya Rp 50.000

Menentukan Budget Harian Bliklan

3. Lihat di bagian kanan ada Seleksi Produk dan Pengaturan Tawaran.

Di bagian Seleksi Produk, kita bisa mengatur produk mana yang akan diiklankan. Tujuannya tentu supaya kita fokus mengiklankan satu atau beberapa produk unggulan, agar saldo Bliklan kita juga tidak cepat habis. Bisa juga kita pilih dari produk dengan traffic tertinggi. Kali ini saya memilih 2 produk unggulan yang memang biasanya banyak diminati.

Memilih Produk yang akan Kita Iklankan


Setelah itu, kita masuk ke bagian Pengaturan Tawaran di mana kita dapat mengatur harga yang harus kita bayar untuk beriklan. Ada 2 pilihan, pengaturan awalnya adalah Bid Otomatis di mana kita sudah gak perlu atur-atur lagi harganya, tarif iklannya akan ditentukan secara otomatis dari Blibli. Kalau saya pribadi, saya lebih memilih Bid Manual, di mana saya bisa memasang harga atau target yang saya mau. Di bagian tabel bid harga, Blibli sudah memasang kisaran harga yang disarankan. 

Menentukan Bid Otomatis atau Manual, Saya Pilih Manual

Saya tidak mau terlalu rendah, tapi tidak mau terlalu tinggi juga. Kalau terlalu rendah, nanti iklan kita berpotensi tidak muncul karena ada produk lain yang berani pasang bid lebih tinggi. Kalau terlalu tinggi, sayang dong kita bayar terlalu mahal hehehe... Metode pembayarannya adalah CPC atau cost per click, jadi kita baru akan membayar Bliklan kalau produk kita di-klik oleh calon pelanggan. Kalau cuma tampil saja, namun tidak di-klik, kita tidak usah bayar. Menarik, bukan?

Menentukan budget CPC untuk Bliklan secara Manual

Saya mulai pasang iklan sekitar pukul 15.14. Lalu pada pukul 16.46 saya sudah mendapatkan chat dari calon pembeli. Wah, Alhamdulillah berarti produk saya muncul di pencarian dan bisa menarik minat. Semoga jadi pertanda baik produk saya segera laku, ya! Aamiin..

Chat dari Calon Pembeli di Blibli setelah Pasang Bliklan


Gak Usah Takut Gaptek, Selalu Ada Kelas Belajar dari Blibli Seller Center

Masih bingung soal menggunakan Bliklan? Atau penasaran bagaimana strategi menggunakan Bliklan agar hasilnya optimal? Atau malah bingung sama fitur-fitur yang tersedia di Blibli Seller? Jangan khawatir, buat saya jadi Blibli Seller itu gak usah takut gaptek. Blibli Seller Center mudah diakses jika ada informasi yang ingin dicari.

Kemarin saya sempat bingung bagaimana cara mengganti jenis ekspedisi yang mau diaktifkan dan dimatikan. Saya tinggal buka Blibli Seller Center lalu klik menu Pusat Edukasi. Lalu ketik pengiriman, dan akan tersedia artikel atau video tutorial seputar fitur pengiriman. Lagi-lagi panduannya tidak berbelit dan mudah dipahami. Saya bisa langsung pilih ekspedisi yang saya mau.

Pusat Edukasi Blibli Seller Center yang Sangat Membantu

Selain Pusat Edukasi, Blibli Seller Center juga menyediakan berbagai kelas online untuk belajar berbagai hal. Ada beberapa macam webinar yang difasilitasi Blibli Seller Center, yaitu :

1. Webinar Reguler Seller Baru : cocok bagi Blibli Seller pemula untuk mengetahui informasi seputar bejualan di Blibli juga penggunaan Blibli Seller Center

2. Webinar Fitur dan Kolaborasi : untuk mempelajari berbagai fitur di Blibli Seller Center

3. Webinar Sharing Seller : mengundang Blibli Seller yang berpengalaman. Nah, kamu bisa tanya-tanya seputar strategi Bliklan dari Blibli Seller yang sudah sukses di sesi ini nih!

4. Webinar Series : mengunang narasumber yang kompeten sesuai topik webinar, biasanya berupa topik-topik yang bisa mendukung meningkatkan performa seller.


Semua webinar di atas selalu dipasang jadwalnya di Blibli Seller Center, coba lihat di bagian kanan atas pada Dashboard, ada web banner yang bergerak, salah satunya adalah jadwal webinar-webinar dalam sebulan.

Jadwal Webinar di Blibli Seller Center

Seru banget kan, jadi Blibli Seller. Selain bisa punya toko untuk jualan online, kita juga dapat saldo Bliklan berkali-kali, eh bisa ikut berbagai webinar keren secara gratis juga. Sayang banget kesempatan berbisnis dan belajar ini kalau dilewatkan. Jaman sekarang gak perlu khawatir kalau bisnis modalnya kecil, kita bisa mencoba jualan online di Blibli Seller.

Jangan lupa untuk follow Instagram @blibliseller dan Tiktok @blibliseller untuk mendapatkan info menarik seputar jualan online di Blibli. Selamat mencoba!


No comments :

Post a Comment