Wednesday, January 7, 2015

Resolusi 2015 : Bantu 1.000 Pernikahan Lewat Blog

Islamic Wedding
Sumber


Sejak akhir 2014, semua orang berlomba-lomba bikin resolusi yang keren. Saya sendiri selalu bingung kalau ditanya 2015 mau ngapain?

Ngapain ya... Wisuda kali :D

Emang udah bakal wisuda 2 bulan lagi, sih... Saya anaknya kadang begitu, suka bingung kalau ditanyain resolusi.

Bukan... Bukan karena saya gak punya tujuan hidup. Enak aja. Namun karena saya berusaha tidak banyak membagikan resolusi hidup. Tujuan tetap ada dalam hati, tertulis di buku harian pribadi, dan berusaha tidak ambisius. Namun kali ini, saya akan berbagi mengenai resolusi blog saya di tahun 2015. Ciee... resolusi blog!! Tutup muka :D Hahaha....




'Kecemplung' jadi Wedding Blogger


Ngeblog sejak 2005, mungkin saya tipikal yang sudah 'puas banget' curhat sepanjang alahium gambreng di blog. Seiring pertemuan dengan rekan-rekan blog lainnya, saya mulai berpikir untuk mencari jati diri untuk blog ini.

Di tahun 2014, saya pertama kali mencoba menulis mengenai gedung pernikahan. Tanpa diduga, responnya bagus sekali. Malah jadi most popular article di blog ini. Wew! Saya kembali menulis mengenai pernikahan, ternyata responnya masih bagus.

Selain karena melihat antusias teman-teman yang berkunjung ke blog ini, saya juga sangat menyukai dunia pernikahan. Impian saya adalah membatu lebih dari 1.000 pernikahan orang. Saya senang merekomendasikan vendor, membantu perencanaan keuangan pernikahan teman, bahkan sampai membantu cetak undangannya.


Gak Semulus Jalan Baru

Kalau jalanan baru kan mulus banget, aspalnya masih bagus, belum berlubang. Berbeda dengan jalan saya jadi wedding blogger. Saya sempat ditegur karena kerap menulis mengenai pernikahan.

Kamu ngebet banget nikah ya, nulis nikahan mulu?

Ciee... Widy mau nikah...


Begitu lah, kira-kira celotehan iseng orang-orang. Lah, apa hubungannyaaaaa..... Emang kalau belum menikah gak boleh nulis pernikahan? Mau nikah? Ya mau lah.... Tapi nanti :D

Baru mulai jadi wedding blogger, tapi sudah mendapat cibiran seperti di atas. Sempat bikin sedih sih, tetapi kalau dengerin omongan orang terus gak akan beres nih, impian. Keburu tua deh!


Go ahead!

Walau banyak yang berkomentar aneh, saya harus tetap maju kalau saya mau serius dan suka menjadi wedding blogger. Saya berusaha konsisten mengisi konten-konten mengenai pernikahan. Saya datang ke gedung-gedung pernikahan, browsing inspirasi pernak-pernik pernikahan, banyak tanya ke teman-teman yang sudah menikah, sampai cari teman-teman baru yang punya usaha berkaitan dengan pernikahan.

Senang? Alhamdulillah, senang dijalani.. :)

Malah sekarang suka mendapat pesan pribadi atau komentar yang mengucapkan terima kasih karena saya membantu teman-teman yang ingin menikah dalam mencari informasi pernikahan yang saya tulis di blog. Alhamdulillah.....


Supaya Bisa Tercapai...

Impian atau tujuan tanpa strategi sama saja omong besar. Untuk itu, saya juga harus melakukan beberapa hal praktis yang mungkin bisa juga diterapkan oleh teman-teman blogger lainnya dalam mengatur konten.

1. Membuat content plan
Di awal bulan, list semua tema artikel yang akan kita tulis. Kemudian, tema-tema tersebut didistribusikan ke dalam tanggal-tanggal selama sebulan. Seringkali kita memiliki banyak ide untuk ngeblog, namun tanpa pemetaan rencana, semua ide akan meluap begitu saja. Ditambah lagi kalau kita moody saat menulis blog, wah.. dijamin bakal jarang nulis deh :(

2. Jadikan hobi
Tulis apa yang membuat kita senang, dan apa yang bisa bermanfaat untuk orang lain. Mungkin orang lain juga akan bosan bila kita menuliskan seluruh curahan hati di setiap post. Hehehe... Jadikan menulis adalah hobi, pelarian saat lelah, sehingga kita gak merasa capek saat menulis.

Selain itu, orang yang menulis karena hobi atau kesukaan, akan terlihat dari energi yang dirasakan pembacanya. Berbeda kalau nulisnya terpaksa atau gak tulus, tulisannya akan flat saja...

Sejauh yang saya pelajari, gak ada guru atau materi untuk menciptakan tulisan yang bagus selain latihan. Semakin senang kita menulis, semakin sering, maka tulisan juga akan semakin bagus.

3. Banyak baca
Ini penting supaya gak ketinggalan tren. Gak cuma baca sih, browsing juga.. Gak cuma baca seputar pernikahan, tetapi juga artikel dengan tema lain. Karena terkadang artikel dari tema lain tersebut juga punya struktur atau teknik penulisan yang oke dan bisa diterapkan saat kita menulis.

4. Banyak jaringan
INI PENTING BANGET! Jaringan gak cuma bikin kita banyak teman, tetapi juga banyak ilmu. Saya gak segan berkumpul dengan blogger-blogger yang jauh lebih senior dari saya. Ikut ngumpul bareng, sok sok kenal aja. Hahaha... Soalnya kalau ngumpul bareng pasti 'kecipratan' ilmu sama rezekinya.

Blogwakling juga salah satu cara untuk menambah jaringan. Semakin banyak kita dikenal atau meninggalkan jejak (komentar), semakin banyak juga yang akan berkunjung ke blog kita. Kalau dia gak berkunjung sekarang, suatu saat pasti berkunjung kok :)

5. Tawakkal sama Alloh
Setelah semua usaha dilakukan, maka yang terakhir adalah berserah sama Alloh. Semoga niat ini tetap lurus untuk membantu banyak orang melalui informasi yang saya tulis :)




Yay.... Tulisan ini saya buat untuk berbagi pengalaman & tips dengan teman-teman yang masih 'galau' dalam mencari jati diri blognya. Selain itu, saya juga menulis ini untuk ikutan IHB Blog Post Challenge di bulan Januari. Tantangan posting pertama nih, karena baru bergabung di IHB. Hehehe...


Semoga bermanfaat, semoga impian saya membantu 1.000 pernikahan lewat blog bisa terwujud :)





42 comments :

  1. Haduhhh Mak Widy infonya bagus banget....

    ReplyDelete
  2. Pas baca yang #1, alamak socmed strategist bingit. Ada plannya *nganga
    Tapi bagus kok! Hehehe. Salut sama semangat membaranya!

    Wedding blogger. Hmmm bagus juga. Ogut apa ya? Housekeeping blogger. Cucok ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mom blogger mbaa... everything about mom mah udah Mba Ratu ahlinya deh ;)

      yang nomor 1 di-keep aja detilnya off the record qiqiqiqi

      Delete
  3. Kalau kata pakdhe tepat banget milih niche blognya :D memang seh beda kalau dah ngalamin sendiri tapi GO AHEAD ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Go ahead! Semangat mak, kalau gak semangat nanti impian kita lapuk dimakan waktu :)

      Delete
  4. Keren belum nikah dan masih muda tapi sudah berani menulis tentang pernikahan. Semoga jadi bekal kelak setelah menikah nanti :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiiin.... nuhun mak :)

      doakan juga semoga gak disangka kebelet nikah mulu, hehehe....

      Delete
  5. wedding blogger??bissa aja nih mbar hehe..kreatif,semoga tahun ini semakin berkah ya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itu penamaan diri sendiri iseng aja... aamiin, berkah untuk kita semua maaak... aku suka loh hotwajannya, cihuy ^_^

      Delete
  6. Wahhh, go ahead mbak .. Bermanfaat sekali :)
    Follow back ---- http://misskarlina.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hatur nuhun mba... semoga bisa bermanfaat untuk teman2 blogger juga :)

      Delete
  7. Wedding blogger unik tuh, kayaknya masih jarang ya atau malah belum ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak blogger yang menuliskan pernikahan, tapi mostly hanya pengalaman pribadinya saat menikah. makanya iseng2 jadi blogger apa ya, ah wedding blogger aja deh...

      kalau di luar negri lumayan banyak mba, tapi sepertinya belum di sini *cling*peluang* :))

      Delete
  8. waaaahhhh... bisa ngebantu hari penting saya nih. tapi gak tahu kapaaaaan...
    yang penting baca2 dulu deh di blog kamu buat persiapa. ya gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan kak... Supaya ada gambaran dan gak grogi saat mempersiapkan pernikahan :)

      Delete
  9. Siip banget nih jarang2 lo ada yang menekuni wedding blogger. Semangat ngeblog ya :)

    ReplyDelete
  10. Iya, tema pernikahan itu memang banyak yang cari ya Mbak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps, banyak dicari namun belum banyak yang memberikan informasi lengkap bahkan reviewnya...

      Delete
  11. ahhh widdy, kamu pintar membaca peluang. Wedding blogger memang masih langka, sementara masih banyak orang yang membutuhkan info tentang berbagai hal ttg pernikahan. Mereka butuh banyak referensi ttg gedung, budget pernikahan, catering yang layak, makanan yang recommended, detail harga dan variasi undangan, ragam souvenir beserta harganya, hiburan alternatif tamu undangan, berbagai ide unik ttg acara pernikahan, wah banyak deh, nyari sponsor pun gampang, karena yg bermain di sini ada banyak :). Good luck ya wid

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba mayaaaa..... Mungkin terinspirasi juga dari kebutuhan teman2 sebaya (banyak yang akan menikah), bisa jadi next time juga kebutuhan diri sendiri. Hehehe.... Next time aku juga perlu belajar masak sama mba maya nihh ;)

      Delete
  12. ada fasilitas perjodohannya juga gak dy, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. so far belum kak... buat penyemangat aku pake lagunya afgan aja yaa buat background blog hahahaha

      Delete
  13. Replies
    1. Terkabul maksudnya mak..maaf pake android berubah sendiri

      Delete
    2. aaamiiin... terima kasih mak :)

      Delete
  14. Keren mba widy, hahaha no problem walau belum marriage bikin blog dgn tema nikah. jadi teman2 blogger yang mau nikah langsung ingat deh, aminn mudahan resolusi blog 2015 nya tercapai,, sukses ^^

    ReplyDelete
  15. aih kamu kreatip deh...inspiring loh...(baca: jadi iri masa muda aku kemana aja ya ga ketemu internet begini ...hihih.)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa mudanya naik gunung mulu sihhh sama digantung di tiang bendera hehehehe :D

      Delete
  16. kerennn kak :D wedding blogger
    selalu konsiten teruss yahh kak :D
    Semoga bayak manfaat yang didapat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... terima kasih kak, semoga bermanfaat tulisan-tulisannya ^_^

      Delete
  17. wah artikel yang bermanfaat, semoga sukses dengan artikel-artikelnya dan juga bisa membantu para calon pengantin :)

    www.undanganunikku.com

    ReplyDelete
  18. Salam Kenal mba Widy..
    Tips ditulisannya bermanfaat lohh..
    Saya jadi termotivasi untuk nulis diblog yg sudah lama blum diisi hehehe
    Semoga sukses untuk tulisan-tulisannya mba Widy :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga ^_^

      Tetap semangat ngeblognya ya.. sukses juga untuk Mba Kalem Nian :)

      Delete
  19. salam kenal..
    keren nih wedding blogger.. tulisannya bisa jadi referensi juga nih kalau mau nulis tentang pernikahan :). btw, moga resolusinya tercapai ya. Semangaaat!!

    ReplyDelete
  20. Info yang bagus, tentunya sangat membantu bagi para calon mempelai :)
    -----------
    Untuk sobat-sobat yang sudah siap menikah dan ingin membuat Kartu Undanagan, kami siap membantu.
    Kami sediakan berbagai desain menarik, lucu dengan harga murah, anda juga bisa menentukan sendiri
    desain yang anda inginkan. Kunjungi kami di
    http://www.UndanganpernikahanQu.com

    ReplyDelete
  21. Hallo mba Widy,

    Ak mau sampein info tambahan buat salah satu kebutuhan mempersiapkan pernikahan yaitu dokumentasi dari pernikahan, karena udah mempersiapkan pernikahan yang indah tapi gak diabadikan dengan baik, kan sayang.. hehe...

    Buat sobat2 blogger yg lagi mempersiapkan pernikahan dan butuh untuk foto prewed dan foto video liputan wedding day.. ada info nih..bisa contact ke 087802023380 atau follow instagram @fratellophotography

    ReplyDelete
  22. Haii Para Calon Pengantin....

    Buat kamu yang masih bingung cari venue karena udah banyak banget venue yang di datangi dan pengen konsep syar’i atau semi Outdoor atau pengen di foodstall nya ada menu beda dari yang lain??Aku punya solusinya, solusinya ada di HIS Graha Elnusa karena kita bisa wujudkan impian kamu bagi yang mau menikah dengan konsep syar’i dan semi outdoor di tambah lagi kita punya Foodstall Millenial (Hong Tang, Sushi Tei, Yoshinoya, Gulu Gulu, Sour Sally, Baskin Robin) yang gak ada di gedung lain, yukkkkk datang ke HIS Graha Elnusa (Jl. TB. Simatupang Kav. 1B – Cilandak, Jakarta Selatan) untuk ngobrol mengenai paketnya, karena paket kita sudah All In yang gak akan bikin kamu pusing dan stress lagi.
    Fasilitas yang akan kamu dapatkan yaitu :
    -Gedung (Full Carpet & AC)
    -Catering (Buffet & Foodstall)
    -Photography
    -Entertaiment
    -Rias dan Busana
    -MC + Buku Tamu
    -1 Wedding Planner
    -Team WO 8 Orang
    -Wedding Car Alphard
    *Bonus : Logam Mulia 10gr , Penginapan di RA Premiere Simatupang
    Untuk info lebih lanjut bisa hubungi (DWI) 0857-1837-2283 wedding Public Relation

    ReplyDelete