Tuesday, May 1, 2018

Liburan ke Ende, Ini Tempat-Tempat Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi

Liburan ke Ende
foto : batasnegeri.com


Nusa Tenggara Timur memiliki ribuan tempat wisata yang keindahannya sangat memesona. Seperti salah satunya kawasan Ende, dengan danau tiga warnanya yang sudah lama dikenal keindahannya dan diabadikan di salah satu mata uang Indonesia.

Dulu keindahan kawasan Ende tidak bisa dinikmati dengan mudah karena keterbatasan transportasi menuju ke sana. Harga tiket pesawat dan kapal laut pun mahal, tidak bisa dibeli oleh semua orang. Tapi itu dulu, sekarang kondisinya sudah berbeda. Ratusan tiket online pesawat sudah tersedia menuju Ende, dengan harga yang bersaing dan aneka maskapai yang bisa kamu pilih.

Dengan harga tiket online yang semakin terjangkau, liburan ke Ende pun sudah bukan lagi impian semata. Penasaran ada apa saja di sana? Simak bareng-bareng, yuk!



Danau Kelimutu

Danau Kelimutu
foto : ksdae.menlhk.go.id

Danau yang memiliki tiga warna ini dikenal luas dengan nama Danau Kelimutu. Warna air danaunya berubah-ubah sesuai dengan reaksi senyawa organisme yang berada di air danau tersebut. Perubahan air akan menjadi warna apa tidak bisa diprediksi dengan sangat akurat di sini, karena berbeda jam, warna danaunya bisa berubah.

Siapkan fisik yang memadai jika kamu ingin melihat keindahan Kelimutu. Karena untuk menuju puncaknya, kamu harus menaiki ribuan anak tangga yang memerlukan kekuatan fisik ekstra.


Pantai Batu Biru

Pantai cantik ini terletak di Penggajawa, Nangapanda, dan dikenal luas karena pasirnya yang kasar dengan bebatuan berwarna biru yang menghampar di sepanjang garis pantainya. Air lautnya sendiri juga berwarna biru dan sangat bening, dengan pemandangan senja yang amat indah di ujung cakrawalanya.



Air Terjun Niagara Murukeba

 Air Terjun Niagara Murukebafoto:triptrus.com

Meski bernama Niagara, namun Air Terjun Niagara Murukeba ini tidaklah luas. Meski demikian, air terjun yang berada di kawasan Koanara, Kelimutu ini layak untuk dikunjungi jika kamu sedang liburan ke Ende. 

Air yang terjun ke sungai di kawasan ini sangat bening dan segar. Pemandangan di sekitar air terjun pun sejuk dan menenangkan. Sempurna sebagai tempat peristirahatan setelah lelah mendaki ke puncak bukit untuk melihat Danau Kelimutu.

Situs Bung Karno

Situs Bung Karno di Ende
foto:asn.id

Dulu, sebelum Indonesia merdeka, Bung Karno diasingkan ke Ende oleh penjajah. Kini tempat pengasingan Bung Karno dijadikan sebuah situs, lengkap dengan taman tempat mantan Presiden pertama Indonesia itu kerap merenung dan menuliskan pemikiran-pemikirannya.

Selain situs Bung Karno, kamu juga bisa mengunjungi rumah pengasingan Bung Karno yang terletak di Kotaraja. Rumah itu masih terjaga keindahannya sampai sekarang dan kerap menjadi jujugan wisatawan yang liburan ke Ende.


Air Panas Ae Detusako


Pemandian air panas Detusako adalah salah satu tempat wisata andalan di Pulau Ende. Tempatnya memang tidak begitu luas, namun panasnya air alami yang ada di kolam-kolam ini sangat menarik untuk dikunjungi.



Kampung Adat Wologai

Kampung Adat Wologai
foto:@nttadventure

Liburan ke Ende, jangan lupa mampir ke Kampung Adat Wologai. Di sini kamu bisa melihat rumah-rumah asli penduduk Ende di masa lalu. Kawasan perkampungan kunonya masih terjaga, dengan alam di sekitarnya yang ditata rapi.

Kampung Adat Wologai sudah berusia lebih dari 800 tahun dan masih terjaga kelestariannya sampai sekarang. Biasanya wisatawan datang ke kampung ini setelah berkunjung ke Danau Kelimutu, baik untuk beristirahat ataupun berniat menelusuri kampung yang cantik ini.



Banyak tempat wisata cantik lainnya di Ende yang bisa kamu jelajahi. Beli tiket online kamu sekarang juga. Lebih tau tentang destinasi wisata yang akan kamu tuju dan menyiapkan tiket pesawat untuk sampai kesana adalah beberapa persiapan untuk menyusun itinerary liburan ke pulau cantik di NTT ini.

No comments :

Post a Comment