Friday, October 18, 2019

Cara Beli Emas LM di Antam Pulogadung

Salah satu investasi yang cukup diminati saat ini adalah logam mulia. Investasi konvensional ini tidak hanya diminati oleh orang tua, namun anak-anak muda sekarang juga sudah mulai 'melek emas'. Namun terkadang suka bingung, bagaimana caranya membeli emas logam mulia yang aman? Lalu dimana kita bisa mendapatkan emas logam mulia dengan harga murah?

Saya pribadi mulai belajar investasi emas sejak kuliah. Ketika itu saya diajarkan oleh ibunda untuk membeli emas. Emasnya pun bukan berupa emas perhiasan (kebetulan kulit saya juga alergi kalau menggunakan perhiasan dari emas hehehe). Ibunda menyarankan saya membeli emas logam mulia (LM). Awalnya saya bingung, di mana saya bisa mendapatkan emas logam mulia? Ibunda juga mengajarkan saya cara membeli emas dengan harga pabrik, yaitu ke pabrik ANTAM di Pulogadung. Tidak perlu khawatir, selain harganya yang lebih murah, beli emas di sana juga terjamin keasliannya. Kadar emasnya pun murni.

Dalam tulisan ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana caranya membeli emas LM di Antam Pulogadung. Simak di bawah ini, yuk!


Cara Beli Emas di Antam Pulogadung




Akses Menuju Antam Pulogadung

Bisa dibilang akses menuju Antam Pulogadung sangat mudah. Untuk sampai ke sana, kita bisa menggunakan trans jakarta, metromini, dan mikrolet jurusan Pulogadung. Kalau naik trans jakarta, turunnya agak nanggung, nih! Hehehe.. Bisa turun di halte Layur atau halte Tugas, tapi masih harus berjalan kaki dengan jarak yang agak lumayan.

Lokasi pembelian emas LM sendiri berada di sebelah RS Antam Medika. Persis di sebelah kanan masjid RS Antam Medika. Nanti kelihatan ada gerbang yang ada traffic cone-nya, nah kita masuk ke situ deh! Oh iya, jangan lupa siapkan identitas lain selain KTP. Di gerbang masuk kita akan diminta identitas lain untuk dapat kartu tamu. Kalau saya biasanya kasih SIM. Kalau gak punya SIM bisa juga pakai kartu mahasiswa, atau identitas lainnya. Nanti SIM kita akan dikembalikan saat keluar gerbang dan menyerahkan kartu tamu.

Lobby saat masuk ke galeri Antam Pulogadung
Dokumentasi : Pribadi

Cara Beli Emas LM di Antam Pulogadung

1. Ambil nomor antrian pembelian di resepsionis

Saat masuk galerinya, kita bisa langsung ambil nomor antrian pembelian di resepsionis. Sambil menunggu dipanggil, kita bisa duduk-duduk. Tempat duduknya cukup banyak. Tersedia minum gratis juga. Kalau beruntung, suka disediakan mesin kopi hehehe. Biasanya sih, tersedia dispenser yang cukup menghilangkan dahaga dengan air dinginnya. Oh iya, kita juga bisa cek harga emas terkini dan stok emas berapa gram saja yang tersedia. Selain itu kita juga bisa lihat display emas-emas dari yang 1 gram sampai 1000 gram (wuiiihhhhhhh ngileeer) hehehe. Ada juga emas logam mulia dengan motif-motif yang menarik.

Ambil nomor antrian di resepsionis
Dokumentasi : Pribadi


2. Beli emas di counter pembelian

Saat nomor antrian kita dipanggil, kita dapat menuju counter pembelian. Pertama-tama kita akan ditanyakan apakah sudah pernah bertransaksi di Antam atau belum. Jika sudah, kita tinggal menyebutkan nomor HP saja. Jika belum, maka petugas counter akan meminta kartu identitas kita (KTP dan NPWP jika ada). Kalau gak punya NPWP sebenarnya gak apa-apa, yang membedakan hanya kalau gak pakai NPWP sedikit lebih mahal. Paling harganya hanya berbeda beberapa ribu rupiah saja.

Di sana kita akan ditanyakan mau membeli LM jenis apa, berapa gram, dan berapa keping jumlahnya. Selain emas batangan, Antam juga menyediakan Dinar dan Dirham lho! Setelah dicatat semua pesanan, kita akan menerima sebuah struk bertuliskan nominal rupiah yang harus dibayar.

Suasana di sekitar counter pembelian
Dokumentasi : Pribadi

3. Transaksi pembayaran emas

Pembayaran di Antam Pulogadung dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu tunai, mobile banking, dan ATM transfer. Kalau kamu mau bayar tunai, bisa langsung bayar di counter pembayaran. Jangan lupa ambil nomor antrian ya hehehe.. Oh iya, pembayaran tunai di counter hanya untuk transaksi sampai dengan 30 juta rupiah. Kalau lebih dari 30 juta, kita harus setor tunai di mobil bank permata yang ada di depan galerinya. Cepat kok, prosesnya!

Selain tunai, kita juga bisa membayar lewat virtual account. Antam akan memberikan nomor virtual account Bank Permata dan Bank BRI/BNI. Jadi yang punya mobile banking Permata, BRI, dan BNI bisa langsung bayar pakai virtual account nih! Selain bank di atas, kita bisa juga bayar via ATM transfer. Tersedia beberapa ATM di galeri Antam Pulogadung, seperti ATM BCA, Mandiri, Permata, dan BRI. Kalau saya pribadi prefer bayar tunai sih! Soalnya lebih cepat hehehe. Kalau bayar pakai ATM atau mobile banking harus serahkan bukti transfer (kalau pakai mobile banking, bukti transfernya dikirim via email). Ribet kan? Hehehe...

4. Pengambilan emas

Setelah petugas counter pembayaran memverifikasi pembayaran kita, maka mereka akan mempersilahkan kita menuju loket pengambilan. Boleh langsung masuk aja asal gak ada orang di dalamnya. Kalau ada orang lain yang sedang ambil, kita tunggu dulu. Tersedia 2 loket untuk pengambilan. Nanti emas yang kita beli akan diserahkan di dalamnya. Selesai deh! Mudah kan?

Ayo dipilih mau yang mana :D
Dokumentasi : Pribadi

Beli Emas LM di Mall

Galeri Antam di Pulogadung beroperasi setiap Senin-Jumat jam 08.00 - 15.00. Kalau Sabtu, suka beroperasi setengah hari. Kalau teman-teman gak sempat datang karena jam kerja atau lokasinya jauh dari Pulogadung, teman-teman bisa beli emas LM di mall, karena Antam suka buka pop-up store lho! Jadi dalam sebulan itu Antam pasti buka booth di beberapa pameran atau mall.

Baca : Membeli Logam Mulia di Booth Antam Bekasi

Nah, saya juga pernah beli Antam di pop up booth-nya. Prosesnya sama, cuma bedanya gak ada loket-loketan hehehe.. Trus kalau di pop up booth suka kurang begitu lengkap varian produknya (kalau mau lengkap, sebenarnya saat masih pagi. Kalau sudah malam ya tinggal stok yang tersedia saja). Tapi lumayan banget ya, kalau buka booth di mall deket rumah! Jadi gak perlu jauh-jauh dan berpanas-panasan ke Pulogadung hehehe.. Selain itu, jam operasionalnya juga mengikuti jam operasional mall. Jadi bisa ke sana di malam hari. Hihihi... Bisa dianterin suami kan jadinya :D

LM  gift series, bagus buat kado pernikahan dan momen bahagia lainnya
Dokumentasi : Pribadi


Demikian pengalaman saya membeli emas LM di Antam Pulogadung. Semoga membuat teman-teman semakin semangat berinvestasi ya hehehe.. Oh iya, kalau beli LM saya lebih suka beli di Antam langsung karena bisa dapat harga pabrik dan terjamin keasliannya dari Antam. Kalau di toko emas suka koleksi LM stok lama yang belum ada Certi-eye-nya. Jangan lupa follow instagram Antam di sini ya gais, supaya dapat info terbaru kalau Antam buka booth di mall/pameran.

6 comments :

  1. Wah sekarang udah bagus tempatnya

    ReplyDelete
  2. Aku ..suka investasi emas..juga kalo ada uang lebih ..tapi senabgnya udah bentuk perhiasan..

    ReplyDelete
  3. Belum pernah invest emas. Berguna banget infonya. Thanks mba.

    ReplyDelete
  4. Tertarik nih Wid. Btwe di Antam per gram nya emas harga berapa?
    Ada kan yang dibawah sepuluh gram gitu? Hehe...

    ReplyDelete
  5. Oalah begitu cara belinyaa. Yowis otw dari JOgja mau beli Mas Kawin wkwk

    ReplyDelete
  6. Dari kemaren2 tuh banyak yg info utk investasi dalam bentuk LM ini mba. Cuma masih banyak mikir nya gitu hehe, tapi setelah baca ini kayaknya harus coba deh hehe

    ReplyDelete