Tuesday, September 14, 2021

PC Workstation Impian untuk Bisnis Undangan Pernikahan

Tidak terasa, tahun 2021 ini memasuki 7 tahun lamanya saya dan suami menggeluti usaha undangan pernikahan. Kami mulai di tahun 2014 dengan laptop pribadi hingga saat ini kami memiliki 2 desainer grafis yang menggunakan komputer PC. Seiring dengan berkembangnya usaha saat ini, kami tentu membutuhkan komputer dengan spesifikasi yang lebih tinggi agar kinerja menjadi lebih efektif dan efisien. Setelah saya mencari banyak informasi, sepertinya PC workstation HP cocok untuk kebutuhan bisnis kami saat ini.


PC Workstation Impian untuk Bisnis Undangan Pernikahan
Desain oleh : Canva



Kebutuhan PC Usaha Undangan Pernikahan dari Tahun ke Tahun

Saya dan suami memulai usaha undangan di bulan November 2014. Saat itu kami masih mengandalkan peralatan seadanya. Maklum, saya masih berstatus mahasiswa yang baru selesai skripsi. Hehehe... Jadi peralatan yang kami gunakan hanya laptop pribadi milik saya dan suami. Namanya laptop mahasiswa, spesifikasi pun bukan laptop desain terbaik ya. Jangankan buka program desain grafis, buka browser saja suka lama, bahkan kadang nge-lag.

Cukup lama kami bertahan dengan laptop pribadi yang sederhana itu. Baru di tahun 2016 kami bisa membeli all in one PC warna putih. Spesifikasi sebenarnya tidak terlalu berbeda, hanya lebih modern saja dan tampilannya lebih bagus. Sampai saat ini PC putih tersebut masih kami gunakan untuk komputer customer service yang hanya membutuhkan browser (untuk membalas chat Whatsapp) dan program office saja untuk pengetikan dokumen.

Tidak terasa, usaha kami semakin berkembang di tahun 2017. Kebutuhan PC kami bertambah seiring bertambahnya personil di kantor kami. Saat itu ada 2 orang desainer grafis yang akan membatu kebutuhan desain undangan. Tidak hanya undangan cetak, kami juga membuka jasa undangan online berupa undangan gambar, video, dan website. 

Kami pun berpikir untuk mencari PC yang lebih mumpuni sesuai kebutuhan usaha. Saat itu kami membeli komputer PC dengan spesifikasi prosesor Core i5. Kami juga membeli satu PC lagi dengan spesifikasi serupa. PC cadangan tersebut digunakan apabila kami sedang membutuhkan tenaga desain lepas saat order sedang banyak-banyaknya, atau saat sedang ada siswa SMK jurusan Multimedia yang Praktik Kerja Lapangan (PKL).

 

PC Workstation, Solusi dari Kebutuhan Komputer Usaha Undangan Pernikahan Saat Ini

Saat ini kami masih bertahan dengan 4 komputer PC untuk seluruh tim. Alhamdulillah barang-barangnya barokah, panjang umur, tidak cepat rusak. Hehehe... 

Namun seiring berjalan waktu, pesanan undangan pun semakin banyak. Meski pandemi, kami tetap menerima banyak pesanan, meski jumlah undangan yang dipesan cenderung lebih sedikit dibandingkan sebelum pandemi. Apalagi saat ini kami mulai merambah ke beberapa marketplace

Selain itu, undangan video sepertinya membutuhkan spesifikasi komputer yang lebih tinggi lagi agar memudahkan dan mempercepat saat proses render video. Terkadang saat render menjadi sangat lama, atau tiba-tiba error di tengah jalan. Kami memang membuat video menggunakan software Adobe Premiere dan After Effect yang cukup berat dijalankan. 

Setelah mencari informasi ke sana-sini, sepertinya saya menemukan solusi dari permasalahan di atas, yaitu saya membutuhkan PC Workstation. Mungkin banyak yang belum memahami apa itu PC workstation?

Workstation sendiri memiliki arti stasiun kerja. Maksudnya adalah PC workstation merupakan komputer yang memiliki spesifikasi tinggi untuk keperluan pekerjaan seperti perhitungan ilmiah, teknik, dan terhubung dengan satu dengan lainnya atau terhubung dengan komputer server. Umumnya, komputer workstation menggunakan prosesor 64 bit bisa Intel Xeon atau AMP Opteron, bahkan ada juga yang menggunakan lebih dari satu prosesor. Ruang penyimpanannya pun menggunakan SSD, sehingga proses menyimpan data akan lebih cepat dari hard disk biasa. 

PC workstation biasanya digunakan untuk tugas-tugas spesifik, misalnya untuk desain grafis, pembuatan animasi video, manajemen data, teknik, dan lainnya. Dari informasi yang saya dapatkan, PC workstation dapat membuat proses rendering video menjadi lebih cepat, karena memiliki prosesor, RAM, SSD, dan hard ware yang mendukung. Wah, cocok banget kan dengan kebutuhan saya! Kalau proses pengerjaan video lebih cepat, maka desainer pun bisa mengerjakan lebih banyak jumlah video pesanan dalam sehari. Selain itu, dengan proses penyimpanan data yang lebih cepat juga cocok bagi kebutuhan desain grafis undangan dengan ukuran file yang besar-besar.

Untuk masalah harga, komputer PC workstation sendiri memang memiliki harga yang cukup mahal, mulai dari belasan juta hingga puluhan juta rupiah. Namun harga tersebut pasti sebanding dengan kinerjanya, ya. Bisa membuat pekerjaan kita menjadi lebih cepat dan efisien. Semoga suatu hari saya bisa memiliki komputer PC workstation untuk tim undangan pernikahan kami. Ingat, bisnis itu ibarat memancing, semakin besar alat pancing yang kita gunakan, maka semakin besar pula ikan yang bisa kita dapatkan. Kalau mau omzet lebih besar, wajar bukan jika butuh peralatan yang lebih mumpuni. 

Selamat berkarya...


No comments :

Post a Comment