Saturday, December 7, 2019

Jaga Nasi Sehat dengan Cosmos Harmond CRJ 6601 dan Cosmos 007-Pundi

Nasi memang sudah menjadi makanan pokok yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Indonesia, termasuk keluarga saya. Tiada hari tanpa nasi! Hehehe.. Kalau kata ibunda saya "Gak makan nasi itu artinya gak makan", saking gak bisa lepasnya sama nasi. Kalau lihat nasi yang berbutir-butir rapih dan terlihat fresh, pasti makannya makin semangat. Coba deh, kalau lihat nasi yang lembek agak berair gitu (duh, kayak mau basi), pasti langsung gak nafsu makan. Hehehe... Oleh karena itu, bagi saya penting sekali menjaga nasi agar tetap sehat saat dikonsumsi.

Awalnya saya juga bingung bagaimana cara agar menjaga nasi tetap sehat, dan bagaimana cara memilih perlengkapan untuk menyimpan serta memasak nasi. Alhamdulillah saya ketemu dengan Cosmos yang punya serangkaian produk rumah tangga untuk menyimpan dan memasak nasi. Simak ulasannya berikut ini yuk!


Jaga Nasi Sehat dengan Cosmos Harmond
Dokumentasi : Pribadi


Kendala Penyimpanan Beras dan Memasak Nasi yang Sering Ditemui

Menyimpan beras memang susah-susah gampang ya! Memang sih, beras itu kering. Cuma kalau kita simpan di panci biasa/kontainer, lama kelamaan kok jadi kutuan ya? Kadang juga suka disemutin. Sebel banget deh, kalau mau masak harus menyingkirkan kutu-kutu dan serangga yang ngumpet di beras. Pasti lama banget kan, bersihinnya hehehe..

Selain kutu, kendala yang biasa kita temui adalah beras yang bau apek. Ternyata penyebabnya adalah beras lama yang mengendap di bagian bawah dan tidak terpakai terlebih dahulu. Idealnya memang beras yang ada di bawah kita pakai dahulu (seperti metode FIFO - first in first out). Cuma kalau pakai wadah biasa kan ribet ya, bagaimana kita menggali-gali beras yang lebih lama di bawah?

Gak cuma saat menyimpan beras, setelah nasi masak pun masih ada saja masalahnya. Mulai dari nasi cepat basi, cepat kering, sampai lapisan rice cooker yang menempel pada nasi. Horror banget gak sih, kalau lapisan rice cooker menempel di nasi dan termakan oleh kita? Padahal lapisan rice cooker itu bisa bersifat karsinogenik (mengandung zat kanker). Huhuhuhu... Lalu keingetan deh, saya punya anak kecil. Kasihan kalau dia ikut makan :(

Cosmos 007-Pundi, Wadah Praktis dan Sehat untuk Menyimpan Beras

Sebagai awal mula kiat agar menjaga nasi kita tetap sehat adalah dengan memperhatikan tempat penyimpanannya. Menyimpan di wadah biasa saja sepertinya belum cukup ya, mengingat beras lama bisa mengendap di bawah dan menjadi bau apek. Namun jangan khawatir, Cosmos punya Cosmos 007-Pundi, wadah penyimpanan beras yang praktis dan higienis. Desainnya imut-imut dan menarik, namun bisa menyimpan beras sampai 7 kg lho!

Penampilan Cosmos Harmond CRJ 6601 (sebelah kiri)
dan Cosmos 007-Pundi (sebelah kanan)
Dokumentasi : Pribadi

Cosmos 007-Pundi menggunakan FIFO technology, sehingga beras yang pertama kali masuk akan keluar terlebih dahulu. Selain itu, Cosmos 007-Pundi memiliki fitur Pull N Dispense, sehingga dalam 1 kali tarik sudah terdapat 130gr beras (setara dengan 1 gelas takar). Jadi saat mengambil beras, dapur tetap rapih, gak berceceran deh berasnya. Desain bagian bawah dan tutupnya terdapat anti-slip, sehingga lekat dan tidak mudah bergeser. Yang pasti dengan menyimpan beras di Cosmos 007-Pundi, beras menjadi bebas kutu, bebas karat, sehingga kualitas beras tetap terjaga.

Cosmos Harmond CRJ 6601, Rice Cooker Anti Gores untuk Jaga Nasi Sehat

Dulu saat pertama kali punya rice cooker setelah menikah, saya membeli yang anti-lengket. Katanya sih, anti lengket, tapi lama kelamaan lapisan rice cookernya jadi hilang. Duh, kayaknya nempel di nasi kita tuh! :( Padahal lapisan rice cooker anti-lengket itu mengandung perfluorooctanic (PFOA) yang bersifat karsinogenik. Jika zat karsinogenik masuk ke dalam tubuh, maka bisa mengakibatkan penyakit serius, salah satunya kanker.

Cosmos Harmond merupakan pelopor rice cooker anti-gores pertama di Indonesia. Berbeda dengan anti-lengket, teknologi anti-gores Cosmos Harmond membuat panci rice cooker tidak mengelupas meskipun disikat dengan sikat baja sekalipun! Panci rice cooker Cosmos diproses dengan teknologi khusus dan didinginkan ke temperatur mendekati 0 derajat Celcius, sehingga innerpan panci menjadi anti-gores, tidak mengelupas, lebih sehat, dan tahan lama saat digunakan.

Tidak hanya teknologi anti-goresnya yang membuat Cosmos Harmond menjaga nasi lebih sehat, Cosmos Harmond juga memiliki fungsi 3in1, yaitu memasak, mengukus, dan menghangatkan. Ada juga teknologi tongolan Magicap yang membuat nasi lebih pulen. Desainnya lucu banget deh yang seri CRJ 6601 ini! Desainnya mirip Angry Bird, dengan kapasitas 0,8 L, cocok untuk para pengantin baru atau anak kost nih!

Saya sudah buktikan sendiri lho, ketahanan panci rice cooker Cosmos Harmond! Saya gores berkali-kali dengan sikat baja, tidak ada jejak goresan sama sekali. Berbeda dengan panci rice cooker yang saya punya sebelumnya yang katanya anti-lengket, baru digores sedikit langsung mengelupas dan terlihat jejak goresannya. Simak videonya berikut ini yuk!

Nah, sudah lihat kan bagaimana panci Cosmos Harmond CRJ 6601 tetap mulus meski disikat dengan sikat baja beberapa kali. Saya pun jadi gak ragu lagi dengan kualitas Cosmos Harmond. Pas banget jadi pilihan untuk nasi sehat keluarga saya. 

Tips Agar Nasi tidak Cepat Basi

Nasi yang kamu masak cepat basi? Wah, pasti bikin kita jadi malas makan ya. Coba deh, dikoreksi cara kita memasak nasi. Jangan-jangan kita melewatkan hal berikut :

Mengaduk Nasi 5 Menit Setelah Matang

Mengaduk nasi saat 5 menit setelah matang ternyata penting banget, lho! Hal ini dimaksudkan agar air yang terperangkap di antara butiran nasi bisa menguap, sehingga nasi tidak cepat basi. Setelah diaduk, diamkan sebentar (supaya airnya menguap), baru deh nasi siap dikonsumsi.

Mencolok Rice Cooker Terus Menerus

Ternyata mencolok rice cooker terus menerus juga membuat nasi cepat kering dan basi lho! Hehehe.. Belum lagi jika rice cooker dinyalakan terus, nutrisi nasi menjadi hilang. Selain hemat listrik, kita cukup menyalakan rice cooker 30 menit sebelum makan agar nasi menjadi hangat.


Demikan ulasan dari saya. Ternyata banyak hal baru yang bisa kita lakukan agar menjaga nasi tetap sehat ya! Terutama dengan produk dari Cosmos, kita bisa menyimpan beras dengan cara yang higienis dan membuat nasi lebih sehat dikonsumsi. Produk Cosmos bisa kita beli di toko elektronik, supermarket, juga secara online seperti Lazada, Blibli, Tokopedia, Bukalapak, Shopee (Cosmos Official Store). Kunjungi juga www.cosmos.id untuk mencari tahu informasi lengkap seputar produk dari Cosmos, juga berbagai resep sertia tips bermanfaat. Bangga deh, pakai Cosmos!

14 comments :

  1. Yang bentuk Angry Bird ini kok lucu2 semua ya. Hampir semua warna kusuka. Imut bgt.

    ReplyDelete
  2. Ku maki pensaran sama cosmos anti gores yang baru ini, iya tuh ku sauka yang angry bird ekspresif banget si cosmosnya, hihii.

    ReplyDelete
  3. Aku pakai brand cosmos untuk kipas angin dan tempat simpan beras, sepertinya tertarik juga untuk beli rice cookernya :)

    ReplyDelete
  4. Tempat penyimpanan beras nya kalau di saya gak bakal muat. Soalnya sekali menggiling gabah, hasil berasnya lumayan banyak. Karena itu saya simpan beras di karung saja. Hehehe ini serius. Maklum di kampung...

    ReplyDelete
  5. Asik banget beli yang baru buat di kost nh..he
    apalagi anti lenegket dan anti gores. Bisa buat bikin segala makanan ala anak kos :D

    ReplyDelete
  6. Cosmos jadi andalan ibu rumah tangga sejak jaman dulu. Aku juga masih Punya lho rice cooker Cosmos yg pertama

    ReplyDelete
  7. Akhirnya ada Rice Cooker anti gores yang selama ini aku cari.

    ReplyDelete
  8. Terima kasih ya, Mbak Widy, saya baru tahu bahwa setelah nasi matang itu kudu diaduk-aduk dulu. Bukan kebiasaan saya nih. :)

    ReplyDelete
  9. Ihhh rice cookernya gemes, muka angry bird gitu. Hihihi.

    Iya ya, rice cooker yang innerpan-nya anti lengket lama lama mengelupas tapi entah nempel kemana. Jangan jangan bener, nempelnya ke nasi yang dimakan. Duuuuwwww ngeri juga.

    Dan baru sadar juga kalo rice cooker yang kelamaan dicolok dan panas bisa bikin nasi malah jadi cepat basi juga nutrisinya hilang.

    ReplyDelete
  10. Tempat nasinya pas banget ukurannya. GAk banyak makan tempat kalau begini

    ReplyDelete
  11. kirain kalau mau nasi bagus terus kudu colokin listriknya dan tutup rice cookernya. ternyata salah yaaa. dan nasi saya lekas mengering karena rice cooker minta diganti yg cosmos

    ReplyDelete
  12. Paket lengkap ya dari Cosmos dari rice cooker sama juga penyimpan beras tentu bisa menghasilkan nasi yang sehat dan berkualitas

    ReplyDelete
  13. Wah, pas banget saya baca artikel ini karena lagi cari Facebooker yang cocok buat keluarga saya

    ReplyDelete
  14. Paling sering kelupaan buat mengaduk nasi setelah matang. Kalau habis matang biasa langsung matikan saklar listrik lalu ditinggal. Padahal kalau di kampung mah seringnya diangkat pindahin boboko (bakul) terus diaduk-aduk biar panasnya menguap. makasih Mbak sudah mengingatkan.

    ReplyDelete